Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Old Money?

Apa itu Old Money? Jangan pernah menjawab pertanyaan ini dengan menerjemahkanya. Old Money bukanlah ‘uang yang tua’, melainkan istilah yang mengacu pada kekayaan warisan yang sudah diturunkan selama beberapa generasi. Istilah old money kebalikannya adalah nouveau riche atau new money. New money juga kerap disebut dengan istilah parvenus.

Amerika Serikat dan Inggris memiliki definisi sedikit berbeda mengenai Old Money. Di negara kerajaan Ratu Elizabeth, Old Money lebih merujuk kepada para bangsawan. Seperti Dukes, Earl, Marquesses, Baron, dan Viscounts. Para bangsawan tersebut telah menjadi bagian dari tuan tanah selama berabad-abad sehingga disebutlah sebagai old money.

Old Money Merupakan Kebalikan “Nouveau Riche

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, old money merupakan kebalikan dari nouveau riche atau new money. Bisa juga kebalikan tersebut diartikan dengan istilah “orang kaya baru”.  Secara historis, orang kaya baru merupakan orang-orang yang memperoleh kekayaan secara signifikan di abad ke-19. Misalnya saja Rockefeller dan sejumlah industrialis lainnya.

Namun di selama abad ke-20, Rockefeller serta keluarga terkait berubah statusnya menjadi old money. Sedangkan new money pada akhirnya memiliki kekayaan yang melampaui para Rocefeller dan orang-orang yang satu zaman dengan mereka.

Secara umum, old money merupakan mereka yang telah mewarisi kekayaan. Sedangkan new money memperoleh kekayaannya di generasi sekarang. Dari definisi tersebut bisa disimpulkan dengan logika, Gates dan Zuckerberg merupakan new money atau orang kaya baru. Sementara Kennedy dan Rockefeller merupakan old money.

Namun tetap saja pada saat Kennedy memperoleh kekayaannya, ia tetaplah disebut sebagai orang kaya baru atau old money. Sedangkan Rockefeller masih disebut sebagai old money.

Old money bisa digunakan untuk istilah yang menggambarkan kekayaan multi-generasi. Atau bisa diartikan sebagai harta warisan yang asal-usulnya sudah puluhan tahun. Jadi jika Anda bukanlah dari kalangan Bush, Rockefeller, Du Pont, atau dari kalangan bangsawan Inggris, maka Anda tidak bisa dikatakan sebagai old money.

Old Money di Amerika Serikat

Berbeda dengan Inggris, old money lebih mengacu kepada keluarga kaya yang sudah turun temurun selama beberapa generasi namun tidak harus dari kalangan bangsawan. Sebenarnya antara Inggris dan Amerika mendefinisikan old money sebagai orang kaya yang sudah dari dulu.

Hanya saja untuk subjeknya sedikit mengalami perbedaan. Menurut Kamus Macmillan, old money lebih mengacu pada keluarga kaya yang telah selama beberapa generasi. Namun utamanya yang memiliki status sosial tinggi.

Istilah satu ini juga bisa merujuk ke sebuah lokasi. Jadi tidak melulu ditujukan kepada individu maupun keluarga. Misalnya saja di Amerika Serikat dimana Upper East Side of Manhattan kerap disebut dengan old money. Beacon Hill Boston, Back Bay, dan Grosse Pointe yang ada di pinggiran kota Detroit juga memiliki reputasi sebagai old money.

Old Money Hari Ini dan Tempo Dulu

Keluarga dengan reputasi old money di Amerika Serikat saat ini berasal dari keturunan nouveau riche atau new money. Yakni para bankir, pembangun, serta industrialis di abad ke-19. Orang-orang ini mulai menciptakan kekayaan mereka dengan cara baru. Tidak sebagai tuan tanah seperti di zaman emas.

Edith Wharton, seorang novelis asal Amerika sekaligus pemenang hadiah Pulitzer menyebut para industrialis tersebut dengan istilah brazen new money. Dan saat ini, keturunan mereka yang kaya merupakan bagian dari old money Amerika.

William Lloyd Warner mengemukakan pada tahun 1930 terdapat dua jenis kelas di Amerika:

  • Kelas Atas-atas yang merupakan kelas kaya yang sudah turun selama beberapa generasi. Bahkan orang-orang pun memandangnya sebagai semi-aristokrat.
  • Kelas bawah-atas yang berasal dari keluarga kaya tradisional atau pemilik tanah. Mereka membangun uang dari bisnis dan investasi.

Di era dulu, upper-upper class atau kelas atas-atas memiliki prestise lebih tinggi dibandingkan kelas bawah-atas. Namun pandangan tersebut saat ini sudah tidak berlaku lagi. Orang Amerika mengasosiasikan nama keluarga-keluarga ini sebagai old money. Yakni untuk keluarga Cabots, Roosevelt, Lowell, Astor, Rockefeller, Griswold, Du Pont, dan Forbes.

Old Money di Inggris

Berbeda dengan Amerika yang lebih umum dalam memposisikan old money, istilah tersebut sifatnya lebih eksklusif di Inggris. Old money lebih cenderung merujuk ke para bangsawan. Keluarga-keluarga bangsawan memang secara tradisional hidup dari kepemilikan tanah dan saling mewarisi kekayaannya.

Kita bisa ambil contoh pada keluarga Rothschild. Keluarga tersebut berhasil mengendalikan kekayaan yang begitu luar biasa. Triliunan dollar dimilikinya selama dua abad terakhir. Bahkan keluarga tersebut dimuliakan oleh Ratu Victoria serta Kaisar Habsburg.

Meskipun sepanjang abad ke-19 Rothschild mengendalikan kekayaan yang begitu menakjubkan, namun selama dua abad terakhir Inggris tidak menganggap keluarga tersebut sebagai old money.

Mempengaruhi Budaya Populer

Serial TV Downton Abbey kerap mempertentangkan perbedaan antara old money dan new money di Inggris pada awal abad ke-20. Khususnya antara Sir Richard Carlisle dan pewaris Lady Mary Crawley.

Kritik sastra terbesar dari ketegangan antara old money dan new money bisa kita temukan dalam karya F. Scoot Fitzgerald, The Great Gatsby. Tokoh-tokoh old money diwakili oleh keluarga Tom Buchanan yang lolos dari pembunuhan. Sedangkan new money diwakili oleh Gatsby yang secara bergantian dirangkul dan dihina oleh karakter lain dalam buku tersebut.

Fitzgerald mengkritik para old money melalui narasinya yang berbunyi “Mereka adalah orang yang ceroboh, mereka menghancurkan barang dan makhluk kemudian mundur kembali ke uang mereka atau ke kecorobohan mereka dan membiarkan orang lain membersihkan kekacauan yang mereka buat”.

Jadi bisa disimpulkan meskipun memiliki garis besar definisi yang sama, namun di Inggris dan Amerika penempatan istilah old money memiliki perbedaannya masing-masing. Bahkan pengelompokan istilah tersebut mempengaruhi budaya hingga masa kini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu old money, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Bank Asing dan Bank Nasional
Apa itu Old Money?
Apa yang Terjadi Bila Kartu Kredit Tidak Diaktifkan, Hilang, atau Tidak Dipakai?
Apa Masalah Orang Kaya?
Bagaimana Bila Kartu Kredit Hilang
Akankah Pengangguran Digaji?
Inilah Alasan Mengapa Banyak BPR Dilikuidasi
Bahaya Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bagi Kesehatan Bank
Perencanaan Keuangan yang Pas Buat Kaum Millennial
Perbedaan Uang vs Mata Uang


Bagikan Ke Teman Anda