Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bank Teraman di Dunia

Menjamurnya lembaga keuangan yang bermunculan di Indonesia bahkan di seluruh dunia, membuat para nasabah cukup khawatir akan keamanan. Apalagi diantara lembaga keuangan atau bank menawarkan berbagai keuntungan yang terkadang sampain berlebihan, namun apakah mereka benar-benar aman untuk menyimpan uang?

Semakin banyak lembaga keuangan yang beroperasi, semakin besar pula potensi gangguan makroekonomi. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui informasi tentang daftar bank teraman di dunia.

Peringkat Bank Teraman di Dunia

Meski cukup banyak lembaga perbankan yang berkembang, terutama di negara barat, tak sedikit pula yang banyak mengalami kemunduran. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah atau gangguan perdagangan antar negara. Oleh sebab itu, nasabah dituntut untuk peka dalam memilih lembaga perbankan mereka.

Nah ada sebuah lembaga yang khusus membuat pemeringkatan soal perbankan. Ada 500 bank di dunia yang diteliti. Mereka membuat pemeringkatan perbankan dari beberapa sektor. Salah satunya adalah soal tingkat keamananya. Tingkat keamanan ini didasarkan pada:

  • Ukuran atau besaran aset yang dimiliki berdasarkan data laporan tahunan terbaru pada Fitch Solutions dan Moody’s
  • Peringkat mata uang asing jangka panjang oleh Fitch Ratings, Standard & Poor’s dan juga Moody’s Investor Service

Hasilnya beberapa negara memiliki bank dengan tingkat keamanan yang sangat baik. Bank-bank tersebut kebanyakan berada di negara berikut ini.

  • Jerman

Bank di Jerman memang terkenal memiliki kualitas bagus dan tentu saja dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Tak heran jika banyak di antara daftar bank di bawah ini yang berasal dari Jerman.

  • Swiss

Swiss juga terkenal sebagai negara perbankan rahasia, hal ini karena negara ini menyediakan bank-bank aman dan berkualitas. Hal ini karena situasi politik dan ekonomi negara Swiss cukup stabil, sehingga tingkat risiko finansialnya cukup rendah.

  • Belanda

Amsterdam yang merupakan ibukota negara Belanda terkenal sebagai pusat keuangan terbesar di dunia. Maka, tak heran jika beberapa bank di Belanda menempati daftar bank paling aman di dunia. Belanda memiliki sistem perbankan yang maju dengan beragam penawaran seperti tabungan, rekening komersial, hipotek dan lain sebagainya.

  • Luksemburg

Bank atau lembaga keuangan yang ada di Luksemburg merupakan rumah bagi lembaga keuangan swasta dan kelompok perbankan besar. Negara ini sudah berhasil menarik banyak investor asing selama beberapa tahun terakhir.

  • Perancis

Beberapa bank dengan julukan paling aman di dunia juga berasal dari negara Perancis. Umumnya, bank atau lembaga keuangan yang ada di perancis menyediakan layanan yang mudah dengan pemeriksaan dokumen melalui internet atau secara online.

  • Canada

Beberapa daftar bank di Canada juga menempati posisi teratas dalam daftar bank paling aman di dunia. Banyak yang mengatakan bahwa pembukaan rekening bank di Canada cukup mudah, seperti di AS. Namun, memiliki keuntungan lebih dengan suku bunga lebih rendah.

Bank Teraman di Dunia

Selain itu lima negara di atas, tentu masih banyak negara-negara lain yang memiliki bank dengan predikat aman. Sebut saja Singapura, Swedia, Australia, Hongkong dan lain lainya. Nah untuk peringkat bank teraman di dunia, berikut daftarnya yang dibuat pada Agustus 2019:

  1. Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) dari Germany

KfW merupakan singkatan dari Kreditanstalt fur Wiederaufbau, dalam bahasa inggris disebut Reconstraction Credit Institute yang dibentuk pada tahun 1948. Bank yang satu ini memiliki aset yang cukup banyak sekitar 554 miliar USD. Sejumlah 80% dari saham kfW dimiliki oleh Federal Republic of Germany dan 20% sisanya dimiliki oleh States of Germany.

Bank ini fokus pada pendanaan rumah, perusahaan besar ataupun kecil, kegiatan export import, investasi asing dan membantu keuangan dalam negeri. KfW merupakan lembaga keuangan miliki pemerintah Jerman yang berpust di Frankfurt. Bank ini dibentuk setelah Perang Dunia II sebagai bagian dari rencana Marshall atas dasar inisitif Amerika dengan tujuan untuk membantu Eropa barat.

  1. Zurcher Kantonalbank (ZKB) dari Switzerland

Zurcher Kantonalbank atau lebih sering dikenal dengan nama Zurich Cantonal Bank biasa disingkat dengan sebutan ZKB. Bank ini dimiliki oleh pemerintah terbesar di Swiss, tak heran jika ZKB menjadi bank paling aman nomor dua di dunia. ZKB merupakan lembaga keuangan yang didirikan sebagai bank independen yang tergabung dalam lembaga hukum dan dimiliki oleh badan legislatif Zurich.

Bank ini berfungsi sebagai penyeimbang keuangan negara dan memiliki peran penting untuk menstabilkan kondisi ekonomi negara. Oleh karenanya, ZKB memiliki fungsi penting dalam menyediakan layanan keuangan bagi warga kota Zurich.

  1. Bank Netherlandse Gemeenten (BNG Bank) dari Netherlands

Bank Netherlandse Gemeenten atau disingkat BNG Bank merupakan salah satu lembaga keuangan di Belanda yang terkenal aman. Bank ini berdiri pada tahun 1914 di kota Den Haag dan dulu namanya Gemeentelijke Credietbank. Kemudian pada tahun 1922 bank ini berganti nama menjadi Bank voor Nederlandsche Gemeenten. Kemudian pada akhirnya diganti menjadi Bank Netherlandse Gemeenten tahun 1990.

Berdasarkan aset yang dimilikinya, BNG Bank menduduki peringkat keempat di Belanda. Bank ini lebih fokus pada pinjaman dana untuk organisasi lokal, karena bank ini merupakan badan pendanaan pemerintah daerah. Sebesar 50% dari saham BNG Bank ini dimiliki atau dipegang oleh pemerintah Belanda.

  1. Landwirtschaftliche Rentenbank dari Germany

Bank yang satu ini memang memiliki sistem keamanan yang cukup tinggi dan merupakan bank BUMN atau miliki pemerintah Jerman. Bank Landwirtschaftliche Rentenbank ini berdiri pada tahun 1949 atas dasar undang-undang negara dan memiliki kantor pusat yang bertempat di Frankfurt.

Bank ini hanya memberikan bantuan dana pada sektor pertanian dan industri makanan di negara Jerman. Sama seperti bank terdahulunya bernama RKA atau Rentenbank Kreditanstalt yang juga menyediakan pinjaman dana khusus untuk sektor pertanian.

  1. Landesbank Baden-Wuerttemberg (L-Bank) dari Germany

Landesbank Baden-Wuerttemberg atau L-Bank juga sering disebut LBBW, merupakan sebuah lembaga keuangan miliki negara Jerman. Bank ini merupakan bank utama dari tiga bank komersial yang ada di jerman. Oleh karena itulah LBBW berfungsi sebagai bank komersial sekaligus bank utama di Baden-Wuerttemberg, Rhineland Palatinate dan Saxony.

Bank yang terkenal aman ini melayani banyak anak perusahaan, salah satunya yang paling terkenal yaitu LBBW Luxembourg S.A. Bank ini lebih berfokus pada kegiatan di bidang teknologi atau IT, telekomunikasi, peranti lunak, layanan inovatif dan ilmu pengetahuan lainnya. Diawali dengan investasi di sekitar Jerman bagian selatan, hingga kini LBBW mulai berkembang ke negara lain seperti Austria dan Swiss.

  1. Nederlandse Waterschapsbank (NWB Bank) dari Netherlands

Nederlandse Waterschapsbank atau lebih kenal disingkat NWB merupakan bank resmi milik pemerintahan Belanda yang berpusat di Netherlands. Bank yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1954 dan hanya menyediakan bantuan khusus pemerintah Belanda saja.

NWB bank fokus pada pendanaan pemerintah lokal dan juga water boards, yaitu badan pemerintah daerah yang mengurus masalah air. Karena khusus untuk pemerintah Belanda saja, NWB bank bahkan tidak menerima permintaan pinjaman bagi perusahaan besar, kecil atau individu.

  1. Kommunalbanken Norway (KBN) dari Norwegia

Kommunalbanken Norway merupakan lembaga keuangan publik yang digunakan untuk membantu dana pemerintah daerah dan kotamadya Norwegia. Bank yang satu ini berlokasi di Oslo, Norwegia.

KBN merupakan bank resmi yang dimiliki oleh Kementerian Kerajaan Pemerintah Daerah dan Pengembangan Regional di Norwegia. KBN hanya memberikan pinjaman kepada pemerintah daerah Norwegia, kabupaten dan perusahaan antar kota, serta jaminan pemerintah daerah.

  1. North Rhine Westphalia (NRW Bank) dari Germany

NRW adalah kepanjangan dari North Rhine Westphalia yang merupakan negara bagian di Jerman dengan populasi terbanyak mencapai 18 juta penduduk. NRW Bank berdiri sejak tahun 2002 dan pusatnya berlokasi di Dusseldorf dan Munster.

Meski cukup baru di antara bank teraman lainnya, NRW Bank berperan penting untuk mensupport kegiatan politik dan ekonomi, serta menjadi lembaga resmi milik NRW.

  1. Swedish Export Credit Corp. (SEK) dari Sweden

SEK atau Swedish Export Credit Corporation merupakan gabungan dari bank-bank komersial yang didirikan oleh pemerintah Swedia pada tahun 1962. Hal ini dilakukan atas dasar atau tujuan untuk memberikan akses lebih baik ke pembiayaan jangka panjang dan meningkatkan daya saing. Bank ini resmi dimiliki oleh pemerintah Swedis sepenuhnya sejak tahun 2003.

  1. Banque et Caisse dari d’Epargne de l’Etat (BCEE) dari Luxembourg

Bank dengan sebutan BCEE ini berpusat di Luksemburg dan merupakan bank terbesar ketiga setelah bank BGL BNP Paribas dan Deutsche Bank Luxembourg. BCEE merupakan bank resmi miliki pemerintah Luksemburg yang berdiri sejak tahun 1856.

  1. Caisse des Depots et Consignations dari France

Bank yang satu ini merupakan lembaga keuangan resmi miliki pemerintahan Perancis yang sudah berdiri sejak tahun 1816. Dalam bahasa inggris, bank ini dinamakan Deposits and Consignments Fun.

Sejak tahun 2014, bank ini berpusat di Paris, Perancis dan memiliki misi untuk mendukung kegiatan berkepentingan publik dan pemerintah. Hal ini terlihat dari antusiasmenya dalam mendukung proyek universitas.

  1. Royal Bank of Canada dari Canada

Bank dengan 18 juta nasabah yang satu ini juga merupakan bank paling aman di dunia. Royal Bank of Canada sudah beroperasi di lebih dari 56 negara di seluruh dunia.

Bank ini juga termasuk yang paling tua di negaranya karena sudah berdiri sejak tahun 1864. Royal bank of Canada berpusat di Toronto dan merupakan salah satu dari deretan 5 bank paling top di Canada.

  1. Toronto Dominion Bank (TD Bank) dari Canada

TD Bank merupakan singkatan dari Toronto Dominion Bank yang berpusat di Toronto, Canada. Bank multinasional ini merupakan gabungan dari dua bank yaitu Toronto Bank dan Dominion Bank.

Toronto bank berdiri pada tahun 1855, sedangkan Dominion Bank didirikan pada tahun 1869 dan keduanya remi bergabung pada tahun 1955. TD Bank memiliki ribuan pegawai dan nasabah, serta ribuan kantor cabang.

  1. Deutsche Zentral-Genossenschaftsbank (DZ Bank) dari Germany

DZ Ban merupakan lembaga sentral yang berfungsi sebagai bank korporat dan investasi. Dalam bahasa inggris, bank ini disebut dengan German Central Co-operative Bank yang menyediakan dana untuk bank koperasi lokal. DZ Bank berpusat di Frankfurt, Jerman serta memiliki kantor cabang, anak perusahaan kantor perwakilan dan kawasan ekonomi di seluruh dunia.

  1. DBS Bank dari Singapore

Bank DBS merupakan satu-satunya yang berasal dari Asia dan menjadi salah satu dari 15 daftar bank paling aman di dunia. Bank yang satu ini berpusat di Singapura dengan 4 juta nasabah dan di Hong Kong dengan 1 juta nasabah. Hampir 80% keuntungan bersih tahunan miliki DBS Bank juga berasal dari pasar tersebut.

Selain itu, DBS memiliki lebih dari 200 kantor cabang yang tersebar di 50 kota yang ada di Asia. Tak heran jika DBS menjadi grup perbankan komersial terbesar di Asia Tenggara. Oleh sebab itu, DBS juga terdaftar pada bursa efek di Singapura.

Nah, itulah 15 daftar bank atau lembaga keuangan paling aman yang ada di seluruh dunia. Tertarik menabung di salah satunya?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang bank teraman di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Sertifikat Wadiah Bank Indonesia?
Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
Tempat untuk Topup BCA Flazz
Kartu Kredit Bank Permata
10 Mata Uang Termahal di Dunia Tahun 2019
Cara Menyewa Deposit Box di Bank? Ini dia Langkahnya!
Kartu Kredit Bank BNI
Inilah 10 Negara dengan Bunga Kredit Terbesar di Dunia
10 Negara Pencetak Buku Terbanyak di Dunia
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda