Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Biaya Peluang?

Pernahkah Anda memiliki uang terbatas, lalu memikirkan tentang beberapa alternatif dalam pembelanjaannya? Misalnya ketika uang Anda hanya tinggal Rp25.000,00, dan Anda sangat lapar. Anda punya pilihan untuk makan mie ayam di jalan menuju rumah lalu naik bis, atau naik mobil lewat aplikasi online lalu makan masakan yang ada di rumah. Manapun yang Anda pilih, akan menghasilkan biaya peluang.

Pengertian Biaya Peluang

Dalam keseharian atau bisnis yang sedang dijalani, Anda pasti Biaya peluang atau yang biasanya dalam bahasa Inggris dikenal sebagai opportunity cost, adalah biaya yang muncul akibat adanya aksi memilih satu dari beberapa alternatif terbaik yang ada. Biaya ini wajar terjadi karena setiap hari, manusia pasti diharuskan membuat prioritas.

Jika seseorang punya dana yang terbatas untuk membeli barang A atau B untuk memenuhi kebutuhannya, maka ia harus mempertimbangkan mana yang lebih baik. Jika akhirnya memilih membeli barang A, maka tak jadi memiliki barang B adalah biaya peluang yang harus dikorbankan untuk pilihan tersebut.

 

Ciri-Ciri Biaya Peluang

Dalam setiap pilihan pasti ada yang harus dikorbankan. Hal yang dikorbankan inilah yang berart merupakan biaya peluang. Ada beberapa biaya peluang yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berkut:

1. Tidak selalu berhubungan dengan uang.

Perhitungan biaya peluang mutlak dilakukan agar Anda tetap bisa mengambil keputusan terbaik pada saat ada banyak pilihan yang bisa diambil. Pilihan mana yang paling menjanjikan, akan mengubah jalan bisnis Anda. Yang perlu dipahami, biaya peluang tak selalu berupa uang. Ada juga yang berupa waktu, kesenangan, dan sebagainya.

2. Tergantung situasi dan tujuan

Saat mengambil keputusan terkait biaya peluang, tak selalu menggunakan perhitungan matematika semata. Ada juga keputusan yang harus diambil meskipun secara matematika keuntungannya lebih sedikit. Namun keputusan tersebut tetap lebih menarik untuk diambil karena alasan emosional. Dengan kata lain, biaya peluang bisa muncul karena ada keputusan yang diambil sesuai situasi dan tujuan.

3. Biasanya bukan kebutuhan primer

Biaya peluang biasanya muncul saat berkaitan dengan kebutuhan sekunder atau tersier. Pasalnya, dalam kasus kebutuhan primer, semua tetap harus terpenuhi. Jadi tidak ada kebutuhan primer yang bisa dikorbankan. Sementara dalam kebutuhan sekunder pribadi atau bisnis, ada banyak kebutuhan sekunder dan tersier yang bisa menjadi pilihan.

Contoh-Contoh Biaya Peluang

Ada banyak contoh biaya peluang yang muncul, baik dalam kehidupan pribadi seseorang maupun sebuah perusahaan. Berikut ini adalah contoh-contoh biaya peluang.

  • Contoh dalam Kehidupan Pribadi

Contoh pertama biaya peluang dalam kehidupan pribadi adalah saat memilih pekerjaan. Seorang pemuda yang baru lulus kuliah dihadapkan pada pilihan pekerjaan A di kota besar dengan gaji Rp 7 juta, atau pekerjaan B dalam bidang yang sama di kota domisili, dengan gaji Rp 5 juta. Jika ia memilih pekerjaan A, maka biaya peluang yang muncul adalah Rp 7 juta.

Namun melihat sekilas jumlah gaji tersebut memang bukan cara memutuskan pilihan yang paling baik. Harus diingat bahwa dengan pekerjaan A, sang pemuda akan bisa menghemat uang makan, uang untuk menyewa kos atau mengontrak rumah, dan sebagainya. Sehingga untuk membuat pilihan memang butuh melihat segala sesuatu secara utuh.

Contoh kedua adalah saat seorang ayah mendapatkan uang Rp 6 juta tambahan dari kantornya. Ada pilihan untuk mengajak keluarga bermain ke taman hiburan atau membeli laptop baru yang dibutuhkan untuk pekerjaan. Pekerjaan sangat penting, tapi berlibur bersama keluarga juga adalah sebuah momen berharga.

Jika ayah memilih untuk berlibur bersama keluarga, ayah akan kehilangan kesempatan membeli laptop, dan itu adalah biaya peluang yang harus ditanggung. Sebaliknya, apabila ayah memutuskan membeli laptop, biaya peluang yang muncul adalah berupa kerugian emosional karena tidak berlibur bersama keluarga. Kesenangan juga bisa muncul menjadi biaya peluang.

  • Contoh dalam Organisasi dan Perusahaan

Dalam suatu organisasi, contoh biaya peluang bisa muncul saat akan mengadakan sebuah konser, dan memilih tempat untuk penyelenggaraannya. Ada pilihan tempat A yang tidak terlalu luas dengan biaya sewa Rp 75 juta. Di sisi lain ada tempat B yang lebih luas dengan biaya sewa Rp 80 juta. Masing-masing tempat memiliki fasilitas yang berbeda dan kebijakan yang berbeda pula.

Setiap faktor yang ada harus dipertimbangkan dengan baik, sehingga biaya peluang yang muncul dapat ditanggung oleh organisasi tersebut. Dengan memilih opsi terbaik, organisasi akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dalam penyelenggaraan konser tersebut. Pemimpin organisasi perlu mendiskusikan manakah yang biaya peluangnya paling rendah untuk dijadikan pilihan utama.

Contoh kedua adalah dana pengembangan usaha yang dimiliki perusahaan. Sebuah perusahaan yang memiliki dana Rp 1 miliar harus mulai memikirkan antara membeli mesin-mesin canggih untuk memudahkan pekerjaan, atau menyewa tenaga ahli untuk menciptakan mesin sendiri yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika memilih untuk membeli mesin, tentu lebih praktis. Namun tidak ada inovasi yang akan terjadi, dan biaya Rp 1 miliar mungkin hanya cukup untuk mesin dengan jumlah terbatas. Sementara itu, mengembangkan mesin sendiri bisa jadi lebih hemat. Namun hal ini butuh riset panjang dan juga waktu. Oleh karena itu, manajemen perusahaan harus mempertimbangkan dengan baik, manakah yang lebih efektif dan efisien untuk perusahaan.

Itulah berbagai penjelasan tentang apa itu biaya peluang beserta contoh-contohnya. Memahami ilmu tentang biaya peluang akan membuat Anda lebih mudah mengambil keputusan saat dihadapkan pada pilihan-pilihan. Harapannya, setiap keputusan yang diambil sudah melalui perhitungan biaya peluang yang ada.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu biaya peluang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah
Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
Apa itu Variable Cost? Definisi Variable Cost
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura
7 Tip Menghemat Biaya Tiket Pesawat
Apa itu Operating Cost (Biaya Operasional)
10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis


Bagikan Ke Teman Anda