Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Sistem Ekonomi Terpusat?

Setiap negara pastinya memiliki sistem ekonomi yang berbeda-beda. Sebab dengan sistem ekonomi ini maka setiap negara bisa menyelesaikan permasalahan ekonomi dengan caranya masing-masing. Ini karena setiap negara yang memiliki masalah ekonomi yang berbeda sehingga membutuhkan cara penyelesaian yang berbeda. Dimana cara penyelesaian masalah ekonomi ini disebut sebagai sistem ekonomi.

Untuk pengertian sistem ekonomi sendiri ada 3 ahli yang menyatakan pendapat yang berbeda. Namun pada intinya sistem ekonomi merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi di sebuah negara. Jenis sistem ekonomi di Indonesia dibagi menjadi tiga. Yaitu sistem ekonomi terpusat, liberal, tradisional, dan campuran.

Pengertian Sistem Ekonomi Terpusat

Diantara jenis-jenis sistem ekonomi diatas, kali ini kami akan membahas mengenai sistem ekonomi terpusat. Sistem ekonomi terpusat memiliki beberapa nama lain. Seperti sistem ekonomi terpimpin, sistem ekonomi komando, bahkan sistem ekonomi terpusat juga dikenal sebagai sistem ekonomi sosialis pada dunia ilmu ekonomi.

Pengertian dari sistem ekonomi terpusat yaitu sebuah sistem ekonomi yang seluruh peraturannya di atur oleh pemerintah pusat sehingga rakyat hanya melakukan apa yang sudah di tentukan oleh pemerintah tadi. Sehingga kegiatan ekonomi masyarakat di suatu negara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat akan dibatasi dan harus mengikuti semua peraturan yang sudah di buat oleh pemerintah tentang sistem ekonominya.

Pendapat mengenai sistem ekonomi terpusat juga pernah dikemukakan oleh Karl Marx pada bukunya ‘Das Kapital’ yang terbit pada tahun 1867. Dimana Marx merupakan seorang sosiolog yang menciptakan paham komunisme marxisme. Menurut Marx sistem ekonomi terpusat lebih efektif daripada sistem ekonomi yang lain.

Hal ini di karenakan produksi barang dan pelayanan jasa bisa lebih efisien karena diatur oleh pemerintah pusat secara langsung. Sehingga masyarakat tidak perlu membuat aturan sistem ekonomi lagi dan cukup mengikuti aturan yang sudah ada. Negara yang saat ini masih menggunakan sistem ekonmomi terpusat adalah RRC, Rusia, dan beberapa negara Eropa Timur khususnya yang menjadi bekas negara Uni Soviet.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Terpusat

Karena sistem ekonomi dibagi menjadi beberapa macam maka tentu ada hal yang menjadi pembeda salah satunya adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh sistem ekonomi tersebut.

Adapun ciri-ciri sistem ekonomi terpusat yang bisa Anda gunakan untuk mengenali jenis sistem ekonomi ini adalah:

  1. Pembagian pekerjaan dan jenis pekerjaan di atur penuh oleh pemerintah
  2. Proses penyaluran barang dan harga jual beli barang di tentukan oleh negara
  3. Hanya ada perusahaan milik pemerintah dan pihak swasta tidak boleh mendirikan perusahaan
  4. Seluruh kegiatan produksi sebuah perusahaan dilakukan secara bersama
  5. Semua sumber ekonomi yang ada di dalam negara merupakan milik pemerintah namun atas nama rakyat
  6. Hak milik perseorang serta inisiatif setiap orang memiliki batasan
  7. Konsumsi, distribusi, dan produksi di dalam negara semuanya diatur oleh pemerintah
  8. Semua alat produksi di dalam sebuah perusahaan atau pabrik merupakan milik negara
  9. Semua perencanaan ekonomi maupun perencanaan yang lain di dalam negara di atur oleh pemerintah pusat

Itu tadi 9 ciri-ciri dari sistem ekonomi terpusat. Dapat Anda lihat jika sistem ekonomi ini memang mengharuskan semua rakyat yang ada di suatu negara tunduk dalam perintah pemerintah. Bahkan hak milik setiap orang ada batasannya dan pihak swasta maupun perorangan tidak boleh mendirikan perusahaan sendiri.

Keuntungan Penggunaan Sistem Ekonomi Terpusat

Sebuah negara yang memilih untuk menerapkan salah satu jenis sistem ekonomi yang ada pasti sudah memikirkan tentang untung dan rugi yang akan di dapat. Begitupun dengan negara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat ini.

Adapun keuntungan dari penggunaan sistem ekonomi terpusat di suatu negara, yaitu:

  1. Harga pasar lebih mudah di kendalikan karena yang berhak menentukan harga hanya pemerintah
  2. Hasil produksi sebuah perusahaan bisa dinimatik seluruh rakyat secara bersama dan lebih merata
  3. Kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin berkurang drastis
  4. Kegiatan ekonomi masyarakat lebih mudah dikendalikan dan diawasi
  5. Semua kegiatan ekonomi merupakan tanggung jawab pemerintah

Cukup banyak kelebihan atau keuntungan yang di dapat negara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat ini. Memang untuk bisa mengatur pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan lebih merata antar masyarakat maka sistem ekonomi terpusat ini bisa menjadi cara yang cocok. Apalagi setiap orang memiliki hak terbatas untuk memiliki suatu barang.

Kerugian Penggunaan Sistem Ekonomi Terpusat

Adanya keuntungan yang bisa di dapat dari sistem ekonomi terpusat tentunya menghadirkan beberapa kerugian yang mungkin dialami oleh negara tersebut. Bahkan kerugian dari sistem ekonomi terpusat ini tidak bisa dibilang sedikit mengingat aturannya yang memaksa setiap orang untuk tunduk pada pemerintah.

Kerugian dari penerapan sistem ekonomi terpusat adalah:

  1. Keberhasilan sistem ekonomi terpusat tergantung pada kinerja dari pemerintah
  2. Setiap individu yang tinggal di negara tersebut tidak memiliki kebebasan untuk mendirikan usaha sendiri. Sehingga masyarakat harus bekerja sesuai dengan ketentuan pemerintah
  3. Apapun yang dimiliki perseorangan baik itu peralatan produksi maupun kekayaan pribadi hampir tidak diakui
  4. Kreatifitas dan potensi diri masyarakat sama sekali tidak berkembang

Itu tadi ciri-ciri, keuntungan, dan kerugian dari sistem ekonomi terpusat. Jika di bandingkan lebih banyak keuntungan daripada kerugian dari sistem ekonomi ini. Namun tentu saja yang paling untung dari sistem ekonomi terpusat adalah pemerintah negara itu sendiri. Jadi menurut Anda apakah sistem ekonomi terpusat cocok di terapkan di Indonesia?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu sistem ekonomi terpusat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Sistem Ekonomi? Ini Dia Jenis dan Macam Sistem Ekonomi!
Apa itu Sistem Ekonomi Pasar?
Bila Kredit Motor Meninggal Dunia Sebelum Lunas?
Apa itu Gig Economy?
Mengapa Perlu Analis Kredit?
Apa itu “Dave Ramsey: 7 Baby Steps”?
16 Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan
Apa itu SHU Koperasi?
3 Tugas Bank Indonesia (BI) Sebagai Bank Sentral
Apa Itu CFO?


Bagikan Ke Teman Anda