Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Masalah Orang Kaya?

Menjadi kaya adalah impian bagi sebagian besar (atau bahkan) semua orang. Meskipun uang bukanlah segalanya, tetapi menjalani hidup tanpa perlu mengkhawatirkan masalah uang jelas lebih nyaman. Tapi, apakah setelah menjadi kaya semua masalah terselesaikan? Tentu saja tidak.

Sama seperti masyarakat kelas bawah dan menengah, orang-orang kaya juga punya masalah mereka sendiri. Hanya saja, masalah mereka mungkin tidak termasuk kekhawatiran besok mau makan apa.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada orang kaya.

1. Kehilangan selera pada hal-hal sederhana

Orang kaya bisa mendapatkan yang terbaik dari segala hal. Misalnya mereka bisa membeli mobil termahal keluaran terbaru atau makan di restoran mewah. Jika Anda membiasakan diri Anda dengan gaya hidup mewah seperti itu karena Anda mampu, perlahan tapi pasti Anda akan kehilangan selera pada hal-hal sederhana.

Karena terbiasa mengendarai mobil bagus, Anda enggan menyentuh mobil tua Anda yang menemani Anda hingga jadi kaya. Atau Anda tidak mau lagi makan di warung kaki lima langganan Anda dulu karena Anda terbiasa makan di restoran. Padahal hal-hal sederhana bisa membuat kita merasa lebih bersyukur dan bahagia.

2. Opini orang lain

Kita tidak pernah bisa merubah pikiran orang lain, tapi tetap saja tidak enak rasanya mendengar kasak-kusuk hanya karena kita kaya. Misalnya, saat Anda bisa menempati jabatan tinggi di perusahaan, atau sesederhana masuk kampus favorit.

Meski semua adalah hasil kerja keras Anda, orang-orang tetap akan berpikir bahwa semuanya mudah saja bagi Anda karena Anda kaya. Pandangan bahwa “semua orang kaya sama saja” sudah melekat kuat di masyarakat dan mustahil untuk diubah.

3. “Melupakan” diri sendiri

Hal ini berlaku untuk mereka yang membangun kekayaan mereka sendiri, bukan karena warisan keluarga. Jika seseorang lebih kaya dibanding orang-orang seusia mereka pada umumnya, jelas mereka bekerja dan berusaha ribuan kali lebih keras.

Pada waktu-waktu yang mereka gunakan untuk menumpuk kekayaan, mereka kehilangan waktu untuk diri mereka sendiri. Mereka mungkin melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai, tidak sesuai dengan impian dan keinginan mereka, sehingga saat mereka kaya, mereka menjadi “lupa” dengan diri mereka sendiri.

Tidak jarang banyak orang kaya yang kehilangan hobi dan kegemaran mereka karena terlalu sibuk bekerja. Tapi sisi positifnya adalah, mereka bisa menjalani hidup dengan nyaman.

4. Teman-teman palsu

Ini mungkin masalah terbesar bagi setiap orang kaya di dunia. Mereka akan dikelilingi oleh banyak orang yang hanya ingin memanfaatkan mereka tanpa adanya ketulusan sama sekali. Tujuan orang-orang tersebut mendekati si kaya adalah demi kepentingan mereka sendiri.

Jika ada satu hal yang sangat sulit dimiliki oleh orang kaya adalah teman-teman yang tulus. Bahkan mereka sendiri pun selalu khawatir dan bertanya-tanya, apakah orang di sekeliling mereka benar-benar tulus ingin berteman atau sekedar memandang kekayaannya saja. Oleh karena itu, banyak orang kaya yang dengan sengaja menyembunyikan kekayaan mereka.

5. Kehilangan waktu untuk orang-orang tercinta

Hal lain yang sangat tidak mengenakkan menjadi kaya adalah waktu Anda akan banyak tersita untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Akibatnya, Anda akan kehilangan banyak momen bersama orang tercinta. Misalnya melewatkan kejuaraan anak di sekolah, kehilangan akhir pekan menyenangkan bersama orang tua, atau terlalu lelah untuk sekedar berkumpul dengan sahabat.

Waktu yang hilang tidak bisa didapatkan kembali, dan itulah salah satu bukti bahwa uang bukanlah segalanya.

6. Sulit menikmati kekayaan

Masih tentang waktu, orang-orang kaya banyak menghabiskan waktu mereka dengan bekerja. Bagi mereka, setiap detik sangatlah berharga untuk dilewatkan dengan bermalas-malasan. Padahal menyegarkan kembali otak dan pikiran sangatlah perlu.

Sayangnya, banyak orang kaya yang justru tidak bisa menikmati kekayaan mereka sendiri. Percaya atau tidak, banyak orang kaya yang benar-benar gila kerja. Mereka bekerja kapan saja dan dimana saja. Bahkan ketika dalam perjalanan, mereka memilih untuk bekerja dibandingkan bersantai atau beristirahat.

Jika mereka punya waktu luang di akhir pekan, biasanya akan dimanfaatkan untuk hal-hal kecil seperti tidur sepanjang hari, bersih-bersih, atau sekedar menonton tayangan TV favorit. Kegiatan yang tidak akan menghabiskan banyak uang bukan?

7. Banyaknya orang yang meminta pertolongan

Karena Anda kaya, maka pertolongan yang dimaksudkan di sini adalah masalah uang. Ya, banyak orang yang menganggap harta Anda melimpah sehinga oke-oke saja jika mereka ingin meminjam uang. Hal ini pasti dialami oleh semua orang kaya.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa orang kaya cenderung menyembunyikan kekayaan mereka. Bukannya pelit atau tidak peduli, tapi Anda harus berusaha begitu keras hingga mengorbankan banyak hal. Kemudian orang lain dengan mudahnya datang untuk meminjam uang tanpa mempertimbangkan sekeras apa usaha Anda mendapatkannya.

8. Konflik dengan keluarga

Menjadi kaya berarti Anda bisa mendapatkan semua kemewahan dan memastikan keluarga hidup dengan nyaman. Namun tidak jarang kekayaan menjadi sumber konflik dalam keluarga. Karena sibu bekerja, Anda melewatkan banyak waktu dengan anak atau pasangan. Akibatnya hubungan akan semakin merenggang dan rawan timbul konflik hingga perpecahan keluarga.

9. Sulit mencari pasangan

Sama halnya seperti mencari teman yang tulus, mencari pasangan yang tulus akan lebih sulit lagi. Ketika mereka tahu seberapa kayanya Anda, mereka mungkin ingin menjadi orang terdekat Anda demi keamanan finansial mereka sendiri.

10. Takut jatuh bangkut

Setiap orang kaya pasti punya ketakutan ini. Hidup dengan kekayaan memang menawarkan kenyamanan dan kemewahan, sehingga rasanya akan jadi pukulan berat kalau mereka sampai jatuh bangkrut. Ini pula yang menjadi alasan terkuat mengapa orang-orang kaya tetap gila bekerja sekalipun mereka telah kaya.

Menjadi kaya bukan berarti bebas dari masalah. Bahkan, melihat artikel di atas, Anda bisa-bisa akan punya masalah yang lebih besar lagi begitu Anda kaya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang masalah orang kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Perbedaan Umum Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin
Ini Dia 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes 2019
Apakah Orang Kaya itu Pelit?
Perbedaan Mentalitas Orang Miskin dan Orang Kaya
Inilah Cara Orang Kaya Mendidik Anak Agar Tidak Manja
Cara Orang Kaya Membesarkan Anak agar Tidak Manja
10 Orang Terkaya 2019 di Indonesia
Siapakah Orang Paling Kaya Sedunia?


Bagikan Ke Teman Anda