Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Utang Beban?

Anda mungkin pernah bahkan sering mendengar istilah beban utang. Bahkan mungkin Anda pun sudah begitu paham dengan makna dari beban utang. Beban utang merupakan keseluruhan utang yang dimiliki baik oleh individu, badan hukum, atau bahkan negara sehingga membebani keuangannya. Semakin berat beban utang yang ditanggung, bisa mempengaruhi kesehatan keuangan dari pihak yang berutang.

Bagaimana dengan utang beban? Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Apakah maknanya sama dengan beban utang? Meski terdiri dari dua kata yang sama, namun utang beban tidaklah sama dengan beban utang. Terdengar asing bagi orang awam, namun sebenarnya istilah tersebut begitu familiar dalam bidang akuntansi. Lantas, apa itu utang beban?

Definisi utang beban

Utang beban secara sederhana dapat dipahami sebagai biaya yang masih harus dibayar. Dalam pemahaman yang lebih rinci, utang beban merupakan kewajiban membayar akibat adanya manfaat yang sudah diterima oleh suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Dengan kata lain, utang beban dapat dimaknai pula sebagai biaya yang sudah terjadi dan sudah menjadi beban selama periode akuntansi tetapi belum dibayarkan karena belum jatuh tempo.

Banyak orang yang beranggapan bahwa beban sama dengan biaya, padahal sejatinya dalam akuntansi kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Biaya sering kali diartikan sebagai suatu pengorbanan untuk memperoleh manfaat tertentu. Sementara beban merupakan penurunan nilai ekonomi dalam bentuk kas keluar atau berkurangnya aktiva. Sebab itu beban juga dipahami sebagai suatu kewajiban yang menyebabkan turunnya nilai ekuitas.

Dalam akuntansi setiap beban adalah biaya, namun setiap biaya tak selalu berubah menjadi beban. Lantas, kapan biaya berubah menjadi beban? Ketika perusahaan mengakui adanya biaya yang harus dikeluarkan, tetapi hingga akhir periode akuntansi, biaya tersebut belum dibayarkan sehingga menjadi beban yang ditanggung perusahaan, yang kemudian dicatatkan sebagai utang.

Sebagai contoh perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar gaji karyawan setiap awal bulan. Biaya gaji ini diakui sebagai biaya yang harus dikeluarkan, tetapi belum dibayarkan hingga akhir periode akuntansi bulanan, karena baru akan dibayarkan di awal bulan. Sebab itu, biaya gaji dianggap sebagai utang beban yang masih harus dibayar oleh perusahaan. Jadi, utang beban dapat dipahami sebagai kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan sebab telah mendapatkan manfaatnya terlebih dahulu.

Jenis-jenis utang beban

Utang memiliki peran penting yakni sebagai tambahan modal dan juga jaminan berlangsungnya kegiatan usaha perusahaan. Maka tak heran jika hampir semua perusahaan mulai dari skala kecil hingga besar memiliki utang.

Ada banyak jenis utang dalam akuntansi. Salah satunya adalah utang beban. Dalam lingkup operasional perusahaan, utang beban memiliki banyak jenis. Setiap jenis utang tentu dicatat sesuai dengan nama pos masing-masing. Artinya tidak bisa diakumulasikan dan dicatatkan dalam satu akun yang sama berupa utang beban. Adapun jenis-jenis utang beban dapat diuraikan sebagai berikut.

  • Utang bunga (interest payable)

Biaya bunga muncul karena adanya pinjaman atau utang perusahaan kepada pihak lain. Atas pinjaman atau utang tersebut, perusahaan mendapatkan manfaat berupa dana tunai yang bisa digunakan untuk menjalankan operasional perusahaan baik membeli peralatan atau perlengkapan, melakukan ekspansi bisnis, mengembangkan inovasi produk, investasi, dan lain sebagainya. Konsekuensinya, perusahaan harus mengembalikan pinjaman atau utang pokok beserta bunganya. Biaya bunga yang tidak langsung dibayarkan, kemudian berubah menjadi beban bunga yang harus diakui dan dibayarkan oleh perusahaan ketika tiba jatuh tempo pembayarannya.

  • Utang gaji (salaries payable)

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan tentu dibantu oleh beberapa karyawan yang berperan sebagai pelaksana dari tugas-tugas atau pekerjaan yang ada. Umumnya tenaga, waktu, dan keahlian yang diberikan karyawan kepada perusahaan akan mendapatkan imbal jasa berupa gaji yang biasanya dibayarkan di akhir atau awal bulan. Artinya, pembayaran gaji tersebut dilakukan setelah karyawan memberikan tenaga, waktu, dan keahlian yang dimilikinya untuk perusahaan, sehingga perusahaan memperoleh manfaatnya lebih dulu. Biaya gaji karyawan ini kemudian menjadi utang beban yang masih harus dibayarkan oleh perusahaan.

  • Utang listrik dan telepon (electricity and telephone payable)

Listrik dan telepon merupakan fasilitas penting yang harus tersedia dalam menjalankan kegiatan usaha, baik bagi perusahaan skala kecil, menengah, maupun besar. Kedua fasilitas ini dirasakan manfaatnya terlebih dahulu oleh perusahaan, baru tagihan pembayaran atas penggunaannya dilakukan kemudian. Sebab itulah, biaya listrik dan telepon ini termasuk dalam utang beban dalam pencatatan pembukuan atau akuntansi perusahaan.

Lingkup pencatatan utang beban dalam laporan keuangan

Meski beban adalah biaya, namun beban tak sama dengan biaya. Beban dicatatkan dalam laporan laba rugi, sedangkan biaya sebagai kas yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan atau manfaat di masa mendatang dicatatkan dalam neraca.

Bicara tentang laporan keuangan, pencatatan utang beban memang bermuara pada laporan laba rugi sebagai variabel yang mengurangi pendapatan. Namun sebelumnya, utang beban harus dicatatkan dalam jurnal penyesuaian sekaligus jurnal pembalik. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat di akhir periode guna menyesuaikan akun-akun atau saldo yang ada di neraca agar merepresentasikan kondisi yang sebenarnya. Sementara jurnal pembalik merupakan jurnal yang berfungsi untuk membalik jurnal penyesuaian agar tidak terjadi akun ganda.

Jurnal penyesuaian dan pembalik ini digunakan untuk mencatat beberapa akun jurnal seperti pendapatan yang masih akan diterima, pendapatan diterima di muka, beban dibayar di muka, dan termasuk beban yang masih harus dibayar. Bagaimana pencatatannya? Berikut beberapa ilustrasinya.

  • Ilustrasi 1

ABC adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan computer. Pada 31 Desember 2017, perusahaan memiliki tanggungan berupa utang gaji yang masih harus dibayarkan kepada karyawannya sebesar Rp 8.000.000,-. Pencatatan utang beban gaji ini dalam jurnal penyesuaian seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Beban gaji

Utang gaji

Rp 8.000.000,-

Rp 8.000.000,-

Selanjutnya pada awal periode 1 Januari 2018 dibuat jurnal pembalik untuk akun beban gaji tersebut seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Utang gaji

Beban gaji

Rp 8.000.000,-

Rp 8.000.000,-

Sementara pada saat pembayaran dilakukan, maka transaksi dicatatkan dalam jurnal transaksi seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Beban gaji

Kas

Rp 8.000.000,-

Rp 8.000.000,-

  • Ilustrasi 2

Pada akhir periode Desember 2017, PT. Adidaya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa periklanan memiliki tagihan rekening listrik dan telepon sebesar Rp 1.300.000,-. Tagihan tersebut belum dibayarkan oleh perusahaan, sehingga harus dicatat dalam jurnal penyesuaian pada 31 Desember 2017 seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Beban listrik dan telepon

Utang listrik dan telepon

Rp 1.300.000,-

Rp 1.300.000,-

Setelah memasuki awal periode 1 Januari 2018, maka beban listrik dan telepon dicatatkan dalam jurnal pembalik seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Utang listrik dan telepon

Beban listrik dan telepon

Rp 1.300.000,-

Rp 1.300.000,-

Ketika jatuh tempo pembayaran, perusahaan melakukan pembayaran atas utang listrik dan telepon. Transaksi tersebut kemudian dicatatkan dalam jurnal transaksi seperti berikut.

Keterangan Debet Kredit

Beban listrik dan telepon

Kas

Rp 1.300.000,-

Rp 1.300.000,-

Pada prinsipnya pencatatan utang beban dalam jurnal penyesuaian dimaksudkan sebagai pengakuan perusahaan atas adanya beban yang memang belum dibayarkan, di mana beban tersebut termasuk sebagai kewajiban yang harus ditunaikan perusahaan pada periode akuntansi yang bersangkutan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang utang beban, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Beda Utang dan Piutang?
Yang Patut Anda Ketahui Mengenai Rescheduling Utang
Apa Itu Utang Jangka Panjang?
Belajar dari Kasus Jebakan Utang Pinjaman Online di Kenya
Tip Menghindari Perangkap Utang
Mengapa Orang Kaya Masih Berhutang?
Apa Itu PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang)?
Apa yang Terjadi Jika Negara Menolak Melunasi Utang?
Mengapa Punya Utang Kartu Kredit Buruk?
Prinsip Dasar Akuntansi


Bagikan Ke Teman Anda