Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Kebutuhan Primer?

Manusia yang hidup di bumi pasti memiliki kebutuhan. DI jaman pra sejarah, kebutuhan manusia hanya sekadar kebutuhan dasar seperti makan, tempat tinggal, dan berkembang biak. Saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan manusia pun meningkat dengan pesat. Kita membutuhkan kendaraan, liburan, pakaian yang keren, kamera, hingga gadget yang up to date. Saking banyaknya keinginan, beberapa dari kita malah menampikkan kebutuhan dasar.

Misalnya, seorang karyawan yang mendahulukan membeli kendaraan daripada tempat tinggal. Baginya, kendaraan lebih penting padahal tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar. Atau seorang yang ketika mendapatkan gaji pertama malah membeli gadget dan bukan pakaian. Keinginan mengaburkan batasan antara mana yang kebutuhan dasar dan mana yang bukan.

Kebutuhan Primer : Pengertian Dasar

Secara harfiah, Kebutuhan Primer merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia. Jika kebutuhan dasar manusia ini tidak terpenuhi, maka manusia akan menderita.
Secara garis besar, ada tiga jenis kebutuhan primer, yaitu :

  • Kebutuhan Akan Sandang

Sandang adalah kebutuhan dasar yang diperlukan oleh manusia. Dengan sandang, manusia terlindungi dari rasa panas, dingin, sengatan sinar matahari hingga gangguan binatang seperti nyamuk dan lainnya.

Selain itu sandang juga dapat menunjukkan tingkat kebudayaan manusia atau tingkat kebudayaan suatu masyarakat di satu daerah. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa daerah di Indonesia yang masih memiliki suku yang belum modern sehingga minim dalam berpakaian; beberapa di antaranya malah tidak mengenakan pakaian sama sekali.

  • Kebutuhan Akan Pangan

Dibandingkan sandang, sebenarnya kebutuhan akan pangan lebih crucial bagi manusia. Bayangkan saja bila manusia tidak makan atau minum selama beberapa waktu. Apakah manusia dapat terus hidup?

Dilansir dari Detik.com, secara fisik manusia dapat hidup tanpa makanan selama 8 minggu, dengan catatan masih mengkonsumsi air.

Sedangkan secara fisik, manusia dapat bertahan hidup tanpa air maksimal hingga 3 sampai 5 hari. Pertahanan manusia menjadi demikian lemah jika kekurangan air. Hal ini karena tubuh manusia dan organ-organ di dalamnya, memang membutuhkan air agar dapat bekerja dengan baik. Termasuk otak. Air dibutuhkan otak untuk ‘mendinginkan’ kerja otak yang berat. Jika otak terlalu panas tanpa ada media yang mendinginkan seperti air, maka ia akan terkena heat stroke. Atau yang lebih parah, otak akan mengalami kerusakan permanen yang tidak dapat diperbaiki.

Sehingga dalam kebutuhan pangan, tingkat kebutuhan manusia akan air jelas lebih crucial daripada kebutuhan manusia akan makanan. Sehingga patut diingat bahwa minum air putih 8 gelas sehari jangan dianggap remeh ya, readers.

  • Kebutuhan Akan Papan

Papan adalah istilah umum dari tempat tinggal. Anda tidak harus memiliki rumah untuk memenuhi kebutuhan Papan. Bisa saja anda tinggal di rumah orang tua, mengontrak rumah, menyewa apartemen atau numpang di rumah saudara. Dimanapun anda tinggal, di akhir hari, semua manusia – tanpa terkecuali – membutuhkan tempat untuk pulang sebagai tempat untuk beristirahat dan melindungi diri dari ancaman cuaca dan lainnya.

Kebutuhan Primer : Kenyataan Saat Ini

  • Kebutuhan Sandang

Dalam memilih pakaian, tentu kita melihat fungsi dan tingkat kenyamanannya. Namun beberapa orang dan masyarakat, mengaitkan sandang dengan status sosial yang mereka miliki. Sehingga tak heran, jika beberapa kalangan terlihat bangga menggunakan pakaian dengan merek tertentu, dan merasa bangga jika orang lain tahu bahwa mereka menggunakan pakaian dengan merek tertentu.

Meski memang ada sebagian orang yang membeli pakaian mahal karena lebih nyaman digunakan daripada pakaian yang murah, namun ada juga yang membeli pakaian mahal karena meletakkan kebanggaan diatas kenyamanan.

Namun yang unik kaum millenials, seolah kembali lagi ke anggapan dasar bahwa pakaian digunakan karena fungsinya dan tingkat kenyamanan. Banyak diantara mereka yang mencontoh mark Zuckerberg atau Steve Jobs yang tetap berpakaian sederhana meski mereka memiliki kekayaan yang luar biasa.

  • Kebutuhan Akan Pangan

Indonesia dahulu memperkenalkan porsi makan 4 sehat 5 sempurna. Isi makanan ini terdiri dari sejumlah karbohidrat, protein, sayur, telur, buah ditambah dengan susu. Namun saat ini, banyak dari kita sudah tak peduli mengenai keseimbangan ini. Kita mulai mengenal makanan instan, junk food, jajanan pasar dengan komposisi nutrisi yang tak seimbang.

Beberapa orang menganggap Indomie sebagai salah satu pangan pokok. Sedangkan beberapa orang lagi bahkan memilih makanan berdasarkan prestise atau tidak makanan yang akan dimakan. Dengan gejala media sosial saat ini, merupakan suatu kebanggaan bila bisa menikmati makanan mahal lalu memamerkannya di media sosial.

  • Kebutuhan Akan Papan

Memiliki rumah merupakan dambaan setiap orang di masa ini. Harga properti yang melambung tinggi membuat banyak orang tak mampu memiliki tempat tinggal sesuai yang mereka inginkan. Karena itulah lalu populer tempat tinggal dengan space terbatas seperti apartemen, kos-kosan, bedeng dan lainnya. Pemilihan lokasi juga menentukan harga dari properti yang ditawarkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebutuhan primer, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Apa Itu Kebutuhan Sekunder? Berikut Contoh dari Kebutuhan Sekunder yang Sifatnya Subyektif
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis


Bagikan Ke Teman Anda