Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu BRILink? Dan Apa Untung dan Ruginya Menjadi Agen BRILink?

#agen #BRILink #rugi #untung

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satu Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terbesar dan tersebar di seluruh pelosok tanah air. Dedikasinya dalam menyumbang pendapatan untuk negara tidak dapat dianggap enteng karena setiap tahunnya BRI selalu membukukan keuntungan yang cukup signifikan. BRI juga turut berpartisipasi dalam program pemerintah Branchless Banking (Bank tanpa Kantor) dengan nama BRILink. Lalu apa itu BRILink dan bagaimana cara kerjanya?

Apa Itu BRILink

Pada tahun 2012 Pemerintah beserta Bank Indonesia telah mempersiapkan pencanangan Branchless Banking atau layanan perbankan tanpa mengandalkan kantor cabang dan menggunakan teknologi untuk mencapai para nasabahnya.
Menindaklanjuti hal tersebut pada tahun 2015 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi otoritas dalam pengawasan perbankan dan lembaga keuangan, kemudian meluncurkan program LAKU PANDAI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif)

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kemudian menindaklanjuti layanan ini menggunakan dengan meluncurkan Program BRILink. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi BRI karena BRI memiliki nasabah di seluruh Indonesia hingga ke daerah pelosok negeri. Dengan BRILink, BRI bisa mencapai nasabahnya yang berada di area yang terpencil, tanpa harus membangun kantor di area tersebut. Nah individu yang melayani usaha BRILink inilah yang dinamakan dengan Agen BRILink.

Melalui Agen BRILink, nasabah Bank BRI dapat melakukan berbagai transaksi seperti :

  • Isi ulang pulsa
  • Pembayaran listrik pra bayar
  • Pembayaran Finance FIF, BAF, WOM dan OTO
  • Setor uang tunai
  • Tarik uang tunai (Menggunakan kartu ATM), dan lain-lain

Syarat Menjadi Agen BRILink

BRILink dijalankan oleh Individu yang kemudian disebut sebagai Agen BRILink. Agen BRILink adalah masyarakat biasa, bukan pegawai Bank BRI. Lalu bagaimana caranya menjadi Agen BRILink?

  1. Warga Negara Indonesia, yang sudah menjadi nasabah Bank BRI
  2. Berdomisili di wilayah yang sama dengan Kantor Wilayah dimana kita mengajukan permohonan. Jika anda tinggal di Jambi, misalnya. Anda dapat mendaftarkan diri di Kantor Wilayah Bank BRI di Jambi. Demikian jika anda tinggal di Kabupaten, anda harus mendaftarkan diri ke Kantor Wilayah BRI yang mengurusi Kabupaten anda tersebut. Jika anda bingung dimana kantor Wilayah Bank BRI di daerah anda, tanyakan saja di kantor bank BRI yang terdekat dengan tempat tinggal anda.
  3. Mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun
  4. Memiliki Surat Izin Usaha
  5. Status tempat usaha adalah Milik Sendiri. Atau jika anda menyewa Toko, lama waktu sewa yang anda ambil adalah minimal satu tahun, dan jika kurang dari satu tahun, anda harus melampirkan surat perpanjangan sewa sehingga minimal anda menempati tempat tersebut minimal selama satu tahun.
  6. Mengisi formulir permohonan dan menandatangani Surat Perjanjian
  7. Memiliki Rekening dan ATM BRI yang diisi sejumlah saldo yang dapat anda gunakan untuk melakukan transaksi.
  8. Transaksi Agen BRILink dapat dilakukan melalui mesin EDC (Electronic Data Capture) namun saat ini juga dapat dilakukan melalui handphone lewat aplikasi BRI Mobile.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Banyak Agen telah merasakan keuntungan hingga jutaan rupiah per bulan dari usaha BRILink yang mereka jalankan. Namun tidak hanya berupa keuntungan, agen BRILInk juga memperoleh asuransi yang memproteksi Agen atas kecelakaan maupun kebakaran tempat usaha yang merangkap tempat tinggal. Adapun nilai pertanggungan untuk kecelakaan diri dan cacat tetap sebesar 2,5 juta, tunjangan pendidikan dan santunan pendapatan sebesar 1 juta, santunan duka Rp.500 ribu dan asuransi kebakaran sebesar 25 Juta.

Kerugian Menjadi Agen BRILink

Dengan terus meningkatnya jumlah transaksi agen BRILInk dari tahun ke tahun (tercatat sebanyak 15,2 juta transaksi per Mei 2015) maka tidak ada ruginya menjadi Agen BRILink. Hanya untuk menjadi Agen, ada beberapa hal yang perlu anda antisipasi, yaitu :

  1. Ada sejumlah dana yang dibekukan sebagai jaminan dari mesin EDC. Dana yang diperlukan adalah sebesar Rp.3.000.000 jika memiliki rekening tabungan namun tidak memiliki rekening pinjaman. Dan sebesar Rp.500.000 jika anda memiliki rekening pinjaman di BRI. Selama menjadi agen, dana tersebut akan ditahan dan dapat dicairkan kembali ketika yang bersangkutan sudah tidak menjadi Agen lagi.
  2. BRILink sama seperti usaha lainnya, ia membutuhkan modal usaha agar bisa berjalan. Sehingga anda disarankan untuk mempersiapkan sejumlah dana sebagai modal. Jangan salah paham bahwa Bank BRI akan menyediakan dana untuk anda. Bank BRI hanya akan menyerahkan mesin EDC kepada kita. Bagaimana selanjutnya usaha BRILink kita jalankan, itu kembali sepenuhnya kepada diri kita sendiri.
  3. BRI Menetapkan target transaksi kepada para Agen BRILink. BRI menetapkan target minimal sebanyak 200 transaksi per bulan dan jika kurang akan dikenakan penalty. Target transaksi ini diberlakukan setelah melewati grace period selama 6 bulan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang BRILink dan untung rugi menjadi agennya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.