Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Untung Ruginya Membuat Program Magang bagi Perusahaan Startup?

#program magang #rugi #startup #untung

Praktik magang atau kerja praktik kerapkali memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni perusahaan pemberi kerja dan individu yang magang di perusahaan tersebut. Keduanya saling melengkapi, terutama bagi mereka yang magang karena dengan begitu yang bersangkutan lebih mengenal kondisi dunia kerja dengan cara yang kurang formal dan kurang profesional. Sementara itu, keuntungan bagi perusahaan pemberi tempat untuk magang memang tidak terlampau besar, terutama dari segi finansial.

Bagi perusahaan penyedia tempat magang, praktik semacam ini sifatnya sosial dan merupakan investasi yang tak kalah penting. Dengan menyediakan tempat magang, maka perusahaan tersebut berarti telah turut serta dan berkontribusi dalam penyediaan sumber daya manusia yang paham betul bagaimana dunia kerja nantinya.

Penyediaan fasilitas magang belakangan ini dirasa cukup penting bagi perusahaan startup. Tenaga magang dirasa tidak mungkin dihindari keterlibatannnya karena dipandang memberikan kontribusi penting di tengah momen pengembangan perusahaan jenis startup. Mereka yang magang dipandang punya pengetahuan yang lebih segar dan cenderung lebih obyektif dalam menilai apa yang dikehendaki konsumen. Selain itu, tenaga magang dipandang sebagai salah satu solusi finansial dibanding meng-hire tenaga tetap.

Di luar itu semua, ada banyak pertimbangan yang berujung pada keuntungan dan kerugian dari pemberlakuan tenaga magang di perusahaan startup. Beberapa hal di bawah ini membuat magang sebagai suatu kebijakan yang masuk akal untuk dijalankan perusahaan startup Anda.

1. Menjaring mereka yang berbakat untuk terlibat dalam praktik perusahaan

Tidak terlampau sulit dipahami untuk kemudian disepakati bahwa memiliki banyak orang berbakat dan melibatkan mereka dalam aktifitas bisnis dan hal produktif merupakan salah satu kunci penting dalam keberhasilan perusahaan Anda. Bakat merupakan aset yang krusial dan seringkali menjadi kunci dalam gebrakan besar di perusahaan Anda nantinya, disadari atau tidak.

Nah, penyediaan posisi untuk tenaga magang bisa menjadi cara yang paling efektif dan cerdas untuk menyaring dan menjaring mereka yang berbakat. Anda bisa pura-pura jago dalam satu persoalan tertentu guna mengesankan orang yang mewawancarai Anda, tapi Anda tidak akan bisa berpura-pura saat eksekusi berlangsung. Dengan adanya program magang, Anda membuka peluang untuk

Anda untuk menemukan mereka yang benar-benar berbakat dan bisa memberi kontribusi besar bagi perusahaan Anda. Tidak mengherankan jika yang bersangkutan, jika cocok, bisa direkrut untuk kerja sama profesional selepas lulus.

2. Lebih banyak tangan untuk eksekusi

Makin banyak tangan yang terlibat membuat pekerjaan lebih ringan untuk dijalani. Hal ini sangat terasa ketika berhubungan dengan aktifitas yang sederhana seperti mengelola media sosial, berinteraksi dengan pelanggan, serta memasarkan produk. Dengan begitu, perusahaan startup Anda bisa lebih fokus menggarap apa yang seharusnya digarap. Terlalu banyak berkutat dengan hal yang kurang strategis seringkali menjadi jurang bagi perusahaan startup, yang merasa semuanya bisa diselesaikan dengan teknologi.

3. Peluang menjajal ide dan peran baru dalam perusahaan

Masa awal pendirian perusahaan tentu bukan hal mudah bagi seorang founder. Anda kemungkinan besar tidak yakin atau belum sepenuhnya mengerti bakat seperti apa yang dibutuhkan perusahaan startup Anda dan juga lingkup kerja yang harus Anda berikan. Ini berarti bahwa keterlibatan tenaga kerja full-time hanya menambah ongkos pengeluaran kantor yang hanya akan menyakiti kondisi keuangan Anda dan mempengaruhi kultur perusahaan dan operasi bisnis Anda secara keseluruhan. Dengan adanya tenaga magang, hal tersebut bisa diatasi karena Anda berpeluang untuk menguji peran-peran dan posisi baru di perusahaan Anda.

Dengan begitu, Anda akan paham betul akan posisi mana yang seharusnya ada dan tidak ada. Satu hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah jangan sekali-kali meremehkan kemampuan seorang tenaga magang. Mereka cenderung lebih muda sehingga cenderung lebih kreatif dan peka dalam membaca pasar serta memiliki pengetahuan terkini yang mampu membantu founder memperbaiki arah perusahaan startup yang dipimpinnya.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang perlu diwaspadai dari penggunaan tenaga magang. Hal-hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kondisi moral saat magang berakhir

Tim kerja cenderung senang dengan adanya anak baru yang masuk sebagai anggota. Dan, bukan rahasia lagi bahwa wajah baru yang cocok dengan kultur perusahaan merupakan angin segar bagi startup Anda. Namun, moral Anda mungkin bakal sedikit goyah ketika tenaga magang Anda harus kembali ke bangku sekolah atau kuliah. Persoalan menjadi sedikit lebih pelik lagi ketika Anda tidak punya alokasi posisi yang tepat bagi tenaga magang. Anda bisa seperti kehilangan seluruh anggota tim jika tidak mengalokasikan dengan baik.

2. Anda perlu mengalokasikan waktu lebih untuk mengajari

Hal ini pasti terjadi saat tenaga magang baru tiba di perusahaan Anda. Terlebih jika tenaga magang baru tersebut diberi tugas atau peran yang lumayan kompleks. Maka dari itu, adalah sesuatu hal yang kontraproduktif jika seorang tenaga magang diberi persoalan yang kompleks karena itu berarti bahwa Anda harus meluangkan waktu dan tenaga lebih untuk mengajari mereka apa yang harus dilakukan dan bagaimana seharusnya sesuatu itu dilakukan. Padahal, sebagai pelaku startup, Anda tidak punya waktu lebih untuk itu mengingat kompetisi yang begitu sengit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung ruginya membuat program magang bagi perusahaan startup, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.