Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Gaya Hidup “Creep” dan Bagaimana Menghindarinya

Gaya hidup creep adalah gaya hidup yang mengacu pada kondisi dimana pendapatan sesorang meningkat atau tagihan kredit mereka menurun secara drastis. Saat membawa pulang pendapatan yang lebih banyak dari biasanya, gaya hidup seseorang dapat naik seiring dengan kelebihan dana yang mereka miliki.

Saat hal itu tejadi, maka akan lebih banyak uang yang digunakan untuk memenuhi gaya hidup seseorang. Ini berarti, barang yang dulunya dianggap mewah sekarang dianggap sebagai kebutuhan belaka.

Apakah Anda termasuk yang mengalami gaya hidup creep ini?

Berikut adalah sejumlah tanda-tanda yang bisa dilihat untuk memastikan bahwa Anda mungkin saja terjangkiti gaya hidup creep.

  • Adanya peningkatan gaya hidup

Coba lihat peningkatan gadget, paket data, dan langganan tv kabel yang sebenarnya tidak diperlukan.

Apakah konsumsi makanan Anda lebih banyak (dan lebih mewah tentunya), dan apakah Anda lebih sering membeli pakaian?

Jika Anda mulai menemukan bahwa hal-hal yang dulu “sangat diinginkan” sekarang dianggap sebagai suatu kebutuhan, dan Anda sering menghambur-hamburkan uang untuk mentraktrik beberapa teman, maka ada baiknya untuk segera mempertimbangkan kembali anggran Anda.

Kembalilah pada masa-masa awal perjuangan Anda seperti kebiasaan membuat kopi dari rumah untuk dibawa ke kantor, alih-alih mampir ke kedai kopi untuk membeli secangkir kopi yang sama dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Kebiasaan “mampir” itulah yang kerap kali tidak kita sadari dapat menambah pengeluaran kita dari waktu ke waktu. Adalah lebih baik untuk menabung kelebihan uang dari selisih yang ada untuk dibelanjakan sesuatu yang lebih penting.

  •  Memiliki Lebih Banyak Barang yang Tidak Terpakai

Coba amati satu ruangan di dalam rumah Anda, jika Anda menemukan beberapa barang yang tersimpan lama di dalam lemari atau sudut ruangan (tanpa pernah disentuh), maka itu tandanya Anda harus memikirkan kembali fungsi barang-barang tersebut di rumah Anda.

Aturan yang harus selalu Anda pegang saat ingin membeli barang adalah “jangan pernah membeli apa pun kecuali Anda siap untuk menyingkirkan salah satu barang yang Anda miliki saat ini”.

  • Turunnya tujuan keuangan

Ketika Anda hidup dengan anggaran yang ketat, Anda mungkin memiliki beberapa tujuan keuangan yang serius.

Coba diingat-ingat lagi, apakah tujuan-tujuan tersebut masih dalam jalurnya, atau kah Anda sudah melupakan mereka dengan cara mengeluarakan uang untuk hal-hal yang remeh?

Tinjaulah tujuan keuangan itu kembali dan pastikan Anda tetap fokus untuk meraihnya, jika tujuan tersebut memang benar telah tercapai, maka buatkah fokus baru yang lebih tinggi dan menantang.

  • Anda mulai mengabaikan anggaran

Jika suatu anggaran terabaikan, maka hal itu bisa saja terjadi karena Anda tidak membuatnya secara efektif.

Anda dapat mengelola kembali anggaran Anda jika Anda mulai mendapatkan tambahan dana, tetapi tetap penting untuk menjaga fokus agar Anda tidak serta merta mengahabiskan uang untuk hal-hal yang tidak mampu Anda bayar.

Cara Menghindari Gaya Hidup Creep

  • Tuliskan tujuan Anda

Tuliskan tujuan Anda dan simpan dalam suatu tempat yang mudah untuk ditemukan, sehingga sewaktu-waktu Anda bisa membukanya dan melihat kemajuan Anda.

Jadikan tujuan ini sebagai prioritas utama dalam hidup Anda dan sesuaikan gaya hidup Anda dengan sasaran-sasaran ini sehingga Anda berhasil untuk mencapainya.

  • Selalu sisihkan uang untuk menabung

Berapa banyak pun Anda dibayar, selalu ingat untuk menyisihkannya pada tabungan sebelum hal lain datang menggoda.

Putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda hemat dari setiap pendapatan dan jadikan itu sebagai kebiasaan. Sehingga ketika  hal ini sudah menjadi mekanisme otomatis dalam diri Anda, cobalah untuk meningkatkan jumlah uang yang Anda simpan.

  • Pilih hadiah gratis untuk diri sendiri

Mungkin suatu saat Anda ingin memberi hadiah untuk diri Anda sendiri, cobalah untuk memilih sesuatu yang gratis seperti melihat tayangan tv favorit sepanjang hari, memasak kue untuk keluarga dan teman, atau berjalan-jalan di taman dekat rumah.

Kadang kala hadiah yang didapatkan secara gratis memberi efek sama dengan hadiah semacam gadget, shopping, atau liburan mahal.

  • Sisihkan uang untuk hiburan Anda

Menyisihkan uang untuk ditabung memang menghabiskan energi kita, maka untuk mengimbanginya, sisihkan pula sedikit pendapatan Anda tersebut untuk diri Anda sendiri.

Namaun yang perlu diingat adalah bagaiman cara kita menghargai diri sendiri dengan bijaksana.

Dengan adanya dana ini, maka ketika ada seseorang yang mengajak Anda pergi ke kafe atau shopping, Anda tidak perlu bersembunyi dan menghindarinya. Nikmati saja hari  Anda dengan dana yang sudah Anda kumpulkan sendiri.

 

  • Saat mengalami peningkatan pendapatan, lakukan perubahan gaya hidup secara bertahap

Jjika Anda baru saja mendapatkan kenaikan gaji dan ingin menganggarkannya untuk pergi makan siang atau makan malam setiap minggu bersama pasangan, maka lakukan saja hal itu.

Namun jika Anda memiliki daftar yang terlalu panjang mengenai hal-hal yang diinginkan, cobalah untuk tenang dan bersabar.

Mulailah dengan perlahan, beberapa hal lain yang tidak terlalu penting bisa menunggu untuk mendapat gilirannya.

  • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Ketika memiliki dana lebih, Anda mungkin sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Untuk menggaris bawahi antara kebutuhan dan keinginan, coba renungkan kalimat berikut ini: Bahwa yang merupakan kebutuhan seseorang untuk bertahan hidup adalah tempat tinggal, makanan dan minuman, perawatan kesehatan, serta pakaian.

Apa pun yang melebihi hal-hal tersebut sejatinya merupakan keinginan.

  • Tetaplah berhemat

Setiap kali melihat diskon sebuah produk yang terpampang di etalase toko, mungkin Anda akan berpikir bahwa dengan membeli barang tersebut Anda sudah melakukan penghematan.

Tunggu dulu, coba pikirkan sekali lagi, apakah barang yang didiskon tersebut benar-benar Anda butuhkan?

Jika tidak, maka tidak perlu memaksakan diri untuk membelinya.

  • Jaga hobi lama Anda yang murah

Jika Anda memiliki hobi yang murah seperti bersepeda atau berkumpul bersama teman untuk memainkan aneka permainan papan, maka teruskan hobi tersebut.

Tidak ada alasan untuk melepaskan hobi yan murah dan menyenangkan tersebut hanya karena Anda dapat membiayai hobi yang lebih mewah.

Sebenarnya Anda layak untuk merayakan prestasi dan menikmati kesuksesan diri sendiri, namun lepas kontrol dan mengabaikan sejumlah pertanda akan menggiring Anda masuk ke dalam gaya hidup creep.

Sebaliknya, disiplin finansial, mempelajari cara berhemat dan mempertahankan gaya hidup sederhana akan membantu meraih tujuan hidup yang sudah Anda idamkan sejak lama.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang gaya hidup “creep” dan bagaimana menghindarinya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Tips Mengubah Gaya Hidup agar Lebih Hemat
Makan Makanan Sehat dengan Budget Rendah
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
Perubahan Gaya Hidup yang Menghemat Uang
Apa Untung Rugi Belanja Secara Grosir?
Apa yang Harus Dilakukan jika Sertifikat Tanah Hilang?
10 Tips Investasi untuk Pemula
5 Alasan Mengapa Bisnis Baru Sering Gagal
Hal Tabu yang Tidak Boleh Dilakukan Entrepreneur
Cara Mengajari Anak Hidup Sederhana


Bagikan Ke Teman Anda