Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Terjadi Jika Kartu Kredit Anda Over Limit?

Dewasa ini penggunaan kartu kredit sebagai sarana pembayaran praktis mulai di lirik oleh banyak orang. Bahkan jika dibandingkan dengan dulu, saat ini pengguna kartu kredit sudah melonjak secara drastis. Hal ini bisa di sebabkan karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.

Dimana dulu seseorang yang memiliki kartu kredit merupakan pemimpin atau CEO dari sebuah perusahaan. Namun sekarang setiap orang yang mampu memenuhi syarat pembuatan kartu kredit sudah bisa membuat kartu kreditnya sendiri. Penggunaan kartu kredit memang bisa di bilang efektif jika di bandingkan dengan membayar belanjaan dengan uang tunai.

Manfaat Kartu Kredit

Kini hampir semua bank yang ada di Indonesia baik itu yang negeri maupun swasta sudah melayani pembuatan kartu kredit. Bahkan beberapa bank asing yang ada di Indonesia menyediakan layanan kartu kredit untuk nasabahnya. Lantas sebesar apa manfaat kartu kredit dalam kehidupan? Mari simak penjelasan manfaat kartu kredit ini.

  1. Pengganti cara pembayaran tunai

Pernahkah Anda berbelanja kemudian lupa untuk tarik tunai di ATM? Untuk Anda yang sering lupa untuk membawa uang tunai maka kartu kredit ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Sebab kartu kredit bermanfaat untuk mengganti pembayaran tunai. Dimana isi setiap kartu kredit tentunya berbeda-beda sesuai kelasnya.

  1. Bisa di pakai untuk semua jenis perbelanjaan

Kartu kredit tidak hanya bisa dipakai di pusat perbelanjaan yang ada di kota besar saja. Namun Anda bisa memakai kartu kredit ini untuk membayar berbagai macam tagihan online bahkan untuk mengisi kartu tol Anda. Sebab bank yang membuat kartu kredit ini memang bertujuan agar kartu kredit bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

  1. Lebih mudah digunakan

Untuk seseorang yang memiliki penghasilan menengah ke atas maka ketika pergi berbelanja bisa menghabiskan uang hingga puluhan juta bahkan lebih. Daripada membawa uang tunai yang tentunya jumlahnya sangat banyak maka lebih baik memakai kartu kredit. Sebab dengan kartu kredit hanya perlu menggesek saja kemudian barang belanjaan terbayar otomatis.

Akibat Kartu Kredit Over Limit

Berbeda dengan atm, di kartu kredit terdapat istilah over limit atau pemakaian yang melebihi batas. Memang setiap kartu kredit memiliki over limit yang berbeda-beda. Semakin tinggi kelas kartu kredit yang Anda miliki maka semakin banyak juga over limitnya.

Apa itu over limit? Over limit merupakan sebutan yang digunakan apabila pemilik kartu kredit sudah menggunakan kartu tersebut melebihi batas kredit yang ada. Biasanya hal ini terjadi karena pemilik kartu kredit tidak ingat berapa limit kartu kredit yang ia miliki. Sedangkan akibat dari kartu kredit yang over limit, yaitu:

  1. Denda dari over limit yang terjadi

Sangat penting memang untuk mencatat atau mengetahui berapa over limit kartu Anda sebelum pergi berbelanja agar tidak terkena over limit. Namun jika kartu kredit sudah terlanjur terkena over limit maka Anda harus siap-siap membayar denda dari over limit yang Anda gunakan ketika berbelanja.

Untuk biaya denda over limit kartu kredit ini bisa berbeda-beda sesuai dengan bank yang Anda pakai untuk membuat kartu kredit tersebut. Namun rata-rata denda dari kartu kredit yang over limit adalah 5% dari nilai kelebihan limit yang terjadi. Sesuai regulasi yang ada di bank denda maksimal over limit kartu kredit adalah 300 ribu sampai 500 ribu rupiah.

  1. Kartu kredit terblokir

Meskipun kartu kredit Anda tidak akan langsung terblokir ketika baru pertama kali terkena over limit. Namun jika denda dan biaya over limit tidak segera Anda lunasi maka kartu kredit Anda tidak bisa digunakan kembali atau di blokir sesuai dengan kebijakan bank yang sudah Anda setujui sebelumnya.

Oleh karena itu daripada kartu kredit harus terblokir dan Anda harus membuatnya kembali maka ada baiknya Anda segera membayar denda dan tagihan kartu yang over limit tadi. Hal ini juga bisa menjaga citra Anda di dunia perbankan agar tidak terkena blacklist dari bank Indonesia.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Kartu Kredit Over Limit

Ketika kartu kredit Anda sudah terkena over limit maka jangan takut dan berniat untuk menonaktifkan kartu kredit tersebut. Sebab tidak bisa di pungkiri jika manfaat kartu kredit sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang hobi belanja. Adapun hal-hal yang harus Anda lakukan ketika kartu kredit terlanjur over limit adalah:

  1. Segera bayar denda dan tagihan kartu kredit Anda

Seperti yang sudah di jelaskan diatas jika akibat dari kartu kredit yang over limit adalah Anda terkena denda dari biaya limit tersebut. Jika Anda tahu bahwa kartu kredit Anda terkena over limit maka pergi ke bank yang membuat kartu kredit tersebut lalu bayar denda dan tagihan kartu kredit.

  1. Mengingat setiap transaksi yang sudah di lakukan

Ada baiknya sebelum pergi berbelanja memakai kartu kredit maka Anda hitung terlebih dahulu sudah berapa banyak isi kartu kredit yang Anda gunakan sebelumnya. Dengan menghitung pengeluaran sebelumnya maka Anda bisa terhindar dari kartu kredit yang over limit.

  1. Minimalkan penggunaan kartu kredit

Setelah kartu kredit Anda terkena over limit maka sebaiknya batasi penggunaan kartu kredit. Anda bisa memakai kartu kredit jika memang sedang dalam keadaan yang benar-benar membutuhkan kartu tersebut.

Bagaimana mudah bukan mengatasi kartu kredit yang over limit? Ingat, memiliki kartu kredit bukan berarti membuat belanja Anda semakin banyak. Namun gunakan kartu kredit dengan bijak agar Anda tidak terkena denda over limit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal jika kartu kredit over limit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit BRI
Bila Kredit Motor Meninggal Dunia Sebelum Lunas?
Apa Beda Kartu Kredit dan Kartu Debit?
Alasan Memiliki Kartu Kredit Lebih dari 1
Apa itu Kredit Sindikasi?
Cara Nego Pelunasan Kartu Kredit
Kapan Harus Menutup/Membatalkan Kartu Kredit?
Cara Pasang Iklan di Facebook tanpa Kartu Kredit
Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM?
Mengenal Kartu Kredit AEON


Bagikan Ke Teman Anda