Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Defisit Negara?

Ketika Anda mendapatkan gaji Anda setiap bulan maka gaji itu Anda belikan untuk apa saja? Atau pernahkah Anda membelanjakan uang Anda sampai uang tersebut habis padahal belum waktunya gajian kembali? Hal ini memang sering terjadi utamanya pada mereka yang baru saja bekerja dan mendapatkan gaji pertamanya.

Sehingga pengeluaran yang terjadi lebih banyak daripada pemasukan yang ia miliki. Masalah pengeluaran yang lebih besar daripada penghasilan tidak hanya terjadi pada perseorangan saja. Namun hal ini juga bisa terjadi pada sebuah negara yang biasanya di sebut sebagai defisit. Masalah seperti ini memang masalah yang cukup wajar bagi beberapa negara.

Definisi Defisit

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) defisit artinya kekurangan (dalam anggaran belanja. Sedangkan definisi defisit secara lengkap adalah suatu keadaan yang terjadi ketika sebuah negara atau organisasi mengalami pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukannya. Sehingga kondisi kas suatu negara berubah cukup drastis seiring dengan pengeluaran yang tidak terkontrol ini.

Biasanya suatu negara akan mengatur atau merencanakan seluruh pengeluarannya di awal tahun dan perencanaan ini berlaku untuk satu tahun. Seperti di Indonesia, badan negara yang mengatur mengenai pengeluaran negara ini adalah APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Di Indonesia ketika sudah mengalami defisit maka pemerintah akan meminjam uang ke Bank Indonesia ataupun mencetak uang baru.

Penyebab Defisit

Defisit yang terjadi pada suatu negara tentunya emiliki penyebabnya sendiri. Bahkan mungkin setiap negara memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa defisit ini bisa terjadi pada negara tersebut.

Sedangkan penyebab defisit pada suatu negara secara umum adalah sebagai berikut ini.

  1. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi

Meskipun APBN sudah di tetapkan satu tahun sebelumnya, namun penerapannya tidak selalu sama. Biasanya defisit terjadi ketika sebuah negara ingin mempercepat pertumbuhan ekonomi yang ada di negara tersebut. Langkah mempercepat pertumbuhan ekonomi ini bisa berupa pembangunan infrastruktur yang otomatis membutuhkan dana lebih karena di luar perencanaan.

  1. Rendahnya daya beli masyarakat

Pada teori sistem ekonomi, maka kegiatan ekonomi bisa di lakukan oleh pemerintah lalu di beli oleh masyarakat. Dimana untuk negara dengan daya beli masyarakat yang rendah seperti di Indonesia maka akan lebih mudah terkena defisit. Jika daya beli masyarakat rendah maka dana yang masuk ke kas negara juga lebih sedikit.

  1. Lemahnya exchange rate

Sejak Tahun 1969 Negara Indonesia sudah melakukan pinjaman ke luar negeri. Dimana cara perhitungan nilai pinjaman sesuai dengan valuta asing. Sedangkan untuk bunga pinjaman dihitung pada nilai rupiah. Jadi ketika depresiasi mata uang rupiah terjadi maka bunga pinjaman juga meningkat. Alhasil kas negara menjadi berkurang dan Indonesia mengalami defisit keuangan.

  1. Realisasi tidak sesuai dengan rencana

Tidak hanya pengeluaran saja, suatu negara juga merencanakan pendapatannya selama setahun. Dimana jika realisasi pendapatan ini tidak sesuai rencana maka proyek pembangunan yang sedang berlangsung harus di kurangi modalnya. Biasanya daripada mengurangi modal pembangunan maka pemerintah akan lebih memilih mengambil saldo di kas negara.

  1. Pengeluaran ketika terjadi inflasi mata uang

Inflasi mata uang masih menjadi masalah utama di Indonesia. Dimana inflasi ini juga bisa menyebabkan defisit keuangan Negara Indonesia. Ketika awal tahun APBN untuk pengeluaran sudah di tetapkan sesuai dengan nilai tukar mata uang yang berlaku. Namun saat terjadi inflasi mendadak maka pengeluaran secara tiba-tiba juga tidak bisa dihindari.


Dampak Defisit

Adapun dampak dari defisit terhadap suatu negara adalah:

  1. Naiknya suku bunga

Saat defisit terjadi maka ini artinya pemerintah kekurangan modal untuk membiayai pengeluaran yang terjadi pada masyarakat. Sehingga bank sentral akan meningkatkan suku bunga bank jadi masyarakat tertarik untuk menyetorkan uangnya di bank.

  1. Harga barang dan jasa meningkat

Dampak dari defisit berikutnya adalah bisa membuat harga barang dan jasa menjadi naik. Ini karena pemerintah butuh dana lebih untuk mencukupi biaya pembangunan dan lainnya. Dengan harga barang dan jasa yang meningkat maka defisit bisa teratasi dan pemerintah memiliki pemasukan yang lebih.

  1. Konsumsi dan tabungan

Dari dampak kedua tadi, ketika harga barang dan jasa mengalami kenaikan maka tingkat konsumsi masyarakat mengalami penurunan. Begitupun dengan tabungan mereka yang mulai diambil untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari. Dengan begini maka investasi di bank juga berkurang. Dan yang paling buruk adalah negara kehilangan sumber pendapatannya.

  1. Pengangguran meningkat

Ketika pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan maka pemerintah akan membatasi biaya pembangunan. Dimana hal ini tidak jarang membuat pembangunan tersebut justru berhenti sebelum selesai. Karena banyak pembangunan yang terhenti maka pekerja juga akan diliburkan untuk sementara. Alhasil akan mulai banyak pengangguran yang muncul di Indonesia.

Cara Mengatasi Defisit Pada Anggaran Negara

Sedangkan cara mengatasi defisit yang terjadi pada anggaran negara, yaitu:

  1. Penghasilan negara

Ketika defisit sudah terjadi maka negara akan melakukan beberapa hal untuk mengatasi defisit pada anggaran ini. Seperti meminjam dari bank luar negeri maupun dalam negeri, menerbitkan obligasi baru, hingga meningkatkan biaya pajak yang ada di masyarakat.

  1. Pengeluaran negara

Cara untuk mengatasi defisit pada anggaran negara maka sebuah negara harus mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Maupun melakukan evaluasi terhadap pengeluaran yang sudah melebihi batasannya ini.

Nah itu tadi definisi defisit secara lengkap beserta dampak dan cara mengatasinya. Tentunya tidak hanya Indonesia yang sering mengalami masalah keuangan ini. Namun banyak negara di seluruh di dunia yang mengalami defisit anggaran.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu defisit negara, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
20 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya
10 Negara Paling Banyak Utang Luar Negeri
10 Negara dengan Jumlah Pengangguran Besar
10 Negara Paling Suka Minum Susu
10 Alasan Sebuah Negara Memindahkan Ibu Kotanya
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
10 Negara Paling Suka Minum Bir
10 Negara Paling Boros Listrik


Bagikan Ke Teman Anda