Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Sistem Ekonomi Feodalisme?

Pengertian Feodalisme

Feodalisme adalah sebuah struktur pendelegasian kekuasaan sosiopolitik. Sistem feodalisme ini dilakukan oleh kalangan bangsawan untuk bisa mengandalikan wilayah-wilayah yang bekerja sama dengannya. Feodalisme berasal dari bahasa latin feodum. Feodalisme sudah ada sejak abad ke 9. Para pekerja di lahan yang terlalu dikekang oleh tuannya adalah salah satu bentuk feodalisme. Contoh tersebut juga menjadi bentuk ‘masyarakat feodal’.

Peran Raja Sebagai Penguasa Utama dalam Sistem Ekonomi Feodalisme

Di masa sekarang, istilah feodalisme lebih banyak mengandung unsur negatif dibandingkan positif. Hal ini dikarenakan istilah feodalisme digunakan untuk perilaku yang buruk seperti gila hormat dan kuno.

Hasil uang tanah yang diberikan kepada pekerja, tuan tanah dan penguasa juga berbeda. Pada masa kerajaan, raja akan mendapatkan seperempat dari hasil pekerjaan si tuan tanah. Sedangkan tuan tanah mendapatkan tiga seperempat. Lantas darimana hak pekerja? Terserah tuan tanah ingin memberikan upah berapa untuk pekerjanya. Hal ini dianggap terlalu buruk untuk pekerja kasar.

Misalnya saja seorang tuan tanah memiliki hasil bruto 4 ribu rupiah. Maka ia harus memberikan seribu rupiah untuk raja sebagai bentuk pajak. Sedangkan 3 ribu yang ia dapatkan harus dibagi dengan pekerja yang dipekerjakan untuk mengelola lahan pertanian yang ia miliki. Hal ini tentu sangat merugikan pekerja maupun tuan tanah.

Dalam sistem ekonomi feodalisme, Raja adalah satu-satunya orang yang bisa melakukan kepemimpinan atau pemegang kekuasaan tertinggi. Cara yang dilakukan oleh Raja untuk menyuruh rakyatnya tunduk adalah dengan membuat kebijakan autokratis. Yang dimaksud dengan autokratis adalah kekuasaan yang menunjukkan bahwa semua hukum dan undang-undang harus sesuai dengan keinginan sang raja.

Banyak masyarakat yang mau tidak mau harus tunduk kepada raja karena tidak bisa melakukan apapun sesuai keinginannya sendiri. Pemerintahan ini disebut juga dengan pemerintahan monarki absolut.

Saat sistem ekonomi feodalisme dilakukan, maka Raja sama tingginya dengan Tuhan. Menentang seorang Raja berarti menentang Tuhan. Rakyat tidak diizinkan untuk menyampaikan aspirasi ataupun pendapatnya.

Faktor Pendorong Raja Menjadi Penguasa Utama dalam Sistem Ekonomi Feodalisme

Faktor utama yang membuat raja bisa semaunya sendiri dalam memilih kebijakan adalah orang-orang di belakangnya. Sebagian besar orang yang melindungi raja adalah kaum ningrat dan petinggi agama. Rakyat semakin tidak memiliki kekuasaan apapun saat kedua golongan ini sudah membela sang Raja. Yang harus mereka lakukan adalah tunduk dan patuh.

Hal Pertama yang Meruntuhkan Sistem Ekonomi Feodalisme

Selain kaum ningrat dan petinggi agama, ada juga satu golongan lagi yang tumbuh di sekeliling kerajaan. Nama dari golongan tersebut adalah golongan niaga atau pengusaha. Golongan ini dianggap tidak mengancam, karena hanya sedikit jumlahnya dan tidak mengganggu tatanan kerajaan. Lama kelamaan, kaum niaga ini sadar bahwa undang-undang yang dibuat oleh Raja ini sudah sangat mengganggu perdagangan atau sistem ekonomi mereka. Hal ini membuat kaum niaga mulai berusaha untuk memberontak.

Tujuan dari pemberontakan kaum niaga ini adalah agar mereka lebih nyaman dan bebas untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki. Mereka adalah kaum yang profit oriented atau berorientasi pada laba, sehingga mereka tentu tidak puas apabila keuntungannya dibatasi. Hal inilah yang menyebabkan kaum niaga memprovokasi rakyat untuk memberontak. Mereka mengatakan pada rakyat bahwa seharusnya mereka menggunakan sistem demokrasi yang adil bagi semuanya.

Kejatuhan Sistem Ekonomi Feodalisme

Sistem ekonomi feodalisme pertama yang berhasil jatuh adalah di Prancis. Kaum niaga dibantu dengan rakyat jelata berhasil mendesak raja untuk menghapuskan sistem ekonomi feodalisme dan diganti dengan kapitalisme. Hal inilah yang membuat sistem ekonomi kapitalisme mulai banyak digunakan di abad ke 19. Sayangnya, sistem ekonomi kapitalisme tetaplah tidak menguntungkan untuk rakyat jelata karena mereka semakin diperlakukan seperti budak.

Perbedaan Sistem Ekonomi Feodalisme dengan Sistem Ekonomi Kapitalisme

Banyak sekali negara yang menggunakan sistem ekonomi kapitalisme dalam melakukan pemerintahannya. Dalam hal ini, ada banyak sekali perbedaan yang mendasarinya. Berikut ini 3 diantaranya:

  • Perkembangan karir

Dalam sistem ekonomi feodalisme, seorang tuan tanah akan terus menjadi tuan tanah. Begitu pula dengan pekerja yang akan terus menjadi seorang pekerja. Tidak mungkin ada perubahan derajat dalam sistem ekonomi yang satu ini. Sedangkan di kapitalisme, seorang pekerja bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik apabila mereka mampu menunjukkan hasil kerja yang bagus.

  • Ragam pekerjaan

Sistem ekonomi feodalisme mengharuskan seorang pekerja bekerja di lahan pertanian yang bukan milik mereka. Banyak sekali raja yang bersikap sewenang-wenang kepada rakyatnya karena mereka berpikir bahwa hasil pertanian adalah harta yang paling bermanfaat. Sedangkan di sistem ekonomi kapitalisme, pekerja bebas untuk memilih pekerjaannya dan boleh tidak di sektor pertanian.

  • Pemaksaan

Feodalisme umum terjadi di jaman perang, sehingga ada banyak pekerja yang harus berakhir menjadi seorang prajurit demi membantu rajanya memenangkan peperangan. Di dalam sistem ekonomi kapitalis, tidak ada pemaksaan dari atasan atau raja sehingga pekerja bisa lebih bebas untuk bekerja dan memanfaatkan kelebihannya.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang sistem ekonomi feodalisme. Sistem tersebut pernah ada dan menjadi bagian dalam sejarah ekonomi dunia. Di masa sekarang, feodalisme sudah hampir musnah dan berganti dengan sistem ekonomi lain yang lebih menguntungkan untuk pekerja, pemilik tanah dan juga pemerintah. Pemerintah kini juga bukan satu-satunya orang yang bisa mengambil keputusan tentang tanah yang dimiliki oleh pribadi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu sistem ekonomi feodalisme, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Sistem Ekonomi Pasar?
Apa itu Sistem Ekonomi Tradisional?
Apa itu Sistem Ekonomi? Ini Dia Jenis dan Macam Sistem Ekonomi!
Apa itu Sistem Ekonomi Terpusat?
Apa Itu Sistem Ekonomi Liberal?
Ongkos Ekonomi Menggunakan Jet Pribadi
Apa itu On Demand Economy?
Perbedaan Lembaga Pembiayaan dengan Perusahaan Asuransi
Mengapa Barang Dari China Murah?
Bagaimana Bila KPR Ditolak Bank


Bagikan Ke Teman Anda