Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu World Bank? Definisi Bank Dunia

Apa itu bank dunia? Meski namanya tidak asing, banyak masyarakat yang belum paham mengenai bank dunia. Bank dunia adalah sebuah organisasi internasional yang menyediakan dukungan dana, penasihat, dan penelitian bagi negara berkembang untuk memajukan perekonomian.

Organisasi Bank Dunia dibentuk untuk memerangi kemiskinan pada negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah. Pada tahun 2018, negara yang menerima pinjaman terbanyak dari Bank Dunia adalah India (USD 859 juta) dan Cina (USD 370 juta).

Bank Dunia menyediakan dukungan finansial yang teknis pada negara berkembang di seluruh dunia. Bank Dunia memposisikan dirinya sebagai rekan dari negara-negara miskin dan berkembang untuk memajukan perekonomian.

Sejarah Bank Dunia

Bank Dunia dibentuk tahun 1944 pada Konferensi Bretton Woods. Di waktu yang sama, badan keuangan dunia IMF juga dibentuk. Kedua organisasi ini bermarkas di Washington D.C., Amerika Serikat. Saat dibentuk, Bank Dunia berada di bawah lindungan PBB. Bank Dunia banyak membantu negara-negara di Asia dan Eropa untuk bangkit kembali setelah terjadinya Perang Dunia II.

Bank Dunia kini telah menjadi sebuah organisasi besar yang membawahi lima lembaga sekunder.

Lembaga Bank Dunia

Bank Dunia memiliki lima lembaga internasional yang saling berkaitan.

  • Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah sebuah lembaga yang memberikan pinjaman dana pada pemerintah sebuah negara yang pendapatannya masuk kategori kelas menegah. Lembaga ini dibentuk bersama dengan Bank Dunia pada tahun 1944.

  • Asosiasi Pembangunan Internasional

International Development Association (IDA) merupakan lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman dana pada pemerintah negara berkembang miskin di dunia. IDA dibentuk pada tahu 1960 untuk melengkapi IBRD, namun dengan sasaran berbeda, yaitu negara miskin.

  • International Finance Corporation (IFC)

IFC adalah lembaga keuangan Bank Dunia yang fokus pada sektor privat, menyediakan investasi keuangan dan layanan konsultasi keuangan pada negara berkembang.

  • Badan Penjamin Investasi Multilateral

Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) adalah lembaga keempat dari Bank Dunia. Lembaga ini memberikan jaminan pada investor untuk melindungi investasi asing langsung dari resik politik dan non-komersil pada negara berkembang.

  • International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID)

ICSID adalah lembaga yang melayani arbitrase atau penyelesaian hukum dalam sengketa investasi internasional.

Peranan Bank Dunia

Bank Dunia lebih dari sekedar organisasi yang memberikan pinjaman pada negara-negara di seluruh dunia. Bank Dunia juga turut ikut andil dalam mencapai Millenium Development Goals (MDGs) yang dicanangkan oleh PBB. Berikut adalah kontribusi Bank Dunia pada berbagai sektor kehidupan di dunia, baik secara ekonomi maupun sosial politik.

  • Strategi Memerangi Kemiskinan

Untuk memerangi kemiskinan di negara-negara miskin, Bank Dunia memberikan layanan bantuan dengan menggunakan analisis ekstensif terhadap kondisi keuangan dan ekonomi suatu negara. Strategi yang digunakan pada satu negara tidak sama dengan yang lain.

Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) pada 15 Desember 2007 mengumumkan bahwa Bank Dunia akan memberikan pinjaman dengan total USD 25,1 miliar kepada 8 negara termiskin di dunia.

  • Kontribusi Pada Perubahan Iklim

Era industri membawa perubahan buruk pada kondisi di Bumi, yaitu peningkatan suhu yang kini kini mencapai 0.8 derajat celcius. Bank Dunia memberikan bantuan khusus pada adaptasi terhadap perubahan iklim sekaligus mencegah pemanasan global. Jumlah bantuan yang diberikan Bank Dunia adalah GBP 1,47 miliar pada 2011 dan GBP 4,6 miliar pada 2012.

  • Peningkatan Kesehatan

Bank Dunia bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat International Health Partnership (IHP+), yaitu himpunan beberapa pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di negara berkembang. Organisasi ini mampu berkoordinasi dengan pemerintah negara,  masyarakat sipil, dan pihak terkait untuk menciptakan strategi kesehatan internasional.

  • Ketersediaan Pangan

Bank Dunia telah meluncurkan beberapa program untuk menjamin ketersediaan pangan di negara miskin di dunia. Pada April 2010, bersama dengan Bill and Melinda Gates Foundation, Bank Dunia membentuk Global Food Security Program telah mendonasikan dana sebesar USD 925 juta untuk ketersediaan pangan. Hingga saat ini program ini telah membantu 8 negara miskin untuk memajukan sektor pertanian, riset, dan perdagangan hasil pertanian.

  • Clean Air Initiative (CAI)

CAI adalah sebuah inisiatif dari Bank Dunia untuk meningkatkan inovasi dalam memperbaiki kualitas udara di kota-kota di seluruh dunia. Program ini dijalankan melalui kerja sama dengan wilayah terpilih dengan cara berbagi pengetahuan dan pengalaman. Kendaraan elektrik juga salah satu program dalam inisiatif ini dalam upaya mencegah penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.

Kritik Terhadap Bank Dunia

Bank Dunia banyak dikritik oleh organisasi non-pemerintah. Henry Hazlitt, salah satu Kepala Perekonomian dari organisasi Survival Internasional bahwa Bank Dunia bersama dengan sistem keuangan yang ada di dalamnya bisa menyebabkan inflasi dunia.

Kritik yang paling umum terhadap Bank Dunia terkait dengan susunan organisasinya. Bank Dunia adalah sebuah organisasi yang mewakili 188 negara di dunia, namun segala bentuk kegiatannya dijalankan oleh beberapa negara maju yang memiliki kekuatan ekonomi. Negara-negara maju ini mendominasi Bank Dunia dengan segala kepentingannya. Selain menjadi sumber dana bagi sebagian besar program, mereka juga menentukan pemimpin Bank Dunia dan jajaran manajemen senior.

Hal ini menyebabkan ketimpangan antara negara-negara Barat yang menguasai Bank Dunia dengan negara dunia ketiga yang menjadi target mereka.

Dalam laporan Komite Senat Amerika Serikat Pada Hubungan Internasional, Bank Dunia dan lembaga keuangan internasional lain dikritik karena terlalu fokus pada memberikan pinjaman tanpa memperhatikan apakah dana yang mereka keluarkan menunjukkan hasil pembangunan yang nyata dalam kurun waktu tertentu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu world bank dan definisi bank dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Ekuitas? Definisi Ekuitas
Definisi Nilai Wajar Saham
Definisi Reksadana Terproteksi
Definisi Debt to Income Ratio?
Apa itu Pergadaian? Definisi Pergadaian
Perbedaan Orang Sibuk dan Produktif
9 Tips untuk Enterprenuer Muda agar Terus Berkembang
Bagaimana Mendapatkan Pendapatan dari Berbagai Sumber (Multiple Source Income) ?
Apa Itu Remittance? Definisi Remittance
Jenis-jenis Pajak Properti


Bagikan Ke Teman Anda