Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu CFO?

Bagi kamu yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan besar pasti tidak asing lagi dengan istilah CFO (Chief Financial Officer), namun untuk kamu yang baru masuk di perusahaan, pasti masih bertanya-tanya apa itu CFO.

Pengertian CFO

Secara garis besar, CFO adalah eksekutif senior yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, tugas CFO adalah melacak arus kas dan perencanaan keuangan sebuah perusahaan. Selain itu, CFO juga bertugas menganalisis kekuatan, kelemahan keuangan perusahaan serta mengusulkan tindakan korektif pada perusahaan.

Lebih sederhananya, CFO adalah jabatan yang mengemban tugas sama dengan bendahara. Bahkan, beberapa perusahaan menyebutnya dengan bendahara. Yakni devisi keungan yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan serta akuntansi perusahaan.

Devisi ini harus membuat akuntansi atau laporan keuangan setiap periode tertentu. Mereka harus menyelesaikan akuntansi tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Tugas CFO

Selayaknya seorang bendahara, CFO memiliki tugas yang tidak jauh-jauh dengan keuangan. Berikut secara lebih terperinci lagi mengenai tugas CFO yang ternyata ada beberapa:

  1. Mengelola keuangan

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang tugas-tugas yang dilakukan oleh CFO, salah satunya yakni mengelola keuangan. CFO berkewajiban mengetahui dan melaporkan tentang input signifikan dalam investasi perusahaan. Laporan ini disampaikan pada CEO (Chief Executive Officer).

Laporan yang dilakukan oleh CFO ini juga berkaitan dengan struktur modal dan bagaimana perusahaan mengelola pendapatan serta pengeluara. CFO Bersama dengan CEO memiliki peran kunci dalam kesuksesan perusahaan dalam jangka Panjang.

CFO juga mengawasi struktur modal perusahaan, menentukan keseimbangan antara hutang, ekuitas, dan pembiayaan internal. Dan jika terdapat masalah dalam struktur modal ini, CFO memiliki kewajiban untuk mengatasinya.

  1. Membuat akuntansi keuangan perusahaan (historical financial)

Selain memastikan arus modal, tugas tim CFO yang lain adalah menyelesaikan buku akuntansi secara tepat waktu. CFO harus mengetahui sirkulasi keuangan perusahaan secara rinci. Rincian tersebuat direkam dalam laporan keuangan yang harus diselesaikan dalam periode tertentu. Laporan ini selain harus detail, juga harus bisa dipertanggungjawabkan keasliannya.

Begitupun juga dalam proses penggitungan dan pencatatan keuangan. CFO harus detail baik dengan item-item pemasukan pengeluaran, maupun pada digit angka. Karena, apabila ada satu digit yang keliru, akurasi dari Historical financial ini menjadi tidak falid.

  1. Analis

Tak hanya mampu mengurusi soal keuangan saja, CFO juga harus mampu melakukan analisa yang mendalam dan tajam, tentang hal-hal strategis yang dapat menguntungkan perusahaan. Contoh sederhana yakni, CFO produsen sebuah mobil. Tim CFO harus mampu menganalisa desain mobil seperti apa yang akan laris dipasaran dan akan menguntungkan perusahaan di masa yang akan datang.

Aspek tugas CFO dalam hal ini mencangkup peramalan dan strategi ekonomi yang akan diterapkan. Lebih jelasnya, tim CFO harus bisa memprediksi atau meramalkan keberhasilan penerapan sebuah strategi ekonomi sebuah proyek perusahaan. Oleh sebab itu, menempati posisi sebagai CFO tentu bukan hal mudah. Ia harus memiliki treckrecord mengelola perusahaan dalam waktu yang lama, atau faham betul tentang dunia bisnis.

  1. Kreditur

Tantangan terbesar dari CFO adalah tentang bagaimana mereka mampu menyelesaikan utang perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki jumlah utang usahanya masing-masing, dan tugas CFO yakni bagaimana sirkulasi keuangan diatur sedemikian rupa, agar proyek yang dijalankan mampu berjalan lancer, menguntungkan bagi perusahaan dan mampu menutupi utang.

Beberapa CFO mengaku, bahwa hal ini adalah tantangan tersendiri bagi CFO. Karena, CFO harus berfikir keras bagaimana sirkulasi perekonomian perusahaan tetep berjalan lancer, sehingga tidak menumpuk hutang. Jadi, tak heran jika CFO ketat dalam keuangan, dan kritis saat analisis serta prediksi.

Seorang CFO juga harus mahir dalam menentukan strategi pelunasan hutang-hutang ini. Terlebih jika terjadi ketidak stabilan perekonomian  nasional maupun global, seperti rupiah yang melemah atau bisnis yang kurang lancar. Berbagai strategi yang matang, tentu harus diambil oleh CFO untuk penyelamatan perekonomian perusahaan.

  1. Penghubung

Secara spesifik CFO memiliki tugas sebagai penghubung antara perusahaan dan mitra bisnis. Mitra bisnis bisa berupa sesama perusahaan, pemberi modal, bankerdan mitra bisnis lainnya. Sebelum projek bisnis dilakukan ia harus bisa menarik hati mitra bisnis, dan saat bisnis tengah berlangsung ia harus pandai menjaga relasi dari mitra bisnis.

  1. Berkomunikasi dengan mitra bisnis

Seorang CFO juga harus pandai dalam berkomunikasi, terutama mahir berkomunikasi dengan mitra bisnis. Hal ini, tentusaja demi kelancaran proyek bisnis yang tengah dijalankan. Seorang CFO harus menarik saat memaparkan program yang akan dijalankan, dan harus mahir menjaga komunikasi, selama proyek dijalankan.

Ini sebabnya mengapa, menjadi seorang CFO tidak cukup paham akuntansi dan struktur modal saja, ia juga harus memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik agar tejaganya komukasi dan relasi yang baik pula antara perusahaan dan pihak mitra bisnis.

Perbedaan CEO & CFO

Selanjutnya, kita akan berbicara tentang perbedaan CEO dan CFO. Karena penyebutannya yang hampir sama dan bekerja dalam lingkup yang sama, CEO dan CFO membuat banyak orang menjadi bingung untuk membedakannya. Padahal, jika kita telusuri lebih lanjut, mereka memiliki pengertian dan job des yang berbeda. Meskipun lingkup pekerjaan mereka sama, namun tugas mereka jauh berbeda.

Sebelum kita beranjak lebih jauh, pastikan Anda telah memahami tentang pengertian, ruang lingkup serta tugas dari CFO. Setelah Anda faham, selanjutnya kita akan memahami tentang CEO yang dianggap mirip dengan CFO. Memahami keduanya menjadi sangat penting apabila kamu masuk pada perusahaan dan posisi kamu berhubungan langsung dengan dua posisi penting ini.

Pengertian CEO

Chief Executive Officer (CEO) merupakan jabatan eksekutif yang tertinggi dalam sebuah perusahaan. CEO bertanggung jawab penuh atas jalannya sebuah perusahaan. Bisa dikatakan, CEO adalah pusat manajemen dari sebuah perusahaan. Ia, yang menentukan berbagai hal dari perusahaan yang ia kelola. Mulai dari pembentukan visi misi, menentukan strategi bisnis, dan masih banyak lagi.

Beberapa perusahaan, CEO disebut juga dengan Presiden Direktur. Posisinya yang sangat vital dan mengatur berbagai hal, menjadikan ia sama dengan presiden direktur, namun beberapa perusahaan membedakannya. Yakni dengan menjadikan Presiden Direktur sebagai orang yang bertugas mengevaluasi pekerjaan dari CFO ini.

Perbedaan Signifikan CEO dan CFO

Nah, jika kamu masih bingung, berikut penulis akan menjelaskan beberapa perbedaan antara CEO dan CFO.

  1. Tanggung jawab

Seperti yang telah kita fahami sebelumnya tentang tugas dari CFO adalah bertanggung jawab pebuh atas sirkulasi keuangan perusahaan. Dan hal tersebut berbeda dengan tugas dari CEO. CEO bertanggung jawab sepenuhnya manajemen dari finansial perusahaan. Jadi tak hanya laba rugi saja, Namun lebih dari itu, yakni mengetahui sepenuhnya tentang distribusi uang perusahaan.

Selain itu, CEO juga harus menentukan orientasi perusahaan, prinsip-prinsip bisnis perusahaan, manajemen SDM, mengetahui kelebihan dan kelemahan perusahaan dan sebagainya. Karena, tugasnya yang sangat vital, CFO juga harus bekerja ekstra jika ingin perusahaan yang ia pimpin terus berkembang dengan baik.

  1. Penyerahan Laporan

Mengenai proses pelaporan hasil kerja, keduanya juga memiliki jalur yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan, CEO diawasi oleh dewan direksi, sedangkan CFO diawasi oleh CEO. Jadi, dalam pelaporan CEO akan melaporkan hasil kerjanya Bersama CFO pada dewan redaksi. CEO akan bertanggung jawab penuh pada kredibelitas laporannya tersebut.

  1. Strategi

Jika CFO menentukan strategi akan prodak perusahaan baik pembuatan maupun pemasaran, CEO bertanggung jawab atas strategi dari keseluruhan organisasi atau perusahaan. CEO akan memikirkan taktik langkah-langkah yang cerdas demi tercapai stragi bisnis yang digunakan. Hal ini tentu Nampak bahwa tugas dari CEO bisa dikatakan lebih luas disbanding CFO yang hanya menyoal keuangan.

  1. Pengembangan

Pada lingkup pengembangan, CFO hanya berkutat pada keuangan dan akuntansi. CFO harus teliti betul saat mengatur keduanya. Sedangkan CEO memiliki tugas vital dalam proses pengembangan. CEO bertugas di bidang pengembangan bisnis atau perusahaan lewat SDM. CEO harus mampu menemukan orang yang tepat untuk di tempatkan di setiap posisi.

Kenapa susah, karena ini soal SDM jika CEO meleset sedikit saat menempatkan orang pada bidang yang tidak ia kuasai, maka akan hancur pula sebuah bisnis. Oleh sebab itu, CEO harus benar-benar teliti dan hati-hati saat menentukan orang-orang untuk menempati suatu bagian tertentu.

  1. Penghubung

Seperti yang telah ditulis di atas, bahwa CFO memiliki peran yang cukup signifikan untuk berinteraksi dan menjaga relasi dengan pihak luar seperti investor, pemberi pinjaman, banker dan mitra bisnis lainnya. Dan CEO memiliki tugas yang lumayan lebih ringan namun tidak bisa dientengkan. CEO diposisikan sebagai representasi wajah perusahaan.

Lebih sepesifiknya, CEO bertugas muncul di media jika dibutuhkan. Menemui tokoh masyarakat, menemui pers, memberikan pidato atau seminar dan lain sebagainya.

  1. Analisis

Di atas telah dituliskan, bahwa tugas CFO yakni menganalisa tentang prodak, strategi pemasaran, apakah biaya opersi akan profit daN sebagainya. Sednagkan CEO, ia bertugas menerima laporan dari CFO untuk kemudian dianalisa. Jika Analisa CFO terkait pemasaran, maka Analisa CEO terkait dengan strategi bisnis apa yang akan diambil.

  1. Cara Menduduki Jabatan

Untuk dapat menduduki jabatan keduanya pada sebuah perusahaan tentu tidak semudah kita menduduki posisi staf atau karyawan biasa. Treckrecord kita dalam dunia pengelolaan bisniis skala besar tentu harus lebih matang. Keduanya bisa jadi dari latar belakang yang sama yakni akuntan, namun tidak memungkiri bahwa untuk menjadi seorang CEO tidak harus dari seorang akuntan.

Banyak perusahaan memang yang memberikan standard tinggi untuk menjadi seorang CFO, karena memang posisinya yang sangat vital di bagian keuangan. Sehingga, untuk menduduki posisi tersebut, latar belakang akuntan publik profesonal diutamakan. Karena perusahaan tentu tidak mau sembarangansaat merekrut staf untuk menduduki posisi penting.

Terlebih posisi CFO yang mempertaruhkan keuangan perusahaan. Sangat bahaya jika orang yang tidak paham soal keuangan, prinsip ekonomi dan memiliki nalar analisi kritis menempati posisi ini. jadi, untuk kamu yang ingin mencoba melamar di posisi ini, sebaiknya kamu belajar lebih banyak tentang akuntansi, prinsip ekonomi, dan memahami strategi-strategi bisnis dalam skala besar.

Nah, untuk menjadi seorang CEO tentu lebih berat. Kebanyakan CEO perusahaan-perusahaan adalah seorang yang telah terbukti lama berkecimpung di dunia bisnis dan paham betul bagaiaman mengelola bisnsi pada perusahaan yang memiliki skala besar. CEO ini biasanya adalah seorang pemilik perusahaan itu sendiri, selain itu ekselerasi dan juga promosi jabatan karena kerjanya yang baik dan alasan-alasan lainnya.

Sangat sedikit, CEO yang ditempati oleh orang baru dan belum paham soal bisnis, dan hanya mengetahui prinsip-prinsip penting dalam mengelola dan mengembangkan sebuah perusahaan. Karena, pengalaman CEO sangat diutamakan saat bekerja. Terlebih saat menentukan strategi-stategi bisnis untuk pengembangan perusahaan. Ini mengapa, seorang CEO memang harus memiliki treckrecord yang panjang dan baik dalam dunia bisnis.

Itulah beberapa hal seputar CEO dan CFO, mulai dari pengertian CFO, tugas CFO serta perbedaan yang signifikan antara CEO dan CFO.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu CFO, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu SHU Koperasi?
3 Tugas Bank Indonesia (BI) Sebagai Bank Sentral
Apa Itu CFO?
Perbedaan Bank Asing dan Bank Nasional
Apa itu Old Money?
Apa yang Terjadi Bila Kartu Kredit Tidak Diaktifkan, Hilang, atau Tidak Dipakai?
Apa Masalah Orang Kaya?
Bagaimana Bila Kartu Kredit Hilang
Akankah Pengangguran Digaji?
Inilah Alasan Mengapa Banyak BPR Dilikuidasi


Bagikan Ke Teman Anda