Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Mendapatkan Pendapatan dari Berbagai Sumber (Multiple Source Income) ?

Setiap orang ingin punya banyak sumber pendapatan. Punya lebih dari satu pos pemasukan memberikan rasa aman, sehingga jika terjadi sesuatu (misalnya dipecat dari pekerjaan), Anda tidak akan bingung bagaimana membiayai kehidupan sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, satu pertanyaan yang muncul adalah “bagaimana caranya?”. Kunci diversifikasi penghasilan adalah memanfaatkan sebaik mungkin potensi yang dimiliki. Inilah yang diterapkan oleh para miliuner. Rata-rata orang kaya di dunia memiliki 7 macam sumber pendapatan yang berbeda. Apa saja sumber pendapatan itu? Bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan atau penghasilan pasif?

1. Gaji Pokok

Gaji pokok yang Anda terima dari pekerjaan setiap bulan adalah sumber pendapatan utama bagi sebagian besar. Gaji pokok juga sering menjadi modal utama bagi seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Jadikan gaji pokok yang Anda terima setiap bulan sebagai modal utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika gaji Anda hanya cukup untuk membiayai keperluan sehari-hari, cobalah mendapatkan bonus tambahan atau meminta kenaikan gaji.

2. Pendapatan Tambahan/Gaji Pasangan

Segala hal dalam hidup akan lebih mudah jika Anda bekerja dalam tim, termasuk untuk masalah keuangan. Pasangan hidup Anda bisa memberikan pengaruh positif dari sisi finansial. Jika mereka memiliki pendapatan sendiri, Anda bisa menggunakannya sebaik mungkin untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Jika mereka tidak punya penghasilan tetap, minta mereka untuk menjadi partner yang mencatat setiap pengeluaran. Pasangan Anda juga bisa menyumbangkan ide-ide brilian untuk memulai usaha atau hal lainnya yang bisa menambah pendapatan.

3. Investasi

Investasi biasanya menjadi gagasan yang muncul pertama kali bagi orang-orang yang bekerja. Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Dana darurat dan tabung pensiun juga termasuk jenis investasi yang wajib dimiliki setiap orang. Sebelum memutuskan ingin berinvestasi di bidang apa, cari tahu macam-macam investasi beserta kelebihan dan kekurangannya. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

4. Persewaan Properti

Orang-orang yang memiliki pendapatan lebih akan memilih membeli properti kemudian menyewakannya. Inilah bentuk pendapatan pasif yang sangat menguntungkan. Misalnya membeli rumah untuk disewakan atau membangun rumah kos.

Modal awal yang harus dikeluarkan memang sangat besar, namun keuntungan yang didapatkan bisa melebihi modal awal. Bisnis properti berlangsung seumur hidup, bahkan sampai Anda pensiun.

5. Toko Online

Di era internet, bisnis online adalah cara termudah dan termurah bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis online sebaiknya berhubungan dengan hobi Anda. Jika Anda tertarik dengan makeup, mulailah berjualan makeup online.

Jual produk yang Anda pahami dan Anda sukai, apapun itu. Dengan cara itu, Anda akan bisa meyakinkan pelanggan dan mereka juga tertarik untuk membeli produk Anda. Banyak orang yang awalnya melakukan bisnis online dari hobi justru menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan dengan pekerjaan utamanya.

6. Asisten Virtual

Kini banyak orang membutuhkan jasa asisten virtual. Anda bisa bekerja dan mendapatkan uang tanpa harus bertemu langsung dengan atasan. Tugas asisten virtual sendiri cukup sederhana. Biasanya mereka diminta untuk mengelola email, menyiapkan dokumen, dan mengatur jadwal. Mirip dengan asisten biasa, kelebihannya Anda bisa melakukan pekerjaan dari mana saja.

Kelebihan lainnya, tidak terbatas waktu dan jarak. Misalnya Anda di Indonesia, Anda bisa bekerja untuk orang yang ada di Jepang atau Amerika Serikat. Lowongan asisten virtual bisa ditemukan di situs-situs freelance.

7. Penulis Lepas

Pekerjaan sebagai penulis lepas atau freelance writer sangat populer di kalangan kaum milennial. Jika kebetulan Anda hobi menulis, maksimalkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Banyak website dan blog yang membutuhkan tulisan dari para penulis lepas. Jika bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat, seorang penulis lepas bisa menghasilkan banyak uang.

Tidak percaya? Coba cari kisah sukses penulis lepas di internet. Pelajar tips agar Anda bisa berhasil sebagai seorang penulis lepas.

8. Membuat Blog

Tidak puas dengan menjadi penulis lepas? Mulai saja blog Anda sendiri. Blog pribadi tidak harus menceritakan semua tentang Anda. Anda bisa membagikan informasi yang menarik perhatian banyak orang. Agar menghasilkan uang, pasang iklan di aman blog Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, maka semakin banyak pula pendapatan pasif yang Anda hasilkan.

9. Membuka Kanal YouTube

Satu lagi pekerjaan yang tidak hanya akan menghasilkan banyak uang, tetapi membuat Anda terkenal. Anda bisa terjun ke dunia YouTube untuk mencari pendapatan tambahan. Unggah video-video menarik yang bisa ditonton banyak orang. Tidak dapat dipungkiri banyak orang menjadi kaya dan terkenal dari platform video yang satu ini.

Banyak konten yang bisa dipilih untuk mengisi kanal YouTube Anda. Lebih baik jika Anda membuat video tentang hal-hal yang Anda sukai. Anda bisa membuat tutorial makeup, melakukan review produk, atau menyanyi.

10. Menanam Modal

Ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan dana untuk menjalankan usahanya. Jika ada sebuah bisnis sukses atau potensial yang akan melakukan ekspansi namun kebingungan masalah modal, Anda bisa menanamkan sedikit modal di sana.

Tidak perlu dalam jumlah besar. Selama modal yang ditanamkan bisa memberikan keuntungan, jangan ragu untuk berinvestasi dalam bisnis. Sebagai pemilik modal, Anda tidak perlu repot menjalankan usaha setiap hari, namun tetap mendapatkan keuntungan yang sepadan.

11. Pekerjakan Orang Lain

Di saat Anda ingin menjalankan bisnis namun tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk dicurahkan ke sana, pekerjakan orang lain untuk melakukannya. Tugaskan mereka untuk mengelola bisnis sehari-hari, sehingga Anda masih tetap bisa bekerja. Jika Anda tidak mau membayar gaji seseorang secara tetap, pekerjakan pasangan Anda sendiri atau cari pekerja lepas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber (multiple source income), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Nasional
Dari Mana Bank Memperoleh Uang? Ini Dia Seluk Beluk Sumber Dana Bank
Mengapa Jangan Tergantung pada Pendapatan Tunggal?
9 Tips untuk Enterprenuer Muda agar Terus Berkembang
Apa Itu Remittance? Definisi Remittance
Jenis-jenis Pajak Properti
Apa itu Pergadaian? Definisi Pergadaian
10 Cairan Termahal di Dunia
Tip Finansial Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Kamu Ketahui
Untung Rugi Bisnis Dropshipping


Bagikan Ke Teman Anda