Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?

Kekayaan seseorang bisa didapatkan melalui berbagai cara, ada yang mendapatkannya dengan usaha sendiri namun ada juga yang memperolehnya dari warisan orang tua. Mereka yang memiliki penghasilan diatas rata-rata dan hidup serba berkecukupan atau bahkan lebih dari cukup juga dapat dikatakan sebagai orang yang kaya.

Seseorang yang menjadi kaya dengan usahanya sendiri tentu telah melalui berbagai perjuangan. Disisi lain, mereka yang berada pada taraf hidup di bawah rata-rata atau miskin tentu ingin memperbaiki hal tersebut dan menjadi kaya. Oleh karena itu, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari orang kaya. Berikut ini penjelasannya dalam bentuk poin-poin.

1. Orang Kaya Akan Melakukan Diversifikasi

Istilah diversifikasi berkaitan erat dengan permasalahan ekonomi. Diversifikasi ekonomi sendiri merupakan suatu usaha penganekaragaman produk (bidang usaha) atau lokasi perusahaan yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh sehingga arus kas menjadi lebih stabil.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengatasi krisis ekonomi. Dengan begitu apabila suatu perusahaan mengalami kemorosotan pendapatan pada salah satu produk atau di suatu daerah, maka dia akan mendapatkan kelebihan pendapatan dari produk atau daerah lainnya sehingga kekurangan yang terjadi dapat tertutupi.

Sedangkan apabila diterapkan pada kehidupan, maka hal tersebut berhubungan dengan penggunanan dan penyimpanan aset yaitu menyebarkan risiko Anda di berbagai aset sehingga penurunan nilai di salah satu kepemilikan tidak terlalau berdampak buruk karena kemungkinan akan ada kepemilikan lain yang mengalami kenaikan nilai untuk dapat menyeimbangkan kerugian.

Orang kaya mendiversifikasikan aset mereka di seluruh pasar dan sektor. Selain itu, mereka juga mendiversifikasikan ekuitas pribadi di seluruh bisnis, negara dan mata uang. Dengan demikian, apabila sektor perbankan mengalami kebangkrutan dan mata uang asal mereka secara besar-besaran mengalami kehilangan nilai, maka aset mereka aman.

2. Orang Kaya Akan Mengambil Pelajaran dari Orang Lain

Ketika Anda ingin meraih kesuksesan dalam segala hal, maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah belajar dari orang sukses lainnya. Mereka yang saat ini telah menjadi kaya merupakan orang yang telah berhasil meraih kesuksesannya. Semua itu mereka raih dengan mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh para orang sukses lainnya.

Orang kaya akan mengisi waktu luangnya dengan sesuatu yang bermanfaat dan salah satunya adalah dengan melakukan diskusi bersama orang-orang sukses. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui hal-hal apa yang kiranya kelak akan membuat mereka mengalami kegagalan dan hal-hal yang kiranya akan membuat mereka menjadi sukses dimasa mendatang. Setelah mereka mengetahui berbagai tips untuk meraih kesusksesan, maka mereka akan mempraktikan semua hal itu agar dapat mengikuti jejak orang-orang yang telah sukses.

Bagaimanapun juga pengalaman adalah guru yang hebat dalam proses meraih kesuksesan. Alih-alih belajar dari kesalahan Anda sendiri, lihatlah para investor yang telah sukses. Perhatikan bagaimana cara mereka mengatasi kesalahan yang terjadi dan belajar dari padanya.

3. Orang Kaya Menemukan Jalannya Sendiri

Sudah menjadi sifat dasar dari seorang manusia, dimana mereka memiliki pemikiran bahwa jika mayoritas melakukan sesuatu, maka itu harus menjadi hal yang benar untuk dilakukan. Itulah alasan dibalik sifat manusia yang cenderung mengikuti kawanan. Padahal kenyataan yang sesungguhnya, hanya karena orang lain melakukan suatu hal bukan berarti itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Orang kaya sangat memahami hal ini dan mereka menemukan jalan mereka sendiri.

Tentu tidak mudah untuk menentang arus atau berjalan ke arah yang berbeda dari apa yang mayoritas orang lain jalani. Namun terkadang, menentang orang lain dan mengikuti naluri Anda dapat memberi keuntungan tersendiri.

4. Orang Kaya Memperhatikan Apa yang Dibayarkannya

Orang kaya sangat memahami bahwa harga yang mereka bayar untuk suatu hal akan menentukan apakah pada akhirnya mereka akan memperoleh keuntungan atau kerugian. Disamping itu, mereka juga mengetahui bahwa aset yang berkualitas belum tentu akan memberi keuntungan. Sebaliknya, aset tidak berkualitas dapat memiliki peluang yang lebih baik.

Di pasar saham, salah satu cara terbaik untuk mengukur nilai adalah dengan menggunakan rasio price-to-earning (atau CAPE) yang disesuaikan secara siklikal, yang memuluskan fluktuasi harga jangka pendek. Investasi di pasar yang memiliki CAPE rendah atau rata-rata akan memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada membeli pasar saham dengan CAPE tinggi.

Peluang Anda menghasilkan uang akan meningkat ketika Anda membeli saham dengan harga murah, dibandingkan stok yang mahal. Dalam jangka pendek, apa pun bisa terjadi pada harga suatu aset. Semakin banyak orang yang bergegas untuk membeli saham “panas” yang sudah mahal akan mendorong harga naik lebih tinggi. Selain itu, sentimen negatif terhadap pasar atau saham yang tidak menguntungkan dapat berarti bahwa diperlukan aset yang lebih murah untuk menaikkan harga. Tetapi pada akhirnya, harga akan menang.

5. Orang Kaya Memahami Pentingnya Uang

Kebanyakan orang miskin benar-benar tidak memahami pentingnya uang. Mereka akan melihat dan menilai orang-orang yang ambisius itu mempunyai sifat tamak atau egois. Namun mereka yang menganggap uang itu penting akan melihatnya sebagai alat positif yang memiliki kekuatan untuk menciptakan kebebasan dan kesempatan bagi diri mereka sendiri dan keluarganya. Tidak ada salahnya untuk menjadi seseorang yang ambisius terhadap sesuatu selama hal tersebut tidak merugikan orang lain. Setiap orang memiliki hak dalam menentukan sikap dan mengejar apa yang bisa membuatnya bahagia. Oleh karena itu, jadikan kebahagiaan sebagai tujuan Anda dan berpikirlah positif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang bisa dipelajari dari orang kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Banyak Orang yang Tidak Memiliki Tabungan?
Cara Mendidik Anak untuk Belajar Mengatur Keuangan
Redenominasi Rupiah, Bagaimana Seharusnya Masyarakat Menyikapinya?
6 Cara Menjadi Kaya Ala Orang Yahudi
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Apakah Keuangan Kamu Sehat? Berikut Cara Mengukurnya
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana
Apa yang Dilakukan Ketika Saudara Meminjam Uang?


Bagikan Ke Teman Anda