Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Deposito?

#deposito #tip keuangan

Untuk berinvestasi tentunya kita telah banyak mengenal berbagai macam investasi, salah satunya adalah investasi deposito. Deposito sudah tidak asing bagi telinga kita. Produk perbankan yang bertujuan untuk investasi ini seolah sudah banyak menjadi bahan dan pembicaraan sehari-hari. Namun terkadang banyak dari kita yang belum benar-benar paham apakah deposito itu dan apakah perbedaannya dengan simpanan dengan bunga besar lainnya yang banyak dikeluarkan pihak perbankan dewasa ini.

Sebelum kita membahas dan membelah isi secara singkat dan jelas seputar deposito, ada baiknya kita berbicara tentang sistem sirkulasi yang ada di dunia perbankan. Seperti diketahui, bank adalah tempat usaha finansial yang menyediakan jasa untuk penyimpanan dana kita agar aman. Dalam artian, apabila kita menyimpan dana di dalam rumah atau disuatu tempat, kemanannya sudah pasti tidak terjamin. Bukan berarti dana kita akan aman seratus persen aman apabila kita simpan di bank, akan tetapi karena perbankan haruslah berbadan hukum dan diawasi semua pergerakan usahanya oleh pemerintah, maka simpanan kita akan relative lebih aman.

Selain menerima simpanan, bank juga akan mengeluarkan pinjaman kepada nasabahnya berupa pinjaman dana untuk berbagai macam keperluan. Sebagai balas jasa atas usaha pinjaman yang telah diberikan kepada kita, pihak bank memberikan bunga sebagai laba dari pinjaman modal tersebut. Sedaangkan bagi nasabah yang menyimpan dananya pada bank, bank dengan senang hati akan memberikan bunga kepada nasabah, akan tetapi Bunga yang diberikan relatif lebih kecil dari bunga pinjaman yang dikeluarkan oleh bank.

Berpijak dari sistematika yang ada ini, maka bank mengeluarkan produk investasi yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Simpanan atau tabungan berjangka, yang dimaksud berjangka disini adalah simpanan tersebut memiliki batas waktu yang telah disepakati oleh nasabah dan pihak bank. Untuk dapat diambil atau dicairkan pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga pemilik dana tidak boleh mengambil atau mengakses dana tersebut sebelum waktu yang ditentukan. Apakah keuntungan tabungan berjangka ini bagi pihak bank?

Sudah jelas dalam dunia perbankan bank akan memiliki kepastian waktu untuk melipat gandakan tabungan kita yang sudah kita simpan pada bank tersebut. Nah, karena nasabah bersedia memiliki komitmen dengan pihak bank untuk menyimpan danannya dalam jangka waktu tertentu dan tidak boleh melakukan akses akan dana tersebut selama waktu yang ditentukan maka bank akan memberikan kompensasi berupa bunga yang lebih tinggi daripada tabungan yang biasanya.

Sekilas pengertian dari deposito adalah simpanan dana tabungan yang memiliki jangka waktu tertentu untuk dapat dicairkan dengan bunga yang kompetitif. Itulah definisi deposito tersebut. Pada umumnya bank akan memberikan jangka waktu bervariasi bergantung pada kebutuhan nasabah itu sendiri. Jangka waktu deposito pada umunya terdiri dari 1, 3, 6 dan 12 bulan.

Pemberian Bunga yang Berbeda

Perlakuan pemberian bunga deposito sangat berbeda dengan produk tabungan regular atau tabungan pada umumnya. Pemberian bunga pada produk tabungan akan diberikan pada setiap akhir bulan dan jumlahnya pun sangat kecil. Berbeda dengan deposito yang memiliki bunga lebih besar dari produk tabungan. Akan tetapi perhitungan bunganya adalah dalam satu tahun. Untuk mempermudah pengertian kita terhadap perhitungan bunga deposito, kita dapat membuat sebuah permisalan sebagai berikut. Suatu missal kita mempunyai investasi deposito senilai 50 juta pada bank “A” dengan tingkat suku Bunga 6% per tahunnya.

Kita memilih untuk menginvestasikan dana kita dengan rentan waktu 3 bulan. Setelah 3 bulan kita mencoba untuk menarik dana kita kembali karena waktu yang sudah kita pilih sebelumnya. Jadi perhitungan bunga dari deposito adalah sebagai berikut. Dana awal 50 juta yang kita setorkan, dikalikan dengan bunga yang tertera dan dikalikan dengan lama waktu (hari). karena kita mengambil waktu 3 bulan maka sama dengan 91 hari, untuk kemudian hasil dari perkalian tersebut dibagi dengan 365 hari yang mewakili jumlah hari dalam satu tahun.

Dapat ditemukan hasil awal dari perkalian sebelumnya adalah 273.000.000 kemudian dibagi dengan 365 maka hasilnya adalah 747.945 rupiah. Begitulah perhitungan suku bunga pada deposito, berbeda dengan tabungan regular yang hanya akan memperoleh bunga rendah akan tetapi akan diberikan perhitungannya pada setiap akhir bulan. Sedangkan deposito akan diberikan pada saat akhir dari waktu yang disepakati dengan perhitungan bunga dalam satu tahun. Hasil perhitungan bunga tersebut akan dikurangi dengan pajak yang pada umunya adalah berkisar 20%.

Pada investasi deposito dana kita tidak akan di kurangi oleh biaya administrasi apapun, sehingga dana kita akan aman dan tidak berkurang. Berbeda dengan tabungan regular yang masih akan berkurang oleh biaya adaministrasi bank tiap bulannya. Walaupun beberapa produk tabungan telah meniadakan biaya administrasi apabila saldo kita dalam jumlah nominal tertentu. Akan tetapi bunga dari deposito akan dipotong oleh pihak bank berupa pajak.

Cara Membuka Deposito

Begitulah deposito bekerja dan perhitungan bunganya, apakah Anda berminat untuk membuka rekening deposito? Caranya cukup mudah, pilih bank mana yang merasa cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Kunjungi bank tersebut dengan membawa kartu identitas lengkap. Bukalah rekening pada bank tersebut dan selanjutnya Anda sudah dapat memiliki rekening deposito pada bank tersebut.

Keuntungan Deposito

Deposito mempunyai banyak keuntungan antara lain adalah bunga yang tetap setiap tahunnya dengan jumlah suku bunga yang lebih besar, sehingga kita dapat mempunyai kepastian dalam perhitungannya. Selain itu deposito tidak memiliki biaya administrasi yang akan memotong pokok dari dana kita. Akan tetapi tetap akan dikenakan pajak pada bunga yang akan kita terima dan bukan pokok dari dana kita. Deposito adalah investasi yang aman karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) milik pemerintah dengan angka maksimal sebesar 2 miliar. Selain sebagai investasi, deposito juga bisa dijadikan sebagai jaminan kredit pada bank. Tunggu apalagi segeralah berinvestasi deposito.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang seputar deposito, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.