Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Kredit Sindikasi?

Apakah Anda pernah penasaran mengenai darimana para investor atau pemilik perusahaan besar mendapatkan uang untuk membangun sebuah perusahaan? Uang yang dimiliki oleh para pemilik perusahaan ini memang bisa berasal dari pinjaman pada sebuah bank. Namun Anda tentunya tahu jika jumlah pinjaman uang yang bisa dipinjam pada satu bank sangat terbatas.

Sebab hampir seluruh bank maupun koperasi simpan pinjam di Indonesia akan memberikan pinjaman sesuai harga jaminan yang diserahkan. Lalu darimana para investor ini mendapatkan modal yang sangat banyak? Jawabannya adalah dari kredit sindikasi. Jenis kredit satu ini memang sudah digunakan di Indonesia sejak lama.

Pengertian Kredit Sindikasi

Bagi Anda yang merupakan seorang mahasiswa ekonomi pasti sudah tahu mengenai kredit sindikasi. Kredit sindikasi adalah sebuah pinjaman atau kredit yang di berikan oleh beberapa bank sekaligus kepada seorang debitur atau peminjam uang. Alasan mengapa diberikan oleh banyak bank karena jumlah uang pinjaman terlalu banyak jika di cover hanya dari satu bank saja.

Dengan kata lain kredit sindikasi merupakan sebuah pinjaman yang melibatkan beberapa bank sekaligus dan satu debitur dalam satu jenis kredit tersebut. Biasanya kredit sindikasi diberikan kepada debitur yang memerlukan pinjaman uang untuk melakukan kredit investasi (KI) maupun kredit modal kerja (KMK).

Meskipun kredit di berikan oleh beberapa bank sekaligus namun bukan berarti pinjaman tersebut tidak memiliki bunga. Kredit sindikasi tetap berbunga dan jumlah besaran bunga sesuai dengan perjanjian yang sudah di setujui sebelumnya. Begitupun dengan waktu pelunasan pinjaman harus sesuai dengan perjanjian kredit yang sudah di tandatangani antara semua bank pemberi pinjaman dengan debitur.

Namun perlu Anda ketahui jika kredit indikasi tidak bisa di berikan ke sembarang debitur. Sebab hanya debitur tertentu yang sudah memenuhi persyaratan kredit lah yang bisa mendapatkan kredit sindikasi. Biasanya debitur yang disetujui untuk mengajukan kredit sindikasi adalah para investor dan pengusaha ternama yang memang memiliki catatan usaha yang bagus.

Alasan Dibuatnya Kredit Sindikasi

Nyatanya kredit sindikasi tidak hanya ada di Indonesia namun sudah mencapai perbankan internasional. Ini artinya kredit sindikasi memang sangat di butuhkan oleh setiap debitur yang ada di seluruh dunia. Memang manfaat kredit sindikasi sangatlah banyak utamanya untuk pengusaha yang sudah sukses dan ingin kembali mengembangkan usahanya.

Adapun alasan mengapa ada kredit sindikasi adalah:

  1. Banyak perusahaan yang membutuhkan kredit sindikasi

Alasan pertama dari dibuatnya kredit sindikasi karena banyak perusahaan yang membutuhkan jenis kredit satu ini. Dimana tidak hanya perusahaan milik swasta saja yang menggunakan kredit sindikasi. Namun perusahaan nasional, multinasional, dan milik pemerintah banyak yang memakai kredit sindikasi.

  1. Resiko pinjaman lebih kecil

Jumlah uang yang di pinjamkan pada kredit sindikasi memang terhitung besar mengingat perusahaan lah yang membutuhkan kredit ini. Karena kredit sindikasi melibatkan banyak bank maka resiko pinjaman menjadi lebih kecil. Dimana jika debitur tidak membayar maka kerugian yang di derita setiap bank tidak terlalu besar.

  1. Jumlah dana yang dibutuhkan terlalu besar

Sudah di singgung sebelumnya diatas jika kredit sindikasi melibatkan banyak bank karena jumlah pinjaman sangatlah banyak. Dan hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa kredit sindikasi di terapkan. Dengan penggabungan beberapa bank menjadi satu maka jumlah dana yang dibutuhkan sebuah perusahaan bisa terpenuhi.

  1. Meningkatkan jumlah debitur

Biasanya setiap bank yang mau menjadi bagian dari kredit sindikasi ini maka peminjam uang individu di bank tersebut bisa meningkat drastis. Hal ini dikarenakan citra bank tadi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sehingga peminjam uang pun lebih percaya ke bank tersebut untuk meminjam sejumlah uang.

Keuntungan Bank Pemberi Kredit Sindikasi

Tidak hanya untuk debitur, kredit sindikasi juga memberikan beberapa keuntungan kepada bank yang menyediakan kredit sindikasi ini. Adapun keuntungan bank pemberi kredit sindikasi adalah:

  1. Bank dikenal pada pasar kredit sindikasi

Dalam pasar kredit sindikasi tidak semua bank bisa masuk ke dalamnya. Namun bagi bank yang berhasil memberikan kredit tadi maka bank ini menjadi terkenal di pasar kredit sindikasi. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa nasabah baru yang membutuhkan kredit sindikasi melirik bank ini.

  1. Proses pembelajaran untuk bank

Keuntungan kedua bagi bank yang menyediakan kredit sindikasi ialah bisa menjadi ajang pembelajaran mengenai kredit sindikasi atau learning process syndicated loan.

  1. Fee Based Income meningkat

Bank yang menyediakan kredit sindikasi juga bisa mendapatkan fee based income atau pendapatan tambahan yang berasal dari fee yang diberikan oleh debitur.

  1. Kerja sama jangka panjang

Biasanya bank yang memberikan kredit sindikasi ini bisa melakukan kerja sama jangka panjang dengan perusahaan.

  1. Mengatasi masalah BMPK dan resiko kerugian

Keuntungan kelima dari bank yang masuk ke kredit sindikasi adalah mengatasi masalah BMPK (Batas Maksimal Penyaluran Kredit) sekaligus mengurangi resiko kerugian untuk setiap bank.

Pihak yang Ada di Kredit Sindikasi

Pada kredit sindikasi tidak hanya melibatkan 2 pihak saja namun sampai 3 pihak. Diantaranya adalah:

  1. Peminjam (debitur)

Tentunya pihak pertama yang ada di kredit sindikasi ini adalah peminjam (debitur). Dimana debitur bisa memilih bank yang akan ia jadikan sebagai sumber kredit sindikasi.

  1. Bank penyedia kredit sindikasi

Tentunya apabila ada debitur maka ada bank yang menjadi peserta di kredit sindikasi. Bank berhak menentukan jumlah bunga dan tenggat waktu peminjaman uang.

  1. Manajer sindikasi

Pihak ketiga yang ada di kredit sindikasi adalah manajer sindikasi. Peran manajer sindikasi di singkat menjadi 4S yaitu Sourcing, Structuring, Selling, dan Servicing.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai kredit sindikasi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu kredit sindikasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Siapa Itu Fitch Rating?
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil
Tip-tip dalam Kredit Mobil
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
Bagaimana Bila Kartu Kredit Hilang
Cara Kredit Mobil
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Apa yang Harus Dilakukan Apabila Kartu Kredit Expired?


Bagikan Ke Teman Anda