Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu “Dave Ramsey: 7 Baby Steps”?

Ada banyak tekhnik untuk mengelola keuangan. Para pakar ekonomi telah banyak mengeluarkan tips dan trik cara mengatur keuangannya, termasuk Dave Ramsey dengan teknik yang disebut dengan 7 Baby Steps. Lantas, bagaimana penjelasan tentang 7 Baby Steps dan siapakah Dave Ramsey?

Siapakah Dave Ramsey

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu bahkan belum mengenal siapa itu Dave Ramsey. Di Amerika Serikat, Dave Ramsey merupakan sosok yang populer. Ia terkenal karena pendekatannya terhadap keuangan pribadi yang terkesan tanpa basa-basi, terutama dalam hal keluar dari lilitan utang, menghindari utang, serta hidup bebas secara finansial. Bisa dikatakan bahwa Dave Ramsey merupakan guru keuangan pribadi yang tersohor.

Dave Ramsey terkenal karena acara radio yang ia bawakan, buku-bukunya, dan program Financial Peace University-nya yang telah banyak diadopsi oleh banyak orang di komunitas Kristen. Acara Radio yang dibawakan Dave Ramsey telah terdengar di seluruh Amerika Serikat. Daya tariknya adalah terletak pada gayanya dalam menyiarkan radio yang menggunakan pendekatan cinta untuk membantu orang belajar mengendalikan keuangan mereka.

Salah satu metode yang disampaikan perihal pengendalian keuangan oleh Dave Ramsey adalah Debt Snowball atau strategi bola salju utang. Bola salju utang merupakan salah satu strategi yag dikembangkan Dave Ramsey dalam menangani utang.

Dalam strategi bola salju utang, Dave Ramsey menawarkan solusi yang dapat digunakan seseorang untuk membantu orang keluar dari utang dengan lebih cepat dengan menerapkan uang tambahan dalam anggaran terhadap utang. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat pembayaran.

Metode yang digunakan Dave Ramsey adalah menentukan berapa banyak uang yang diutangkan pada semua utang, dan membayar minimum terhadap utang-utang tersebut sambil menambahkan dana tambahan ke utang terkecil untuk menghilangkannya lebih cepat. Ketika utang dengan nominal terkecil tersebut sudah lunas, seseorang lalu menambahkan jumlah pembayaran utang terhadap utang bernominal kecil selanjutnya.

Proses tersebut kemudian diulangi hingga seluruh utang habis. Jika dilihat dari polanya, dapat dilihat bahwa pembayaran utang tersebut ibarat ‘bola salju’ yang terus melaju seiring waktu. Itulah mengapa teknik ini disebut dengan strategi bola salju utang.

Selain debt snowball, Dave Ramsey juga mengeluarkan satu istilah yaitu ‘Gazelle Intensity’. Ramsey menggunakan istilah ‘Gazelle Intensity’untuk menggambarkan bagaimana seseorang perlu menyerang utangnya. Dia menyarankan agar seseorang menjalani kehidupan finansial seperti cara gazelle menyelamatkan diri dari seekor cheetah.

Banyak karya yang telah ditorehkan Dave Ramsey. Salah satu karya Dave Ramsey adalah sebuah buku yang berjudul Total Money Makeover . Tak lama setelah buku tersebut terbit, yaitu tahun 2003, buku tersebut menjadi salah satu buku yang masuk dalam jajaran best seller. Total Money Makeover telah mengalami beberapa revisi dan pembaruan sejak publikasi aslinya, namun konsep intinya tetap sama.

7 Baby Steps

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Dave Ramsey merupakan guru keuangan finansial yang telah menorehkan banyak karya serta strategi mengelola keuangan. Salah satu strategi dari Dave Ramsey yang juga sekaligus akan dikupas tuntas dalam artikel ini adalah 7 Baby Steps. 7 Baby Steps merupakan proses 7 langkah menuju kebebasan finansial. Lantas, apa saja yang termasuk 7 Baby Steps? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Hemat $ 1.000 untuk Memulai Dana Darurat

Dana darurat merupakan salah satu hal penting untuk memulai hidup yang bebas secara finansial. Seperti yang diketahui, keadaan darurat tidak akan tahu kapan datangnya. Seseorang tidak akan pernah tahu kapan ia akan membutuhkan uang senilai puluhan juta atau bahkan ratusan juta secara cepat. Seseorang juga tidak akan pernah tahu kapan tiba-tiba ia ternyata mengalami kecelakan atau bencana alam sehingga membutuhkan uang yang banyak.

Dana darurat akan memberi seseorang dana secara cepat untuk mengurus biaya-biaya yang dibutuhkan saat keadaan darurat tiba. Selain itu, dana darurat juga bisa membuat seseorang keluar dari lilitan utang. Dana darurat tersebut dapat disimpan dalam rekening khusus danda darurat.

Dave Ramsey juga menyatakan bahwa untuk memulai dana darurat, seseorang hendaknya menyisihkan $ 1.000 untuk dana darurat secepat mungkin.  Uang senilai $ 1.000 tersebut kemudian disimpan ke dalam rekening khusus dana darurat yang terpisah dari rekening reguler untuk kehidupan sehari-hari.

2. Bayar Semua Utang Menggunakan Metode Debt Snowball

Dave Ramsey menganjurkan menggunakan metode debt snowball untuk melunasi utang. Beberapa orang menyebut ini sebagai “salju yang mengelupas”. Istilah tersebut mengacu pada kiasan mengambil sejumlah kecil uang  atau kepingan salju  dan menggabungkannya ke jumlah yang lebih besar atau diibaratkan dengan bola salju. Jumlah uang yang kecil itu dapat bertambah dengan cepat, dan bola salju jauh lebih efektif daripada kepingan salju kecil tersebut.

Dave Ramsey menyarankan untuk mengambil sejumlah kecil uang yang disimpan dan membayarkannya pada utang, ketimbang membelanjakannya untuk barang-barang yang tidak penting. Dalam metode debt snowball, Dave Ramsey mengatakan untuk mengurutkan utang-utang yang seseorang miliki dari nominal yang terendah hingga tertinggi.

Setelah itu, Dave Ramsey menyarankan untuk melunasi utang dengan nominal terkecil sambil terus menyicil utang-utang yang lain. Setelah utang dengan nominal terkecil tersebut lunas, dilanjutkan dengan melunasi utang kecil lainnya. Begitu terus hingga seluruh utang lunas.

3. Simpan Nilai Tabungan Sejumlah Pengeluaran 3 hingga 6 Bulan

Seperti yang diketahui, tabungan memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan finansial seseorang. Seseorang haruslah berkomitmen untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk tabungan di masa depan. Cara mudah yang dapat ditempuh untuk menabung adalah dengan mengatur transfer otomatis dari rekening untuk uang gaji ke rekening khusus tabungan.

Seperti yang diketahui, rekening memiliki fitur transfer terjadwal yang dapat diatur sendiri oleh penggunanya. Setiap tanggal gajian, baiknya seseorang langsung mengaturnya untuk ditransfer ke rekening khusus tabungan dengan sejumlah nominal yang bebas ditentukan sendiri. Pastikan jumlah tabungan yang dimiliki setara dengan pengeluaran selama 3 hingga 6 bulan.

Memiliki tabungan setara dengan 3 hingga 6 bulan biaya hidup yang akan membuat seseorang  lebih mudah menghadapi situasi yang tidak terduga. Nominal tabungan tersebut dirasa sudah ideal jika tiba-tiba terjadi situasi darurat yang terjadi dalam waktu dekat. Tabungan senilai tersebut juga dapat menolong seseorang untuk terhindar dari utang akibat situasi darurat.

4. Investasikan 15% dari Penghasilan untuk Dana Pensiun

Banyak yang belum mengerti bahwa dana pensiun itu sangatlah penting. Dana pensiun dapat membuat seseorang hidup lebih aman dan nyaman ketika memasuki usia senja. Semua orang tentu tidak ingin susah memikirkan masalah finansial apalagi ketika rambut mulai ditumbuhi uban.

Dave Ramsey meyarankan berinvestasi untuk dana pensiun tidak lebih dari 15% dari total penghasilan. Terlalu banyak berinvestasi di dana pensiun akan menyebabkan kebutuhan lain keteteran. Seperti yang diketahui, banyak kebutuhan lain selain dana pensiun seperti biaya kuliah anak, kebutuhan rumah tangga, tagihan-tagihan, yang juga penting untuk dipersiapkan.

Dave Ramsey juga menyarankan bahwa investasi untuk dana pensiun baiknya diinvestasikan dalam bentuk reksa dana yang jumlahnya dapat terus bertambah seiring waktu. Saran tersebut tentunya menghasilkan tantangan baru yaitu bagaimana cara memilih jenis reksa dana yang tepat agar tabungan pensiun aman dan dapat terus bertambah seiring waktu.

Di sisi lain, Profesor Kleiner menyatakan bahwa saran investasi Dave Ramsey merupakan saran yang masuk akal dan mudah. Bagian yang sulit adalah memutuskan jenis investasinya. Ada dua hal yang perlu diingat, yaitu pertama, seseorang dapat berinvestasi dalam saham ketika ia masih muda dan perlahan-lahan ia dapat memindahkannya ke aset yang lebih aman, contohnya obligasi.

Seperti yang diketahui, saham menawarkan pengembalian rata-rata yang tinggi. Di sisi lain, saham juga penuh dengan resiko. Seiring bertambahnya usia seseorang, seseorang harus mengambil risiko yang lebih sedikit sehingga ia tidak kehilangan uang tepat sebelum waktu pensiun. Kedua adalah, ketika memilih dana, fokuslah pada dana pasif. Dana aktif membutuhkan biaya yang lebih tinggi, namun jarang mengungguli portofolio pasar yang sederhana.

5. Simpan Dana untuk Kuliah Anak

Ada beberapa isu yang mengatakan bahwa seseorang haruslah hanya berfokus pada tabungan dana pensiun, dan bukan untuk kuliah anak-anak. Dalam isu tersebut juga dikatakan bahwa anak pasti akan menemukan rezekinya sendiri. Ada pula yang mengatakan bahwa biarkan anak mandiri dan belajar bertanggung jawab sehingga mencari uang sendiri untuk kuliah.

Dave Ramsey jelas  tidak memercayai isu-isu tersebut. Ia memiliki pandangan yang realistis tentang kuliah. Anak perlu kuliah dan ia tak ingin anak menjadi lulusan kuliah namun memiliki utang untuk dana kuliah. Bukannya menolong anak, hal tersebut malah menjerumuskan anak. Walaupun mendukung anak untuk kuliah, ia juga menyatakan untuk benar-benar teliti dalam memilih jurusan kuliah.

Pastikan jurusan yang dipilih membuka peluang karier yang bagus, sehingga akan ada pengembalian finansial dalam jangka panjang. Seperti yang diketahui, gaji antara sarjana dan bukan sarjana memang terpaut jauh. Kesenjangannya pun telah meningkat sejak tahun 1980.

Namun, di waktu yang sama biaya kuliahpun juga mengalami kenaikan. Akibatnya, gelar sarjana bisa menjadi jalan menuju pendapatan tinggi, tetapi juga bisa menjadi jalan menuju utang tinggi. Maka dari itu, seseorang harus realistis tentang prospek pendapatan masa depan mereka dan kemampuan mereka untuk melunasi pinjaman untuk biaya kuliah.

6. Bayar Secepatnya Hipotek Rumah

Setelah seseorang sudah melunasi semua utangnya, memiliki dana darurat yang mumpuni, menyisihkan 15% dari penghasilan untuk dana pensiun, dan memiliki rencana untuk berkontribusi pada biaya kuliah anak, inilah saatnya untuk melunasi hipotek rumah. Masukkan semua dana ekstra di luar anggaran yang telah dibuat untuk dibayarkan pada hipotek rumah, dan lunasi hipotek tersebut secepat mungkin. Itulah saran dari  Dave Ramsey.

Banyak orang berdebat apakah lebih baik membayar utang hipotek lebih awal atau tidak. Utang hipotek umumnya adalah utang murah dan bunga hipotek adalah pengurangan pajak bagi kebanyakan orang. Dave Ramsey menyarankan untuk membayar kontan hipotek rumah di muka.

Di sinilah banyak pakar keuangan tidak setuju dengan Dave Ramsey. Profesor Kleiner adalah salah satunya. Ia menyatakan bahwa lebih baik membayar hipotek sesuai kemampuan seseorang dan bisaa dilakukan dengan melunasinya melalui pembayaran hipotek bulanan daripada dibayar kontan. Hal tersebut disarankan mengingat mengingat manfaat pajak yang diberikan kepada pemegang hipotek.

7. Mengumpulkan Kekayaan dan Banyak-banyak Memberi

Setelah langkah satu hingga enam terwujud, maka seseorang dapat dikatakan sudah bisa merasakan kebebasan finansial. Seseorang sudah dapat bersantai dan terbebas dari segala jenis macam utang. Biaya kuliah anakpun juga sudah terjamin. Bahkan kehidupan di usia senja juga sudah terjamin oleh dana pensiun yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Oleh karena itu, seseorang di langkah terakhir ini hanya perlu menikmati hidup sambil mengumpulkan kekayaan-kekayaan tanpa perlu bekerja keras dan banyak-banyak memberi. Banyak-banyak memberi dan berlaku murah hati bisa menambah kebahagiaan. Seseorang di langkah ini bisa menimbun warisan untuk keturunannya kelak. Intinya, langkah ini merupakan hadiah bagi orang yang sudah disiplin menjalani langkah 1 hingga 6 dari 7 Baby Steps.

Itulah 7 langkah dari 7 Baby Steps dari Dave Ramsey. Tentunya, langkah-langkah tersebut tidak bisa direalisasikan dalam waktu yang singkat. Perlu ketekunan dan kedisiplinan untuk menciptakan kehidupan yang bebas finansial melalui 7 Baby Steps dari Dave Ramsey.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu “Dave Ramsey: 7 Baby Steps”, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
Barang Mahal yang Layak Dibeli
Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial
Tip Keuangan bagi Keluarga Muda
13 Saran Menabung Bagi Anak Muda Generasi Milenial
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Tips Keuangan untuk Anak Muda
Nasihat Keuangan untuk Anak Muda Zaman Now
Apa Penyebab Susah Menabung?
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk


Bagikan Ke Teman Anda