Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Black Friday?

Beberapa waktu yang lalu, kita baru saja merayakan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), pada hari ini hampir semua e-commerece memberikan diskon besar-besaran. Maka tak mengherankan bila ada banyak barang terjual hanya dalam hitungan menit. Momen-momen diskon sebenarnya ada banyak lagi selain Harbolnas, salah satu yang cukup terkenal di dunia adalah Black Friday. Lantas apa itu Black Friday?

Banyak orang memaknai Black Friday hanya sebatas hari dimana ada diskon beras-besaran. Padahal Black Friday tak hanya sebatas itu. Ada banyak hal terkait dengan Black Friday. Ada sejarahnya, ada harinya ada ada tragedi dibalik itu semua. Yang terpenting jangan sekali-kali memaknai Black Friday sebagai hari jum’at hitam.

Asal Muasal Istilah Black Friday

Black Friday pertama kali didengungkan oleh kepolisian Departement Philadelphia USA pada tahun 1966 yang dicatat oleh seorang kolektor perangko langka bernama Earl Apfelbaum. Istilah Black Friday muncul pada saat sehari setelah hari Thanks Giving pada setiap hari jumat keempat dibulan November.

Pada hari itu, hampir semua orang tumpah ruah ke jalanan untuk membeli segala macam keperluan menjelang Natal. Ditengah kehirukpikukan dan kesimpangsiuran masyarakat dengan segala macam urusannya, seringkali terjadi kecelakaan yang tidak disengaja maupun tindakan kriminal yang sengaja memanfaatkan keramaian yang ada.

Kejadian di tengah situasi yang tidak terkontrol itulah mengapa Kepolisian Departement Philadelphia menyebutnya sebagai Black Friday. Artinya sebuah tragedi yang terjadi pada saat semua orang tengah sibuk berbelanja pada hari Jumat sehari setelah hari Thanks Giving.

Kemacetan dan kerumunan orang-orang yang berjejal di pintu masuk toko-toko dan trotoar seringkali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas atau bisa jadi korban penginjakan.

Pada hari itu memang ada banyak toko-toko yang menawarkan diskon besar-besaran. Bahkan untuk lebih dapat memaksimalkan penjualannya, sebagian besar toko sudah membuka tokonya jauh lebih awal dari hari-hari biasa. Banyak toko yang buka pada dini hari atau bahkan tengah malam sebelum hari Jumat ini.

Beberapa negara bagian Amerika Serikat seperti California, menganggap bahwa hari Jumat ini sebagai hari libur nasional atau sebagai pengganti hari libur federal lainnya. Sehingga libur dimulai sejak hari Kamis Thanks Giving, Jumat, Sabtu dan Minggu sebagai long weekend. Empat hari libur berturut-turut ini dimanfaatkan masyarakat untuk berburu barang belanjaan di toko-toko.

Itulah mengapa toko-toko rela buka lebih awal untuk dapat melonjakkan angka penjualan. Masyarakatpun dengan senang hati berbelanja di malam hari selain karena iming-iming diskon, mereka pun bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai wisata belanja. Lagipula mereka tidak harus segera tidur untuk mengejar pergi ke sekolah atau ke kantor pada esok harinya.

Mengapa Disebut Black Friday?

Selain itu pula Black Friday digambarkan sebagai peluang cuci gudang bagi toko-toko untuk mengeluarkan segala barang stok di gudang, bahkan sampai-sampai seringkali terjadi pihak toko kehabisan stok dikarenakan euphoria belanja masyarakat yang begitu antusias.

Bagi para pelaku bisnis seperti pemilik toko, retail, pedagang kecil, mereka merasa senang dengan datangnya Black Friday. Hal ini dikarenakan laba yang didapat akan berlipat kali besarnya dari hari-hari biasa. Banyak yang mencatat keuntungan dalam katalog pembukuan dengan warna hitam untuk laba dan warna merah untuk kerugian. Nah pada hari Jumat ini pembukuan akan jadi hitam, sehingga banyak yang mengaitkan Black Friday sebagai hari dimana pembukuan berwarna hitam.

Catatan Kelam Black Friday

Ini menandakan bahwa Black Friday adalah hari keberuntungan untuk berbisnis dimana hampir seluruh barang laku terjual. Tetapi tidak berarti bahwa hari ini tanpa catatan kelam, sepanjang penyelenggaraan Black Friday berikut beberapa peristiwa tragis yang pernah terjadi:

1. New York, 2008 di Walmart

Seorang pria terjebak di pintu masuk Wallmart saat detik berikutnya kerumunan orang sebanyak kurang lebih 2000 orang memaksa masuk Wallmart. Pria bertubuh tinggi besar itu tewas lemas kekurangan oksigen dan mengalami trauma luka penginjakan.

Pihak kepolisian setidaknya mengklaim ada sebanyak 11 pengunjung lain yang terluka termasuk seorang ibu hamil. Wajar pihak kepolisian menamainya “Negatif Black Friday”

2. Sacramento, California, 2009 di Wallmart

Seorang pengunjung Wallmart terpaksa diamankan polisi setelah mengalami kerusuhan akibat kerumunan masa yang tidak terkontrol pada saat jam-jam pertama Wallmart buka pada sebuah toko elekronik. Wallmart akhirnya ditutup sementara untuk menghindari kerusuhan terulang.

3. Los Angeles, 2011 di Wallmart

Seorang wanita menyemprotkan lada bubuk hanya untuk berebut mendapatkan sebuah barang dengan diskonan 60%.

4. Tallahassee, Florida, 2012

Dua orang tertembak saat akan berebut tempat parkir di pelataran Wallmart Florida. Dua orang kemudian saling menyerang. Tentu ini catatan buruk pada hari Black Friday.

Selain itu juga masih ada banyak lagi peristiwa yang terjadi pada Black Friday. sebut saja Chicago, 2013 dimana polisi terpaksa menembak seorang pengutil karena menyeret seorang perwira polisi di tengah ramainya tempat parkir. Lalu juga ada New Jersey 2016, Nevada 2016, Tennessee 2016 dimana pada tiga tempat berbeda itu polisi menembak para pelaku insiden di tengan keramaian massa.

Melihat animo masyarakat akan Black Friday, maka pihak kepolisian saat ini lebih berhati-hati dalam mengamankan setiap pusat perbelanjaan.

Black Friday di Indonesia

Di Indonesia, Black Friday lebih dimaknai sebagai dikson akhir tahun. Itupun tidak dinamai sebagai Black Friday. Melainkan bisa disamakan dengan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Pada hari yang jatuh pada tanggal 12 bulan 12 itu, banyak toko online memberikan diskon besar-besaran. Bahkan mencapai 99 persen.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Black Friday, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Finarya? Apa Produknya?
Apa Penghasilan Reksadana Objek Pajak?
8 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak Agar Sukses
4 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Para Pendiri Startup
Apa Itu Reksadana Campuran?
Apa yang Dimaksud Fee Based Income?
9 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Jatuh Miskin
Apa itu LinkAja (Dulu TCash)?
Apa itu Manajer Investasi Reksadana?
13 Tip Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Bertahan Saat Krisis Ekonomi


Bagikan Ke Teman Anda