Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?

Pada masa sekolah, kita sering sekali melihat orang tua, guru mendisiplinkan anak & anak murid mereka. Sebenarnya, mengapa sih kok harus di disiplin kan? Sepenting apa disiplin tersebut dalam kehidupan manusia ?

Disiplin sendiri adalah 1 hal yang paling tidak disukai anak muda, remaja zaman sekarang. Keinginan untuk bebas dari anak muda sekarang adalah salah satu alasan. Mereka merasa disiplin itu tidak keren, disiplin itu mengganggu kehidupan mereka. Padahal disiplin tidak sesusah itu.

Secara keseluruhan, disiplin dalam kehidupan sehari-hari  adalah sebuah perilaku dimana mengikuti norma kesusilaan, yang dimana kita bisa bertindak dengan kode etik yang dapat diterima oleh orang lain.

Disiplin tidak jauh jauh dari yang namanya peraturan. Dalam kehidupan Anak muda zaman sekarang, mereka banyak memberi slogan seperti “Peraturan dibuat untuk dilanggar.” Jelas ini bukan lah sesuatu hal yang patut dibenarkan. Tidak disiplin sendiri berkaitan dengan pelanggaran yang di lakukan dan tidak menaati aturan yang ada.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulik tentang apa sih pentingnya disiplin dalam hidup?

1. Keselamatan

Ini merupakan salah satu hal penting dalam ke disiplinan. Orang yang tidak disiplin akan mengancam nyawanya sendiri. Kedisiplinan yang menyangkut tentang keselamatan sendiri adalah kedisiplinan dalam berkendara. Jika kita merupakan seorang yang tidak terbiasa untuk disiplin, maka dalam hal satu ini kemungkinan besar kita juga tidak disiplin, Contoh dari tidak disiplin dalam berkendara; Ketika lampu merah menyala di sebuah perempatan, pasti karena satu alasan yaitu lampu hijau sedang menyala di salah satu jalur lainnya. Ketika kita tidak disiplin dengan menerobos lampu merah, maka nyawa kita sendiri taruhannya, pasti terjadi sebuah kecelakaan bisa jadi ada korban jiwa.

2. Mudah Mencari Pekerjaan

Ketika kita menjadi seorang yang disiplin, orang lain akan melihat perilaku kita. Perusahaan akan mencari pekerja tidak hanya pekerjaan yang baik dan sempurna, mereka mencari pekerja yang disiplin. Dalam setiap perusahaan pasti memiliki peraturan yang harus di taat’i. Untuk kalian orang yang tidak terbiasa untuk disiplin, hal ini akan menjadi seakan susah. Tetapi sebaliknya untuk kalian yang menjadi seorang yang disiplin, maka hal ini akan mudah.

1 hal  yang perlu diketahui, perusahaan tidak hanya mencari pekerja yang pintar, namun memiliki karakter yang baik, salah satunya dalam kedisiplinan.

Salah satu contohnya adalah ketika anda menjadi karyawan dan staff suatu perusahaan, anda memiliki IQ yang sangat tinggi, namun anda sering terlambat. Maka, atasan anda akan meragukan anda.

Contoh lainnya, ketika ada peraturan deadline pada pekerjaan anda, karena anda tidak terbiasa untuk disiplin, maka anda akan mengerjakan pekerjaan anda molor dan tidak sesuai deadline tersebut. Walaupun hasil pekerjaannya lebih bagus dari pada karyawan lain, namun hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan kepala perusahaan anda untuk tetap mempekerjakan anda.

3. Kepercayaan

Kepercayaan dari orang terdekat, komunitas, guru, teman, keluarga adalah suatu hal yang sangat penting dan susah membangunnya. Disiplin adalah salah satu cara membangun kepercayaan tersebut.

Jika kita terbiasa untuk disiplin pada diri sendiri maka kita secara tidak langsung akan melakukannya dalam lingkungan masyarakat. Kepercayaan ini berarti seseorang tidak akan khawatir anda tidak melakukannya. Contoh nyata disiplin yang menunjang kepercayaan adalah integritas.

Ketika anda merupakan seseorang yang berintegritas, maka atasan anda atau orang tua anda tidak akan berpikiran buruk terhadap anda. Namun jika pada kenyataannya anda adalah seseorang yang suka menunda waktu dan pekerjaan, maka atasan anda akan terus mengawasi anda agar tetap bekerja (ini di karenakan atasan anda mengerti anda suka menunda waktu), selain itu jika ada pekerjaan yang mendadak dan harus cepat selesai, atasan anda tidak akan memilih anda untuk mengerjakannya.

4. Belajar Dewasa dan Bertumbuh

Jika anda menjadi seorang yang tidak disiplin, maka hidup anda tidak akan berubah. Anda tidak akan menjadi seseorang yang dewasa. Salah satu dari ciri dewasa adalah bertanggung jawab. Pribadi yang tidak disiplin pasti seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang dikatakan di awal, disiplin berkaitan dengan peraturan. Tanggung jawab sendiri juga berkaitan erat dengan peraturan, jika peraturan tersebut dilanggar, maka ada harga yang harus dibayarkan.

Anda akan tetap menjadi seseorang yang tidak bertanggung jawab, mengapa? Karena tidak akan ada orang yang mau memberikan kepercayaan kepada orang-orang yang tidak disiplin. Disiplin pada diri sendiri saja tidak bisa, apalagi dengan hal lain?

5. Pencapaian Cita-cita, Tujuan, Visi

Hal terakhir yang paling berharga jika kita menjadi pribadi yang disiplin adalah pencapaian cita-cita atau tujuan atau visi. Kok bisa?

Contohnya anda memiliki cita-cita menjadi seorang Atlet bulu tangkis.

Jika anda adalah seorang yang tidak disiplin, maka anda tidak akan rajin berlatih, makan makanan yang sehat, olahraga berlari/ Jogging dengan teratur. Maka cita-cita anda sebagai seorang atlit bulu tangkis tidak akan terealisasikan. Hanya akan menjadi angan-angan.

Demikian merupakan beberapa keuntungan dan mengapa disiplin itu perlu dilakukan, jangan menuntut orang lain mengikuti peraturan anda jika anda sendiri tidak disiplin terhadap diri anda sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya disiplin dalam hidup, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pentingnya Disiplin dalam Hidup
Mau Tau Cara Hidup Lebih Disiplin? Ini Dia Kiat agar Lebih Disiplin!
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
Ingin Membuat Hidup Menjadi Produktif? Ikuti Kebiasaan-kebiasaan Ini!
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Cara Membiayai Kuliah dan Hidup di Luar Negeri
Ajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Hikmahnya
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri
Cara agar Berani Public Speaking


Bagikan Ke Teman Anda