Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Berjualan dan Transaksi di Carousell

Tren belanja online yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia memicu munculnya berbagai marketplace untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Dibandingkan dengan cara berbelanja trandisional, belanja online memang menawakan banyak kelebihan. Antara lain belanja bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga para konsumen bisa menghemat waktu mereka untuk pergi ke toko.

Selain itu, marketplace biasanya menawarkan diskon dan promo menarik yang membuat konsumen berlomba-lomba belanja barang di sana. Carousell termasuk marketplace yang sedang naik daun di Indonesia.

Carousell adalah perusahaan yang berbasis di Singapura dan beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Filipina, dan Australia. E-commerce yang satu ini berbasis web dan smartphone, sama seperti e-commerce lain pada umumnya. Namun yang membedakan adalah barang-barang yang dijual disini. Carousell melayani transaksi jual beli barang bekas atau secondhand.

Sejak berdiri pada tahun 2012, Carousell telah menjual lebih dari 30 juta barang bekas dan memiliki sekitar 50 juta daftar barang yang siap jual. Buat Anda yang suka impulsif saat berbelanja dan berakhir membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, tinggal jual saja di Carousell.

Percaya atau tidak, banyak orang lebih menyukai barang bekas yang masih berkualitas dibandingkan harus membeli yang baru. Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan barang impian dengan harga murah.

Nah, bagaimana cara berjualan di Carousell dan melakukan transaksi di sana?

Cara Berjualan di Carousell

Anda punya banyak barang yang sudah tidak terpakai namun kualitasnya masih bagus? Jual saja di Carousell agar Anda mendapatkan uang. Ini dia langkah-langkah membuat akun dan mulai berjualan di Carousell.

Sebagai pengguna baru, tentu Anda diharuskan mendaftar dahulu menggunakan email, Google, atau akun Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  • Mendaftar dengan email

Cara mendaftar akun Carousell dengan email adalah:

    1. Pilih menu “Mendaftar untuk mendapatkan akun”
    2. Lalu isi username, password, kota, dan alamat email
    3. Pasang foto profil Anda
    4. Pilih “Buat Profil Baru.

Akun Carousell Anda sudah jadi dan Anda bisa langsung menggunakannya.

  • Mendaftar dengan Google

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Android saja.

    1. Pilih opsi Google di laman depan aplikasi
    2. Masukkan akun Google Plus lalu buat akun baru
    3. Lakukan verifikasi email agar bisa mulai berjualan di Carousell
  • Mendaftar dengan Facebook

Cara yang satu ini simpel dan tidak ribet, yaitu menggunakan akun Facebook untuk mendaftar Carousell.

    1. Pilih menu “Lanjut dengan Facebook” di laman depan aplikasi Carousell
    2. Anda akan dialihkan ke laman Facebook Anda dan masukkan informasi yang diminta.
    3. Pilih “Masuk”, lalu ikuti petunjuk selanjutnya untuk menggunakan akun Carousell dan mulai berjualan.

Berjualan di Carousell

Setelah membuat akun, Anda bisa memilih mau menjual atau membeli barang melalui platform tersebut. Begini langkah yang harus dilakukan jika ingin menjual barang di Carousell.

  • Dengan Aplikasi
    1. Buka aplikasi, lalu tekan ikon (+), yaitu tanda Anda ingin menjual barang.
    2. Anda akan diberi pilihan untuk mengambil foto langsung atau dari galeri dan bisa mengunggah 10 foto sekaligus dalam sekali waktu.
    3. Isi semua kolom yang dibutuhkan, lalu pilih menu “List It!” untuk mengakhirinya.
    4. Barang Anda sudah terunggah dan tinggal menunggu pembeli datang.
  • Dengan Website
    1. Masuk ke lama Carousell, lalu pilih menu “Jual” yang ada di sisi kanan atas.
    2. Pilih foto barang yang akan dijual. Perhatikan ukurannya, jika terlalu besar Anda akan diminta untuk mengecilkannya.
    3. Setelah selesai memilih foto, pilih menu “Simpan”.
    4. Isi semua kolom yang diminta lalu pilih “List It!” di ujung laman.

Membeli Barang di Carousell

Carousell adalah tempatnya barang bekas berkualitas yang jenis dan macamnya tidak terbatas. Karena barang-barang ini adalah milik pribadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keasliannya. Cara membeli barang di Carousell sangatlah mudah.

Pergi ke laman utama lalu masuk ke dalam akun Anda. Piliha daftar barang yang menarik bagi Anda, lalu pilih tombol “Chat”. Melalui fitur tersebut Anda dapat berhubungan langsung dengan si penjual dan menanyakan apa saja. Seperti detail barang, foto langsung, dan bagaimana transaksi akan berlanjut.

Carousell menawarkan 2 jenis pembayaran yang berbeda, yaitu meetup and cash on delivery, dimana penjual dan pembeli bertemu langsung dan melakukan pembayaran di tempat. Model ini bisa dilakukan jika keduanya berada di kota yang sama atau tidak berkeberatan untuk bertemu meski lokasinya relatif jauh.

Dengan metode ini, pembeli bisa melihat kondisi barang secara langsung dan penjual segera mendapatkan uangnya.

Metode kedua adalah transfer bank, yang juga menjadi metode paling umum yang banyak digunakan oleh e-commerce lain. Carousell menjamin keamanan uang pelanggan, yang membuat penjual tidak akan mendapatkan uang mereka sebelum pembeli menyatakan telah menerima barang.

Bertransaksi Aman di Carousell

Baik penjual maupun pembeli harus berhati-hati jika bertransaksi di toko virtual. Penjual sebaiknya mengunggah foto asli untuk menghindari kekecewaan pelanggan. Ulasan yang positif serta rating tinggi akan menumbuhkan kepercayaan pada pengguna lain dan berpotensi meningkatkan minat pembeli baru.

Pembeli sendiri juga harus jeli. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, pembeli harus melihat dulu riwayat transaksi dan ulasan pembeli sebelumnya. Jika pembeli memberikan ulasan positif, maka Anda boleh merasa lebih yaking untuk melakukan transaksi. Serta jika memungkinkan, sebaiknya pilih metode COD yang lebih aman.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara berjualan dan transaksi di Carousell, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghitung Internal Return Rate
Metode Debt Snowball: Cara Keluar dari Utang dengan Cepat
Bagaimana Menjadi Seorang Negosiator Handal
Cara Mempersiapkan Emergency Fund atau Dana Darurat
Cara Menghitung Weighted Average
Iuran BPJS Naik, Begini Caranya Turun Kelas
Perbedaan Umum Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin
10 Cara Berhemat yang Salah
Bisakah Orang Pemalas Menjadi Sukses?
12 Cara Menghasilkan Uang Saat Traveling


Bagikan Ke Teman Anda