Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Untung Rugi Monopoli? Berikut Keuntungan dan Kerugian Persaingan Monopolistik

#monopolistik #persaingan #rugi #untung

Ekonomi tak lepas dari keberadaan pasar sebagai target dari kegiatan ekonomi itu sendiri. Pasar tak hanya bermakna sebagai tempat bertemunya penjual dengan pembeli, tetapi mencakup kelompok-kelompok atau segmen masyarakat yang disasar untuk memasarkan produk yang dihasilkan dari kegiatan ekonomi.

Apa itu pasar persaingan monopolistik?

Bicara tentang pasar, terdapat satu jenis pasar yang ditinjau dari persaingannya tergolong dalam pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopolistik. Meski secara istilah mirip, namun pasar persaingan monopolistik atau monopolistis tidaklah sama dengan pasar monopoli. Jika pasar monopoli hanya ada satu penjual atau produsen yang menguasai pasar dengan produk yang homogen. Sementara dalam pasar persaingan monopolistik terdapat banyak penjual atau produsen dengan produk yang heterogen, tetapi masing-masing mengandalkan diferensiasi sehingga memiliki karakteristik tersendiri baik dalam kemasan, rasa, warna, dan lain sebagainya.

Pasar persaingan monopolistik memiliki keunikan tersendiri, karena banyak produsen yang bersaing untuk barang yang berbeda atau sejenis, tetapi benar-benar mengandalkan keunggulan produk untuk merebut pasar. Oleh sebab itu, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga meski tak sebesar produsen yang bersaing pada pasar monopoli. Produsen menciptakan produk sedemikian rupa sehingga keunggulannya mampu melekat pada benak konsumen. Dari keunggulan produk tersebut, konsumen memiliki loyalitas sehingga tidak mudah beralih ke produk lain.

Sebagai contoh pasar smartphone di Indonesia. Banyak produsen yang bermain di dalamnya dengan menawarkan varian produk dengan keunggulan masing-masing. Dilihat dari sifatnya, pasar smartphone cenderung homogen, namun keunggulan dan fitur yang tertanam pada masing-masing produk itulah yang menjadi ciri khas sehingga saling membedakan. Misalnya saja smartphone Samsung yang unggul dengan ketahanan baterainya, Oppo yang unggul dengan fitur kameranya, dan Asus yang unggul dengan kinerjanya. Dari perbedaan keunggulan tersebut, masing-masing merek memiliki pasar tersendiri yang dengan setia menggunakan produknya.

Keuntungan dan kerugian pasar persaingan monopolistik

Tingkat persaingan dalam pasar monopolistik sebenarnya cukup ketat, bahkan bisa dikategorikan tinggi, karena setiap produsen senantiasa berusaha meningkatkan kualitas dan mengembangkan inovasi untuk merebut pasar. Oleh sebab itu, produsen yang bermain di pasar monopolistik ini gencar melakukan promosi dan mengenalkan produknya. Mereka menyadari bahwa harga bukanlah faktor yang menentukan dalam upaya merebut pasar. Meski produsen membanderol produknya dengan harga murah, belum tentu konsumen tertarik untuk membelinya. Sebaliknya produk dengan harga mahal, justru lebih diminati konsumen. Jadi, di sinilah strategi marketing mengambil peranan.
Setiap jenis pasar memiliki keuntungan sekaligus kerugian, demikian pula pasar persaingan monopolistik. Adapun hal-hal yang menjadi keuntungan dari pasar persaingan monopolistik di antaranya sebagai berikut.

  • Tingkat hambatan rendah

Artinya produsen memiliki kebebasan dan kemudahan untuk keluar masuk pasar. Rendahnya tingkat hambatan memungkinkan produsen baru untuk masuk dan turut meramaikan persaingan monopolistik. Kemudahan keluar masuk pasar ini sekaligus memastikan bahwa tidak ada produsen tunggal yang mendominasi bahkan memiliki kekuatan monopoli untuk mengeksploitasi konsumen, karena produsen-produsen baru berkesempatan untuk turut mengambil bagian dalam pasar tersebut. Adanya kemudahan dan kebebasan keluar masuk pasar menjadikan persaingan semakin ketat. Meski demikian, hal tersebut justru menjadi cambuk bagi para produsen yang bermain di pasar monopolistik untuk selalu meningkatkan kreativitas dalam menciptakan produk-produk baru yang tentunya berkualitas.

  • Fokus diferensiasi produk memberikan konsumen lebih banyak pilihan

Pasar monopolistik tidak dikuasai oleh satu produsen, tetapi banyak produsen yang bermain di dalamnya dengan produk yang sifatnya heterogen. Untuk menarik konsumen, setiap produsen berusaha memunculkan karakteristik tertentu atau ciri khas pada produknya yang membedakan dari produk produsen lain. Inilah keuntungan pasar monopolistik, yakni berfokus pada diferensiasi produk. Produsen yang kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang jitu akan mampu merebut pasar. Sebaliknya, produsen yang pasif dengan sendirinya akan tersingkir dari persaingan.

Dengan diferensiasi produk, produsen menawarkan sesuatu yang lebih dari produknya, yang tidak ditemukan pada produk dari produsen lain. Di sini peran konsumen dimainkan. Konsumen akan dihadapkan pada produk sejenis tetap lebih beragam dengan keunggulannya masing-masing. Dengan begitu, konsumen menjadi lebih selektif dalam menentukan pilihan terhadap produk yang disukainya atau sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

  • Pengembangan kualitas produk dan jasa

Banyaknya produsen yang bermain di pasar monopolistik pastinya menambah persaingan semakin ketat. Di sini berlaku produsen yang kuat dalam inovasi dan kreativitas dalam menciptakan diferensiasi produk saja yang akan bertahan dan sukses merebut pasar. Adanya persaingan yang ketat mendorong produsen untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan produknya. Hal ini tentunya akan bermuara pada kualitas produk yang semakin baik.

  • Pengetahuan konsumen akan produk dan layanan semakin baik

Banyaknya produk yang ditawarkan di pasaran dari berbagai produsen tentunya memberikan banyak pilihan bagi konsumen. Di sini konsumen akan mempelajari fitur dan keunggulan dari produk dan layanan yang ditawarkan. Tak hanya sampai di situ saja, konsumen selanjutnya akan membandingkan dengan produk dan layanan dari produsen lainnya. Dengan demikian, konsumen bisa lebih memahami keunggulan dari setiap produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Tak hanya keuntungan, pasar persaingan monopolistik juga memiliki kerugian atau kelemahan yang harus diperhatikan oleh para pemain di dalamnya. Adapun kerugiannya antara lain sebagai berikut.

  • Terjadi pemborosan

Akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan diferensiasi produk dan layanan. Hal tersebut menimbulkan pemborosan, karena produsen harus mengeluarkan biaya untuk inovasi produk, riset pasar, dan juga marketing termasuk promo dan iklan. Beragam kegiatan tersebut membutuhkan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit. Bahkan, produsen harus rela memangkas keuntungan yang diperoleh untuk membiayai strategi pemasaran agar tepat mengenai sasaran.

  • Harga lebih tinggi

Tingginya biaya inovasi dan pemasaran produk berdampak pada harga produk dan layanan yang tinggi pula. Pengendalian harga di pasar persaingan monopolistik ini cenderung lebih sulit, meski hal tersebut dilakukan oleh pemerintah sekalipun. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh banyaknya produsen yang bermain di pasar tersebut, yang masing-masing memiliki kekuatan finansial yang berbeda. Jika pun dipaksakan, maka produsen berisiko mengalami kerugian bahkan berujung pada gulung tikar.

  • Iklan mendistorsi keinginan konsumen

Iklan untuk mengenalkan produk dan layanan ke konsumen sah-sah saja hukumnya. Namun, perang iklan produk dan layanan di berbagai media berpotensi memanipulasi dan mendistorsi keinginan konsumen. Hal ini berpengaruh pada kedaulatan konsumen dapat menentukan pilihan terhadap produk dan layanan yang dibutuhkan dan diinginkannya.

Pasar persaingan monopolistik memang memberikan kemudahan dan kebebasan kepada produsen-produsen baru untuk masuk dan bersaing merebut pasar. Namun, harus diingat bahwa kemudahan dan kebebasan tersebut tentu harus diimbangi dengan kekuatan secara finansial, inovasi, dan kreativitas tanpa batas untuk menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas agar tidak tersingkir dalam persaingan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan dan kerugian persaingan monopolistik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Siasat Penerbangan Berbiaya Rendah (Low Cost Carrier) agar Tetap Meraup Untung
Apa itu Keuangan Standard Emas? Apa Untung Ruginya?
Untung Rugi Investasi Bitcoin
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Mau Usaha Anda Untung? Ini Beberapa Taktik Meraup Untung!
Apa itu Demonetisasi? Apa Untung Ruginya?
Ini Dia Cara Bank Mengambil Untung dari Transaksi Kartu Kredit
Apa Untung Ruginya Membuat Program Magang bagi Perusahaan Startup?
Apa Itu BRILink? Dan Apa Untung dan Ruginya Menjadi Agen BRILink?
Apa Untung Rugi Memakai Kartu Kredit? Ini Dia Penjelasannya!


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.