Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apakah Airbnb Bakal Menjadi Ancaman bagi Hotel?

#AirBnb #ancaman #hotel

Keberadaan bisnis semacam Airbnb memberi solusi bagi para pengelana, petualang dan juga mereka yang ingin menyewakan kamar mereka demi uang tambahan. Ini tak lain merupakan buah dan contoh utama dari apa yang dinamakan dengan sharing economy, dimana para individu berpeluang untuk saling berkolaborasi memanfaatkan infrastruktur yang dimiliki melalui mekanisme fee-based sharing. Masih banyak praktik serupa sebagaimana Airbnb, seperti Uber, Go-Jek, Grab, Lyft dan TaskRabbit.

Pertumbuhan pesat platform peer-to-peer semacam ini disokong oleh kemampuan para pelaku bisnis semacam ini untuk melakukan pemenuhan supply dan demand melalui kapasitas untuk memilih barang dan jasa tanpa adanya friksi yang berarti. Airbnb, misalnya, telah melayani lebih dari 35 juta tamu sejak tahun 2008. Meski sifatnya masih berupa sebuah perusahaan privat, valuasinya berhasil menembus rantai hotel papan atas dunia semacam Hyatt.

Ketika didirikan pada tahun 2008, Airbnb menegaskan jati dirinya sebagai sebuah website sosial yang menghubungkan orang-orang yang memiliki ruang (baca: kamar) untuk disewakan dengan mereka yang tengah mencari kamar untuk ditinggali selama periode waktu tertentu. Secara tidak langsung, Airbnb bertindak layaknya sebuah marketplace yang menawarkan jasa akomodasi.

Melalui platform yang ada, para pemilik rumah mendaftarkan ruang kosong atau apartemen mereka, menyediakan jasa untuk bermalam dalam hitungan hari, minggu, atau bulan seraya menawarkan akomodasi tersebut kepada para tamu Airbnb. Nah, Airbnb sendiri mendapatkan uang dari tamu maupun pemilik kamar untuk jasa yang diberikannya. Pada para tamu Airbnb menarik fee hingga sebesar 12 persen dari harga booking untuk setiap kali proses booking yang dilakukan, tergantung pada lama durasi pemesanan, sementara pemilik rumah dipotong 3 persen.

Bisnis model Airbnb saat ini beroperasi dengan kontrol regulasi minimal di kebanyakan lokasi, dan sebagai hasilnya, baik tamu maupun pemilik rumah mendapatkan insentif untuk menggunakan mekanisme yang ada untuk membangun kepercayaan serta memaksimalkan kepuasan booking kamar. Untuk mendukung kondisi semacam ini, Airbnb telah membangun sistem reputasi online yang memungkinkan dan menyokong baik tuan rumah maupun tamu untuk meninggalkan ulasan setelah menginap di kamar tersebut.

Di sini tamu memberi rating dalam bentuk bintang untuk hal-hal seperti kebersihan, lokasi dan komunikasi sementara tamu dan tuan rumah bisa memberi informasi lain seputar aspek tempat tinggal tersebut, termasuk komentar pribadi. Sejak diluncurkan di tahun 2008, Airbnb mengalami pertumbuhan pesat dengan lebih dari 7 juta tamu dan lebih dari 3 juta malam telah di-booking lewat situs tersebut hingga akhir tahun 2015. Situs ini sendiri sekarang telah digunakan oleh lebih dari 50 ribu penyewa per malamnya dan memiliki market cap sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Tentu, ini memberi persoalan baru dan ancaman anyar bagi para pemilik hotel karena traveler cenderung memilih untuk booking tuan rumah yang relatif bebas di website ketimbang menikmati jasa hotel konvensional. Meski masing-masing tempat merasakan pengaruh berbeda terhadap keberadaan Airbnb, dampak tersebut sifatnya global dan terasa diseluruh dunia. Apa yang berbeda tak lain adalah lokasinya saja.

Ada beberapa hal yang menjadi persoalan bagi hotel terkait dengan keberadaan Airbnb. Yang pertama adalah Airbnb mampu mengalahkan tingkat okupansi hotel konvensional di mata para traveler yang lebih menyukai format berkelana dan berwisata yang lebih menantang, kurang personal dan sifatnya informal.

Bagi pengelana semacam ini, merambah dunia baru dan lingkungan baru serta suasana dan budaya baru tidak akan mudah terwujud jika harus menggunakan jasa hotel konvensional. Selain itu, keberadaan hotel konvensional dipandang relatif lebih mahal karena sang pengelana harus menyiapkan uang tambahan untuk tips dan tetek bengek lainnya. Ada kalanya mereka tidak membutuhkan sarapan. Dan, tipe tamu semacam ini memang tidak menuntut untuk dimanjakan seperti itu. Tidak pula mereka membutuhkan jasa seperti massage atau spa sebagaimana yang biasa nangkring di hotel konvensional. Ini, tentu saja, membuat hotel konvensional kekurangan revenue dalam artian yang sesungguhnya.

Dan, yang paling penting adalah, para tamu dapat dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat umum dengan Airbnb. Mereka menjadi lebih mudah mengenal kondisi tempat mereka berada ketimbang harus keluar masuk di kamar bersih ber-AC dan dilengkapi layanan TV kabel maupun internet lewat saluran nirkabel. Tidak ada sesuatu yang baru dari cara berwisata yang seperti itu.

Pertanyannya adalah sejauh mana Airbnb akan berkembang dan hingga berapa lama lagi ia akan bertahan sebagai suatu bisnis semacam ini? Sejauh ini tidak ada masalah yang berarti dari kehadiran Airbnb. Namun, pada kurun waktu yang lebih lama, Airbnb akan berpotensi menggerus perekonomian lokal. Juga akan berpotensi mengganggu penerimaan pemerintah dari sektor pajak penerimaan dari hotel. Tapi, bagaimanapun juga, ada sisi psikologis dimana manusia ingin diberi pelayanan bak raja. Dan, itu hanya bisa diberikan oleh hotel konvensional, bukan oleh sejenis Airbnb. Siapa yang bakal menjadi pemenang, kita lihat saja nanti.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apakah Airbnb menjadi ancaman bagi hotel, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.