Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Keuntungan Membeli Asuransi Jiwa? Ini Dia Jawabannya.

#asuransi #asuransi jiwa #keuntungan

Membeli asuransi jiwa adalah satu dari sekian banyak keputusan finansial penting yang harus diambil. Tapi, percaya atau tidak, jumlah mereka yang tertarik untuk bergabung pada jenis asuransi ini sangatlah sedikit. Apa yang membuat asuransi jiwa begitu penting untuk diikuti? Dengan mengabaikan besar nilai uang klaim yang bisa Anda ambil atau dinikmati keluarga yang ditinggalkan, merupakan hal yang pasti bahwa tidak ada yang mengerti apa yang bakal terjadi esok hari.

Dunia keseharian dipenuhi orang yang tiba-tiba meninggal tanpa sebab entah karena kecelakaan atau sakit mendadak yang sifatnya fatal. Jika Anda adalah seorang kepala keluarga, yang bertanggung jawab atas pemenuhan hajat hidup keluarga, maka Anda perlu memikirkan bagaimana nasib keluarga Anda kelak setelah Anda wafat. Jika tidak diantisipasi mulai sekarang, Anda hanya menyisakan persoalan finansial yang membuat mereka sulit berkonsentrasi dalam mengarungi kehidupan entah karena bingung akan cicilan rumah, biaya pendidikan anak hingga pengeluaran untuk makan.

Memang asuransi jiwa tidak akan memberikan uang yang jumlahnya cukup untuk memenuhi itu semua; tapi, paling tidak, keberadaan uang klaim asuransi bakal meringankan barang sejenak. Maka dari itu, salah satu cara untuk melindungi keluarga Anda dari persoalan finansial yang mendera adalah dengan bergabung dengan asuransi jiwa. Pilihan ini memang tidak terlampau populer, khususnya bagi mereka yang masih muda. Namun, ada berbagai keuntungan yang bakal diperoleh di kemudian hari dengan bergabung dengan asuransi jiwa. Berikut adalah keuntungan yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa.

1. Membantu mencapai tujuan jangka panjang

Asuransi jiwa merupakan bentuk instrumen finansial yang membuat Anda tetap berinvestasi secara periodik selama kurun waktu yang relatif panjang. Maka dari itu, tidak berlebihan kiranya jika menilai asuransi jiwa sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan jangka panjang seperti membeli rumah baru atau merencanakan pensiun. Tidak hanya itu, asuransi jiwa juga menyediakan pilihan investasi yang beragam tergantung dengan tipe polis yang Anda pilih.

2. Melindungi keluarga Anda sepeninggal Anda

Ini merupakan aspek terpenting dari asuransi jiwa. Keluarga Anda tergantung pada Anda, bahkan setelah Anda meninggal sekalipun. Tentu Anda tidak ingin mengecewakan – dan menyusahkan – mereka bukan? Keberadaan asuransi jiwa dapat meringankan banyak hal secara finansial; mulai dari melunasi cicilan rumah, membayar biaya sekolah anak atau menjamin pasangan Anda terjamin keamanan finansialnya.

3. Melunasi hutang

Anda tidak ingin keluarga Anda terlilit hutang, bukan? Liabilitas finansial bukanlah sesuatu yang nyaman untuk dinikmati, terutama di kala krisis. Tidak perlu khawatir, asuransi jiwa bakal melindungi keluarga Anda dari berbagai jenis hutang – mulai dari hutang pribadi, cicilan rumah di bank, kredit kendaraan bermotor atau hutang kartu kredit – selama Anda bergabung dengan asuransi jiwa yang tepat.

4. Memberi perlindungan di kala pensiun

Siapapun pasti menginginkan masih memegang uang hingga ajal tiba. Mereka yang sudah pensiun atau sebentar lagi pensiun, tentu berpikiran seperti ini. Dengan perencanaan asuransi jiwa tertentu, Anda bisa memastikan adanya aliran dana masuk alias pendapatan yang nilainya konstan setiap bulannya. Dengan begitu, hari-hari tua Anda masih penuh kebahagiaan karena masih punya uang di tangan, yang berarti tidak merepotkan orang lain hanya karena tidak punya sepeser pun di saku.

5. Asuransi jiwa lebih murah ketika Anda bergabung saat masih muda

Mereka yang termasuk generasi milenial kurang menyadari pentingnya asuransi jiwa. Maklum, keputusan krusial seperti bergabung asuransi jiwa tidak akan dilirik oleh mereka yang rutin disuplai secara finansial oleh keluarga. Tapi, jika saat ini sudah ada yang menjadi tanggungan hidup Anda atau secara kebetulan Anda ikut patungan membantu memenuhi kebutuhan finansial tertentu salah seorang anggota keluarga – misal, menyekolahkan adik kandung – maka Anda perlu mulai memikirkan bergabung dengan asuransi jiwa.

Perlu dipahami bahwa ongkos cakupan asuransi jiwa cenderung lebih rendah ketika Anda masih sendirian atau belum menikah. Asuransi jiwa merupakan pilihan yang pas ketika Anda masih muda karena saat itu masih sehat, dan cenderung memiliki profil kesehatan keluarga yang lebih baik.

6. Melindungi bisnis

Asuransi jiwa tidak melulu menyangkut Anda dan keluarga Anda. Sejumlah polis asuransi jiwa juga melindungi bisnis Anda. Jika Anda kebetulan memiliki bisnis sendiri, maka mitra bisnis Anda dapat membeli porsi saham Anda tanpa halangan berarti. Saat Anda wafat, misalnya, kemungkinan yang pasti terjadi adalah mitra Anda membeli porsi saham Anda dan uang tersebut akan dinikmati oleh keluarga Anda – tapi, ini berarti keluarga Anda tidak lagi punya saham di bisnis Anda. Asuransi jiwa memungkinkan praktik perlindungan bisnis karena memiliki dua tipe asuransi, yakni term insurance dan life insurance.

Term insurance akan memberi perlindungan selama kurun waktu yang spesifik dan akan menggelontorkan uang klaim hanya jika Anda meninggal saat kurun waktu asuransi tersebut. Polis asuransi akan hangus jika Anda ternyata hidup lebih panjang ketimbang periode asuransi yang telah disepakati. Hal ini berbeda jika Anda memilih bergabung dengan life insurance; kapan pun Anda mati, uang tetap diterima oleh anggota keluarga.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan membeli asuransi jiwa, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.