Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagus Mana Apply Kartu Kredit Online atau Offline?

Kartu kredit kini telah menjelma menjadi kebutuhan bagi masyarakat urban. Jumlah pengguna kartu kreditpun kian hari kian bertambah, membuktikan bahwa alat pembayaran ini tetap diminati oleh banyak kalangan.

Kemudahan dalam menggunakan, praktis, ditambah lagi proses appy yang semakin mudah karena pihak bank menyediakan fasilitas pengajuan baik secara online maupun offline.

Akan tetapi manakah yang lebih baik antara apply kartu kredit secara online atau offline? Melalui paparan berikut ini, Anda akan mengetahui untung rugi dari kedua proses pengajuan kartu kredit tersebut.

Untung Rugi Apply Kartu Kredit Secara Online dan Offline

Aplly Kartu Kredit Secara Online

Keuntungan

Proses ini cocok bagi Anda yang mengandalkan teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Berikut ini sejumlah keuntungan dari proses pengajuan kartu kredit secara online.

  1. Lebih hemat

Jika Anda adalah orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke bank, maka langkah pengajuan kartu kredit secara online adalah pilihan terbaik.

Anda cukup duduk diam bersama smartphone, komputer atau laptop untuk mendaftar secara online. Tidak itu saja, waktu yang dibutuhkanpun relatif singkat.

Tentu dalam hal ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, terlebih bagi Anda yang belum memiliki kendaraan pribadi.

  1. Lebih aman

Sistem online dikenal lebih aman jika dibandingkan dengan ketika Anda mendatangi bank. Bayangkan saja, berapa banyak dokumen yang harus dibawa ke bank untuk proses apply tersebut. KTP, NPWP, slip gaji, dll.

Membawa banyak dokumen penting seperti di atas tentu mengundang banyak risiko seperti tertinggal atau hilang. Jika hal tersebut terjadi, maka Andapun harus mengurus kembali dokumen-dokumen yang hilang tersebut.

Dengan pengajuan secara mandiri, Andapun dapat menjaga data pribadi untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan sehingga tidak tercecer.

  1. Proses Cepat

Karena tidak perlu pergi ke bank, maka proses pengajuan kartu kredit secara online memangkas banyak sekali waktu. Hanya perlu duduk diam dan mengakses situs bank via laptop atau smartphone, lalu menunggu beberapa menit, maka kartu kredit Anda dapat segera diproses.

Dengan pengajuan secara online ini, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengantre di loket atau menunggu panggilan dari customer service.

Kerugian

Proses apply kartu kredit secara online memang menawarkan sejumlah kemudahan bagi nasabah. Namun hal tersebut juga membawa dampak negatif. Berikut beberapa kekurangan dari pengajuan kartu kredit via online.

  1. Tidak membaca syarat dan ketentuan dengan cermat

Banyak orang yang terburu-buru saat mengisi data pribadi atau persetujuan untuk aplikasi kartu kredit. Kecenderungan yang terjadi adalah, orang akan melewatkan bagian-bagian penting mengenai syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak bank.

Tanpa disadari, mereka menyetujui sejumlah syarat yang akan memberatkan ke depannya, semisal tentang suku bunga atau ketentuan pembayaran lainnya.

  1. Proses terhenti saat koneksi internet lambat

Bagaimanapun juga, proses online membutuhkan koneksi internet yang memadai. Maka pastikan saat Anda melakukan proses pengajuan secara online, Anda memiliki koneksi internet yang baik dan tidak putus-putus.

Hal ini penting, mengingat koneksi internet yang buruk nantinya akan membuat proses pengajuan terhenti, sehingga Anda harus mengulang dari awal.

  1. Dua kali kerja

Kendati saat mengajukan permohonan kartu kredit secara online Anda diminta mengisi data pribadi secara langsung pada halaman situs, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa dokumen yang harus ditambahkan.

Ada beberapa bank yang menginginkan dokumen milik Anda dalam bentuk hardcopy, sehingga mau tidak mau Anda harus pergi ke bank juga.

Apply Kartu Kredit Secara Offline

Keuntungan

Meskipun pengajuan kartu kredit secara online kian digemari, namun masih banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan proses pengajuan secara offline. Apa yang mendasarinya?

  1. Penjelasan lebih rinci

Dengan mengajukan aplikasi kartu kredit secara offline, Anda akan berhadapan langsung dengan pihak bank. Mereka akan memberi penjelasan secara detail tentang produk kartu kredit yang Anda inginkan atau produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pasalnya, banyak nasabah hanya sekedar ikut tren pengajuan kartu kredit tanpa memahami produk apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Penggunaan kartu kreditpun dapat lebih efisien dan tepat guna.

  1. Terhindar dari blunder

Kesalahan mendasar dari customer yang mengajukan aplikasi kartu kredit adalah malas membaca syarat dan ketentuan. Memang hal tersebut butuh waktu dan cenderung remeh, namun sebenarnya, saat Anda mengajukan aplikasi apapun (utamanya yang berkaitan dengan keuangan), Anda wajib memahami syarat dan ketentuan tersebut.

Pihak bank tentu akan menjelaskan pada Anda dengan sukarela jika memang Anda memintanya demi kenyamanan bersama.

Dengan demikian, Andapun akan lebih memahami tentang bunga, cara pembayaran, denda, dsb. Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari “jebakan” kartu kredit.

Kerugian

  1. Butuh waktu dan biaya

Meskipun terlihat sebagai hal yang sederhana, namun bagi sebagian orang mendatangi bank bukanlah hal yang mudah. Utamanya bagi mereka yang terikat jam kantor atau terkendala akses menuju ke bank.

Pengajuan kartu kredit secara offline dengan mendatangi bank secara langsung tentu akan membutuhkan banyak usaha, waktu, dan juga biaya.

  1. Terjebak dalam antrian

Karena bank merupakan fasilitas umum, maka bisa saja dalam satu hari tertentu bank tersebut ramai dikunjungi, Andapun harus rela antri untuk mendapatkan pelayanan.

Dalam hal ini kesabaran merupakan modal utama yang Anda butuhkan.

  1. Persiapan dokumen

Ketika mengajukan permohonan kartu kredit secara offline, pastikan Anda membawa seluruh kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai waktu Anda terbuang sia-sia hanya untuk mondar-mandir mengambil dokumen sebagai syarat pengajuan kartu kredit.

Itulah untung rugi pengajuan kartu kredit baik secara online maupun offline. Mana yang Anda pilih? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan proses pengajuan yang sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi apply kartu kredit online atau offline, semoga beranfaat bagi Anda semua.



Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online
Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji
Kartu Kredit UOB
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Tarik Tunai Kartu Kredit untuk Biaya Mudik?
Bolehkah Memakai Kartu Kredit Orang Lain?
Faktor Utama Yang Menyebabkan Kredit Macet
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Inilah Jebakan Kartu Kredit yang Anda Harus Tahu
Mengapa Punya Utang Kartu Kredit Buruk?


Bagikan Ke Teman Anda