Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Menghentikan Orang Menjadi Kaya?

Menjadi sukses dan kaya adalah hak semua orang. Namun tidak semua dapat memahami bagaimana cara menjadi kaya raya. Kebanyakan dari mereka berkutat dengan usahanya yang selalu gagal, dan sebagian lagi dengan menyalahkan nasib.

Apa saja yang menghentikan orang menjadi kaya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Hal-Hal yang Menghentikan Orang Menjadi Kaya

1. Hanya menunggu

Banyak orang berpikir bahwa orang-orang kaya di sekitar mereka hanyalah beruntung. Oleh sebab itulah mereka enggan melakukan sesuatu dan hanya duduk diam menunggu keberuntungan itu datang.

Nyatanya, kekayaan dan kesuksesan tidak dibangun dari keberuntungan semata, tapi juga usaha, kegigihan, serta kerja keras.

2. Menyia-nyiakan waktu

Rasa malas adalah penghalang utama seseorang untuk menjadi kaya. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di kafe-kafe sambil membakar uang untuk hal yang tidak berguna.

Seandainya saja orang menyadari bahwa untuk menjadi kaya perlu belajar atau berinvestasi, mungkin peluang untuk menjadi kaya jauh lebih terbuka.

3. Gaya hidup semu

Memiliki mobil mewah, gadget puluhan juta, bergaya hidup sosialita, adalah ukuran yang ditetapkan sebagian orang untuk disebut kaya.

Tanpa mereka sadari semua itu hanyalah gaya hidup semu yang bersifat sementara, sampai mereka menyadari bahwa uang mereka habis atau bahkan cicilan membengak setiap bulannya untuk menuruti gaya hidup tersebut.

4. Tidak memikirkan masa depan

“Hidup untuk hari ini”

Well, rasanya kalimat tersebut tidak akan berlaku saat Anda memasuki usia 55 tahun atau menjelang pensiun. Menabung dan mempersiapkan dana pensiun di usia tersebut tentu rasanya akan sangat terlambat.

Jika Anda sekarang masih lajang atau berusia 30-an, sebaiknya mulai pikirkan masa depan Anda dengan menabung atau berinvestasi untuk masa depan.

5. Serakah

Banyak orang menginginkan sesuatu yang lebih secara instan. Mereka mengorbankan modal yang berharga dengan harapan memperoleh pengembalian berkali-kali lipat. Sayangnya sifat serakah tanpa perhitungan matang kerap menjebak orang dalam kegagalan.

6. Boros

Tidak ada yang bisa menghalangi orang dengan gaya hidup boros untuk membelanjakan dan menghabiskan uang mereka tanpa tersisa.

7. Menunda

Adakah orang yang sukses saat mereka suka menunda-nunda pekerjaan? Jawabannya tidak. Seorang penunda sama dengan pemalas yang melewatkan jutaan peluang yang mampir di depan mereka.

Mereka berpikir masih ada hari esok, dan kesempatan akan datang sekali lagi. Namun sayangnya waktu mereka sudah habis.

8. Terlalu fokus pada anak

Apa buruknya untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak? Tentu boleh-boleh saja, tapi kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah, mereka terlalu fokus untuk “menyenangkan” anak-anak dan memberikan semua keinginan mereka.

Bahkan ketika sang anak beranjak dewasa dan harusnya mandiri secara finansial, orang tua tipe ini akan terus memanjakan anak-anak mereka, tidak perduli bagaimana pun kondisi keuangan mereka sendiri.

9. Tidak fokus pada rintisan bisnis

Kebanyakan orang senang beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain, dari satu ide ke ide yang lain, tanpa fokus pada satu hal dan mengembangkannya.

Mereka sekedar mengikuti tren yang ada, sehingga setiap rintisan bisnis yang mereka mulai akan ikut layu seiring tren pasar yang mulai turun.

Tidak ada salahnya memang untuk mengikuti tren yang sedang berkembang di pasar, namun saran berharga yang wajib Anda lakukan adalah dengan menguji bisnis baru selama 6 bulan.

Selanjutnya pilih model bisnis yang paling memungkinan untuk Anda jalankan, dan ikuti terus setidaknya selama 5 tahun kedepan.

10. Kurang disiplin

Untuk menjadi kaya dibutuhkan pengorbanan, meskipun tidak berarti pula Anda tidak boleh bersenang-senang.

Tundalah kesenangan itu sesaat hingga kondisi keuangan Anda cukup stabil. Selama itu, waktunya untuk bekerja keras, bekerja pintar, dan memiliki disiplin keuangan.

11. Salah pergaulan

Prinsipnya, jika Anda ingin menjadi pintar, maka Anda harus bergaul dengan orang-orang pintar. Demikian pula jika Anda ingin menjadi kaya, maka bergaullah dengan orang-orang kaya.

Ambil ilmu bagaimana mereka menjadi sukses atau bagaimana mereka bangkit setelah mengalami musibah.

12. Terlalu baik

Terkadang menjadi terlalu baik atau terlalu lugu akan merugikan diri sendiri. Anda harus ingat bahwa ini adalah dunia yang keras. Anda akan bersaing dengan banyak orang yang liar dan memanfaatkan segala cara untu menjadi kaya.

Bersikap baik itu perlu, tapi menjadi orang baik yang sekaligus cerdas jauh lebih penting.

13. Terlalu banyak kredit

Kian hari rasanya kian mudah untuk memperoleh barang kebutuhan. Anda bisa mengambilnya secara kredit dengan uang muka, angsuran, serta bunga yang (nampaknya) ringan.

Tapi tunggu dulu, kami sama sekali tidak menyarankan Anda untuk mengambil kredit secara besar-besaran. Semua akan nampak mudah di awal, sampai Anda menyadari bahwa uang Anda habis untuk membayar cicilan dan bunga yang menumpuk.

14. Terlalu banyak menyimpan

Menyisihkan uang untuk disimpan memang baik. Tapi hanya sekedar menyimpannya tidak akan membuat Anda kaya. Orang dengan mental kaya akan mengusahakan dan menginvestasikan uang milik mereka alih-alih sekedar menyimpannya.

15. Tidak mau berkembang

Kebanyakan orang menjadi malas saat mereka berhadapan dengan hal baru. Mereka enggan belajar kembali atau menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman.

Hasilnya, mereka tertinggal jauh dari yang lain. saat kerabat atau rekan mereka mendapat tambahan penghasilan dari bisnis online, mereka hanya merenung dan menganggap diri mereka kurang beruntung.

Jika Anda terjebak dalam situasi-situasu tersebut, kami menyarankan untuk segera keluar. Temukan kelemahan Anda selama ini dan berusahalah memperbaikinya. Belajarlah dari individu lain  yang sudah sukses sehingga Anda pun bisa menjadi seperti mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang menghentikan orang menjadi kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Anda Pengin Kaya? Ini yang Harus Anda Lakukan!
Kamu Tidak Akan Bisa Kaya Jika Melakukan 7 Hal Ini
Alasan Mengapa Kamu Tidak Bakal Jadi Kaya?
10 Langkah untuk Menjadi Kaya
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Perbedaan Cara Berpikir si Kaya dan si Miskin
Mau Tahu Cara Efektif dan Efisien untuk Menjadi Kaya? Simak Tips Berikut
Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
Inilah Sebabnya Mengapa Kerja Keras Saja Tidak Menjamin Anda Pasti Kaya
Apakah Mengambil MBA akan Membuat Saya Kaya?


Bagikan Ke Teman Anda