Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu SBR007?

Mengingat keberhasilan SBR005 dan SBR006, pemerintah kembali mengeluarkan SBR seri terbaru yaitu seri 007. SBR atau saving bond ritel merupakan surat berharga negara yang tidak dapat diperdagangkan. SBR ditawarkan kepada perorangan warga negara Indonesia sebagai salah satu jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Dikatakan aman karena saving bond ritel ini dijamin pemerintah dengan imbal hasil 7,5 persen per tahun.

Dengan investasi melalui SBR007 ini, Anda sudah sekaligus membantu pembangunan negara, sebab saving bond ritel merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara untuk pembangunan nasional. Sistem ini dilakukan karena pemerintah membutuhkan anggaran untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Jadi, dengan adanya SBR ini, pemerintah mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu pembangunan negara.

Berdasarkan reaksi masyarakat di seri-seri sebelumnya, kita dapat melihat seberapa besar antusiasme masyarakat terhadap SBR ini. Untuk SBR005, penjualan saham tembus 4 milyar dengan jumlah investor sebanyak 16,997. Untuk seri selanjutnya, yaitu SBR006, penjualan saham mencapai 2,26 milyar dengan jumlah investor sebanyak 9521. SBR006 ini memang menurun drastis apabila dibandingkan dengan seri SBR005, namun jumlah penjualan tersebut sudah tembus target indikatif yang direncanakan, yaitu 2 milyar.

Di tahun 2019 ini, pemerintah mengeluarkan empat jenis SBR, yaitu SBR005, SBR006, SBR007, dan SBR008. Penawaran SBR005 dan SBR006 sudah dilakukan pada bulan Januari dan April lalu. Penawaran SBR007 akan dilakukan di bulan ini, yaitu tanggal 11-25 Juli 2018. Dan untuk masa penawaran SBR008 akan dilakukan pada tanggal 5-19 Oktober 2019.

Ada lima tujuan penerbitan SBR ini :

  • Memperluas basis investor di dalam negeri
  • Menyediakan alternatif instrumen investor bagi investor ritel
  • Mendukung stabilitas pasar keuangan domestik
  • Mewujudkan cita-cita kemandirian dalam pembiayaan pembangunan
  • Mendukung terwujudnya masyarakat yang berorientasi pada investasi jangka menengah dan panjang

Berikut ini merupakan keuntungan-keuntungan menjadi investor SBR :

  1. Investasi dijamin oleh Undang-undang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, investasi SBR adalah investasi yang aman. Anda tidak perlu khawatir uang akan hilang atau investasi berkurang. Investasi SBR sudah dijamin oleh UU no 24 tahun 2002 dan UU tentang APBN. Dalam undang-undang tersebut telah dijamin bahwa pembayaran pokok dan kupon SBR007 merupakan surat berharga negara.

  1. Kupon yang Kompetitif

Salah satu faktor yang membuat saving bond ritel banyak diminati yaitu karena kupon yang ditawarkan sangat kompetitif. Umumnya, kupon atau bunga yang ditawarkan SBR memiliki nilai yang lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito di bank BUMN. Oleh karena itu, tidak perlu waktu lama untuk benar-benar merasakan manfaat dari investasi ini. Mungkin dalam jangka waktu 2 tahun, investor sudah dapat merasakan keuntungan dari investasi SBR daripada hanya dengan menabung di bank.

  1. Adanya Kupon Mengambang dengan Batas Kupon Terendah (Floating with floor)

Dengan aturan floating with floor ini, investor masih memiliki kemungkinan untuk mendapatkan nilai kupon yang lebih tinggi. Namun tenang saja, mengambang di sini tidak serta merta nilai kupon akan turun drastis. Aturan floating with floor sudah menjamin bahwa nilai kupon memiliki batas minimal. Jadi, meskipun turun, nilainya tidak akan kurang dari batas minimal tersebut.

  1. Pembayaran Kupon Setiap Bulan

Anda dapat menerima kupon setiap bulan. Pembayaran kupon akan langsung ditransfer ke rekening investor. Bagi Anda yang belum mengetahui, kupon adalah imbal hasil yang akan didapatkan investor bergantung pada jumlah pokok utang dan presentasenya. Sebagai contoh, misalkan Anda membeli SBR007 dengan harga 200 juta. Kupon yang ditawarkan adalah 8 persen per tahunnya. Maka kupon atau bunga  yang akan didapatkan dalam setahun adalah 16 juta. Namun, karena kupon dibayarkan setiap bulan, imbal hasil dalam setahun tersebut akan dibagi 12.

  1. Kemudahan Akses

Dengan adanya sistem online, investor dapat melakukan pembelian dan pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption)

  1. Berkontribusi Terhadap Pembangunan Negara

Dengan membeli saham SBR ini, Anda sudah terhitung sebagai kontributor dalam kemajuan negara.

  1. Tidak ada risiko gagal bayar

SBR bebas dari risiko gagal bayar karena sudah dijamin oleh negara

  1. Tidak ada risiko tingkat bunga

Adanya kupon mengambang dengan batas minimal, investor tidak perlu terlalu khawatir nilai kupon akan turun drastis karena sudah ada kupon minimal.

  1. Adanya Fasilitas Early Redemption

Early redemption adalah pencaiaran lebih awal dari batas tempo yang telah ditentukan sebelumnya. Fasilitas ini akan berguna untuk Anda yang tiba-tiba membutuhkan uang saat sedang berinvestasi. Dan menariknya, early redemption ini tidak dikenai biaya atau redemption cost oleh pemerintah. Hanya saja, Anda baru bisa mengambil setelah satu tahun berinvestasi dan jumlah yang bisa dicairkan maksimal setengah dari nilai investasi awal dengan sisa saldo satu juta. Atau dengan kata lain saldo minimal 2 juta saat Anda ingin melakukan early redemotion.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk ikut ambil bagian dalam investasi SBR007, Anda tidak perlu khawatir caranya akan rumit dan memakan waktu. Pemerintah telah mengatur sebuah sistem sehingga masyarakat dapat berinvestasi dengan mudah, yaitu dengan menggunakan sistem e-SBN. Dengan menggunakan sistem online ini, Anda dapat melakukan investasi kapan saja dan dimana saja. Nah, berikut ini adalah tahapan pembelian pemesanan SBR007.

  1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan secara online melalui mitra distribusi (seperti investree, bareksa, dll) yang telah ditetapkan pemerintah. Anda hanya perlu mengisikan data diri, nomor SID, nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga. Untuk investor yang belum memiliki surat-surat tersebut dapat memberitahu mitra distribusi.

  1. Pemesanan

Apabila proses registrasi sudah berhasil, Anda dapat langsung melakukan pemesanan. Namun sebelumnya, silakan membaca ketentuan dan memorandum informasi. Dan perhatikan juga bahwa pemesanan hanya dapat dilakukan saat masa penawaran.

  1. Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan setelah pemesanan diverifikasi. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode pembayaran melalui SMS atau email. Dan kode pembayaran akan digunakan untuk pembayaran dana investasi.

  1. Konfirmasi

Setelah pembayaran dikonfirmasi, investor akan menerima NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan alokasi SBR007 pada tanggal penerbitan.

Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai SBR007. Semoga artikel ini akan membantu dan menambah wawasan pembaca.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu SBR007, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Investasi Emas
Apa Itu Indeks Saham LQ45?
Apa itu Skema Ponzi?
Apa itu Bandar Saham? Definisi Bandar Saham
Apa Penghasilan Reksadana Objek Pajak?
Apa itu Beta Coeffecient? Definisi Beta Coefficient
Mengenal Single Investor Identification (SID) dan Manfaatnya
Apa itu Capital Loss? Definisi Capital Loss
Investasi Apa yang Cocok Saat Rededominasi?
Ciri-ciri Investasi Money Games dan Cara Menghindarinya!


Bagikan Ke Teman Anda