Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apakah Investasi Emas Selalu Menguntungkan?

Memilih investasi memang harus pintar dan cermat dalam melihat situasi, banyak investasi saat ini yang menawarkan keuntungan berlipat ganda namun ternyata hanya abal-abal. Tentunya anda tak akan mau bila hasil kerja keras hilang sia-sia karena keliru memilih investasi.

Investasi bisa ditujukan banyak hal, seperti pembelian properti, deposito, usaha, jual beli saham maupun dalam bentuk emas misalnya. Dan berbicara mengenai investasi emas memang akan selalu menarik karena mampu memberikan banyak keuntungan..

Tetapi benarkah demikian, apakah investasi emas selalu menguntungkan? Lantas apa alasannya dan adakah sisi tidak menguntungkannya? Berikut simak ulasannya selengkapnya.

Keuntungan Berinvestasi pada Emas

Berinvestasi dalam bentuk emas pun bisa dalam bentuk apapun, mulai dari perhiasan hingga dalam bentuk emas batangan. Dan logam mulia emas nyatanya memang bisa dijadikan sebagai sarana investasi yang cukup menarik dan memberikan keuntungan tersendiri. Berikut diantarany.

  • Fluktuasi harga yang cenderung meningkat

Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai yang cenderung stabil dibandingkan dengan jenis investasi lain. Dan dalam jangka waktu yang panjang justru akan semakin meningkat. Banyak faktor yang mempengaruhi harga emas, satu diantaranya ialah tingkat inflasi.

Karena harganya yang selalu meningkat setiap tahunnya inilah, mengapa emas bisa jadi pilihan investasi yang cerdas. Terlebih pilihan untuk berinvestasi pada emas batangan, berbeda dengan perhiasan emas.

  • Mudah Diuangkan Kembali

Berbeda jika anda memilih properti sebagai sarana untuk berinvestasi yang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa diuangkan kembali karena harus menunggu pembeli. Berinvestasi pada emas justru lebih mudah untuk diuangkan.

Sehingga kapanpun anda sedang membutuhkan dana segar, emas yang dimiliki bisa langsung dijual tanpa harus menunggu waktu-waktu tertentu.

  • Siapapun Bisa Berinvestasi

Tak cuma kalangan tertentu saja yang bisa berinvestasi dengan emas, karena hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Terutama emas dalam bentuk perhiasan, karena harganya yang terjangkau yang berkisar mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 600.000 per gram-nya tergantung emas yang dipilih.

Karenanya siapapun bisa berinvestasi pada emas tanpa memandang status pekerjaannya, karena anda bisa membeli emas dengan nominal uang yang anda miliki. Tak heran jika toko emas selalu ramai dikunjungi para pembelinya.

  • Minim Resiko

Menginvestasikan penghasilan pada emas selain juga memberi sejumlah keuntungan yang luar biasa tentunya juga karena minimnya resiko yang ditimbulkan karenanya. Misalnya jika anda menyimpan uang anda pada tabungan, tentunya setiap bulan uang yang disimpan akan selalu berkurang karena terpotong oleh biaya-biaya adminitrasi lainnya.

Namun hal tersebut tidak akan anda temui jika berinvestasi pada emas, berapapun emas yang anda miliki dan selama apapun disimpan harganya akan cenderung tetap. Dan mekipun terjadi fluktuasi harga dipasaran hal ini tidak akan terlalu berpengaruh pada harga emas yang anda miliki.

  • Bisa digunakan sebagai agunan

Sebagaimana aset, emas pun juga bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat tanpa perlu menjual emas yang anda miliki. Dan anda bisa menggunakan jasa pegadaian atau bank syariah untuk menjaminkan emas yang dimiliki karena dua lembaga ini lebih aman jika dibandingkan menggadaikan pada seseorang.

Berinvestasi Emas tak Selalu Menguntungkan

Meskipun berinvestasi pada emas mampu memberikan sejumlah keuntungan, namun tentunya juga tak selamanya menguntungkan terdapat resiko yang menyertainya. Dan anda pun juga perlu mewaspadai kemungkinan resiko tersebut, sebagaimana berikut contohnya.

  • Lebih beresiko hilang

Memiliki emas sudah sepantasnya lebih berhati-hati ketika menyimpannya karena emas sangat beresiko hilang. Baik hilang karena tindak kejahatan maupun karena keteledoran anda sendiri, terlebih lagi jika ema yang dimiliki dalam jumlah yang besar.

Apalagi bila anda menggunakan perhiasan emas secara berlebihan ketika keluar rumah, tentunya hal ini juga dapat memicu tindak kejahatan. Bukan hanya emas yang akan hilang bahkan bisa-bisa nyawa pun juga bisa melayang.

Karenanya batasi untuk penggunaan perhiasan emas dan gunakan sewajarnya. Dan akan lebih baik anda mempertimbangkan untuk menggunakan save deposit box yang biasanya ditawarkan oleh bank untuk menyimpan barang berharga.

  • Rentan terjadi penipuan

Emas yang memiliki jual yang tinggi membuatnya rentan dijadikan objek penipuan. Ini karena tidak semua orang memiliki pengetahuan yang cukup memadai mengenai emas asli maupun yang palsu. Karenanya tak sedikit orang yang terkena tipu dengan emas yang sudah dibelinya meskipun disertai sertifikat kepemilikan.

  • Penurunan nilai

Sebagaimana sebuah benda yang disimpan pastinya akan mengalami perubahan begitu pun dengan emas dalam bentuk perhiasan juga akan mengalami penurunan kondisi bila tidak dirawat dengan baik. Misalnya putus, patah, rusak maupun berubah warna karena sebab-sebab tertentu. Oleh karena itulah nilai dari emas yang dimiliki juga turut mengalami penurunan nilai.

Karenanya bila anda memiliki perhiasan emas dirumah simpan baik-baik agar bentuk dan kondisinya tidak berubah.

Sebagaimana investasi, tentunya sebemul anda memilih emas sebagai tujuan berinvestasi masa depan anda ada baiknya bila mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk emas. Supaya keinginan untuk berinvestasi tidak menimbulkan masalah pelik dikemudian hari. Menjadi cerdas dan cermat saat berinvestasi sangat penting kaitannya demi kelangsungan finansial yang lebih aman dan mapan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang investasi emas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Keuntungan dan Kerugian dari Perdagangan Bebas
Investasi Emas untuk Pendidikan, Kenapa Tidak?
Apa Keuntungan Membeli Asuransi Jiwa? Ini Dia Jawabannya.
Apakah Investasi Emas Bagus Saat Redenominasi?
Keuntungan dan Cara Berinvestasi Pada Surat Utang Negara (SUN)
Asuransi Syariah, Apa Saja Keuntungannya?
Siapa itu John Maynard Keynes? Biografi John Maynard Keynes
Siapa Itu Adam Smith? Biografi Adam Smith
Pelajaran dari Krisis Yunani, Cara Bertahan Saat Krisis Ekonomi
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur


Bagikan Ke Teman Anda