Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Untung Ruginya Ikut KTA?

Kita sudah banyak mengenal tentang apakah itu KTA atau Kredit tanpa Agunan. Fasilitas kredit yang diberikan oleh sejumlah bank dengan pemberian dana tanpa jaminan apapun. Memnag hal ini akan banyak sekali membantu untuk banyak urusan yang memerlukan dana segar. Seperti renovasi rumah, usaha atau bahkan untuk biaya pendidikan anak.

Namun apakah kita menyadari bahwa kredit tanpa agunan bukan tidak tanpa kekurangan atau tidak mempunyai sisi negatif. Kredit tanpa agunan mempunyai sederet kekurangan dan juga daftar keuntungan untuk kita sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan kredit tanpa agunan ini.

Marilah kita simak beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kelebihan atau juga sekaligus kerugian dan kekuranagn dari produk keuangan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dan apa saja yang menjadikan produk perbankan yang satu ini menjadi banyak mempunyai keutungan tersendiri.

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan

  • Persyaratan Yang Mudah

Memang tidak bisa dipungkiri, untuk sebuah kredit tanpa agunan kita tidak perlu repot repot menyiapkan jaminan dan menunggu survei dari pihak bank untuk melihat secara langsung rumah atau tempat usaha kita. Bank hanya menyiapkan formulir yang harus kita isi dan bukti keuangan yang kita miliki seperti rekening koran dan sirkulasi keuangan dari kartu kredit yang kita miliki.

Dahulu pengajuan kredit tanpa agunan memerlukan survey melalui telpon dan bagi calon peminjam tidak harus mempunyai kartu kredit untuk pengajuannya. Namun seiring berkembangnya waktu banyak dari pihak bank yang mengharuskan kita untuk mempunyai kartu kredit. Tim Analisa dari pihak pemebri kredit hanya akan menganalisa pendapatan dan sirkulasi keuangan kita melalui catatan rekening koran tiga bulan terakhir dan pembayaran kartu kredit.

  • Proses Pencairan Cepat

Berbeda dengan kredit konvensional atau multiguna yang memerlukan agunan. Kredit menggunakan memerlukan waktu yang cukup lama. Pihak bank harus benar-benar meastikan jaminan dari peminjam bernilai seimbang dengan nilai kredit yang di ajukan. Belum lagi pihak bank akan melakukan survey tempat tinggal dan tempat usaha apabila kita mempunyai usaha.

Sedangkan untuk Kredit Tanpa Agunan proses pencairannya bisa memerlukan waktu paling lama tiga hari. Setelah pihak bank melakukan Analisa dan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait bank akan melakukan anilasa keuangan dan menyesuaikan kemampuan bayar kita dengan nilai kredit yang kita ajukan. Dalam waktu dua atau tiga hari kemudian dana yang kita ajukan sudah dapat kita terima dengan perjanjian dan melengkapi sejumlah administrasi yang dibutuhkan.

  • Tanpa Nilai Jaminan

Hal yang paling menguntungkan adalah pinjaman ini tanpa memerlukan jaminan nilai dari kredit yang akan kita ajukan. Banyak dari kita terganjal untuk meminjam ke perbankan karena tidak mempunyai jaminan. Bagimana mungkin kita akan mendapatkan dana dengan cepat pada saat yang dibutuhkan apabila kita tidak mempunyai sesuatu untuk di jaminkan kepada pihak bank.

Melalui kredit ini kita dapat mendapatkan dana untuk kebutuhan kita tanpa harus kita menjaminkan sesuatu kepada pihak bank. kita hanya akan mendapatkan pinjaman berdasarkan gaji kita tiap bulan. Sehingga kita tidak akan dapat melampaui batas dari yang sudah ditentukan oleh pihak pemeberi jasa pinjaman tanpa agunan.

Beberapa dari hal diatas adalah kelebihan dari pinjaman tanpa agunan. Namun apakah hal-hal yang dapat menjadi sisi negative atau kekurangan dari kredit ini. Beberapa kekurangan dari kredit ini adalah.

  • Bunga Yang Relatif Lebih Tinggi

Berbeda dengan kredit multiguna atau kredit konvensional dengan agunan. Bunga yang diberikan untuk kredit tanpa agunan lebih tinggi dibandingkan kredit-kredit konvensional. Banyak dari masyarakat yang terkadang takut mengajukan kredit ini. Bunga yang diberikan oleh bank penerbit jasa ini hampir sama dengan Tarik tunai kita melalui kartu kredit.Walaupun tidak sama akan tetapi Bungan dari KTA bisa mencapai 2,5 – 3 % pertahunnya.

  • Limit Yang Terbatas

Berbeda dengan layanan kredit konvensional yang dapat memberikan limit yang besar sesuai dengan Analisa dari jaminan yang diberikan. Selain pihak bank menilai Jaminan dari nasabah. Bank juga dapat menentukan limit kita lebih besar dari yang kita duga karena nilai jaminan kita yang lebih besar.

Sedangkan Kredit tanpa menggunakan agunan ini hanya berdasarkan dari pendapatan kita yang tertulis pada slip gaji atau laporan keuanagn apabila kita pekerja lepas. Disinilah perbankan akan menganalisa kemampuan bayar kita berdasarkan penghasilan kita. Pihak bank akan menganilsa dari rekening kartu kredit yang sudah kita miliki. Berapa limit yang pantas untuk kita. Selain itu penentuan limit juga berdasarkan Analisa sirkulasi keuangan pada rekening kita.

  • Harus memiliki Kartu Kredit

Satu lagi yang agak merepotkan dan cenderung membuat masyarakat agak ragu untuk pengajuan KTA adalah nasabah harus mempunyai kartu kredit sebelumnya. Mengapa demikian, pihak bank sudah memperhitungkan banyak hal Seputar data finansial yang kita miliki. Penyedia jasa perbankan masih mengandalkan kartu kredit sebagai acuan. menganggap bahwa laporan bulanan atau rekening koran bulanan dari kartu kredit merupakan habit yang bisa dipelajari dan diperhitungkan.

Rekaman transaksi yang ada pada kartu kredit merupakan referensi yang memudahkan bank penerbit pinjaman KTA untuk menelusuri dan melakukan perkiraan dari nominal jumlah yang akan kita ajukan. Sehingga apabila kita tidak bisa memiliki kartu kredit disebabkan oleh beberapa hal, maka untuk pengajuan KTA kita juga akan menemukan kendala.

Memilih pengajuan KTA mempunyai plus dan minus. masing-masing kredit dengan jaminan atau tidak akan bermanfat apabila kita menggunakannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Kredit Tanpa Agunan bisa menjadi penolong disaat kita membutuhkan, dengan fasilitas administrasi yang tidak beretele-tele. Yang lebih menariknya lagi proses pengajuan dapat juga dilakukan melalui online.

Artikel Terkait

Demikanlah artikel tentang plus minus KTA, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
KTA (Kredit Tanpa Agunan) Untuk Modal Usaha?
Apa Beda KTA vs Kartu Kredit?
Kredit Tanpa Agunan X-tra Dana CIMB Niaga
Cara Mengatasi Kredit Macet KTA (Kredit Tanpa Agunan)
Anda Butuh Uang Cepat? Pilih KTA atau Kartu Kredit?
Mengapa Aplikasi KTA Ditolak? Apa Sebabnya?
Efek Buruk Menggunakan KTA untuk DP Rumah
Apa yang Terjadi Bila Menunggak KTA (Kredit Tanpa Agunan)?
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui


Bagikan Ke Teman Anda