Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bank Terbesar di Dunia

Seiring dengan berkembangnya ekonomi dunia, bank internasional juga ikut menumbuhkan aset mereka. Ekspansi yang dilakukan besar-besaran membuat bank internasional semakin menunjukkan eksistensi dirinya.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Cina memiliki perbankan yang kuat dan besar. Dari daftar bank terbesar di dunia, Cina menduduki peringkat satu hingga empat. Sementara bank Amerika menduduki peringkat enam dan sembilan. Jepang, Prancis, dan Inggris juga masuk ke dalam daftar bank terbesar di dunia.

Bank Terbesar di Dunia

Nah kalau dibuat pemeringkatan, manakah bank terbesar di dunia? Berikut yang menempati posisi satu hingga lima belas.

  1. Industrial & Commercial Bank of China

Industrial & Commercial Bank of China (ICBC) adalah perusahaan perbankan multinasional Cina. Bank ini merupakan bank terbesar di Cina, dan juga bank terbesar di dunia dilihat berdasarkan total aset, deposito, pinjaman, jumlah pelanggan, dan jumlah karyawan. ICBC adalah salah satu bank komersial milik negara “Big Four” Tiongkok.

Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan terbatas pada 1 Januari 1984. Hingga Desember 2017, ICBC memiliki aset senilai US $ 4,009 triliun. Secara umum, ICBC dianggap sebagai lembaga keuangan dan perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan aset. ICBC adalah bank Tiongkok pertama yang mencapai prestasi tersebut. Bank ini berada di peringkat nomor 1 dalam peringkat 1000 Bank Dunia Teratas milik Banker, dan yang pertama dalam daftar Forbes Global 2000 dari perusahaan publik terbesar di dunia.

Hingga tahun 2006, ICBC memiliki 2,5 juta pelanggan korporat dan 150 juta pelanggan perorangan. Hingga 2005, laba bersih meningkat 12,4% menjadi sejumlah RMB 33,7 miliar, dan total dari saldo pinjaman adalah berjumlah RMB 3,289,5 miliar. chi

Total kredit macet atau non-performing (NPL) mencapai RMB 154,4 miliar, sebuah pengurangan yang signifikan meskipun angka-angkanya secara luas dianggap agak lebih tinggi daripada yang dinyatakan secara resmi. ICBC memiliki rasio NPL 4,69% dan rasio kecukupan modal 9,89%. Pada tanggal 2 Desember 2014, ICBC berada di peringkat bank terbesar di dunia berdasarkan aset dan modal tier 1.

Pada 2008, ICBC adalah Bank Tiongkok pertama yang mengadopsi Equator Principles, yaitu serangkaian standar sosial dan lingkungan internasional untuk lembaga keuangan yang diluncurkan pada 2003. ICBC juga telah mengadopsi Kebijakan Kredit Hijau yang diluncurkan pada 2007 oleh Kementerian Perlindungan Lingkungan Tiongkok.

  1. China Construction Bank Corp.

China Construction Bank Corp. (CCB) adalah bank Cina kedua dalam daftar 15 bank terbesar di dunia. CCB Menawarkan perbankan korporat, yang berkaitan dengan kredit, e-banking perusahaan, jalur kredit, dan pinjaman komersial. Segmen perbankan pribadi menawarkan pinjaman pribadi, kartu kredit, deposito dan manajemen kekayaan untuk investor individu.

Bank juga mengoperasikan sektor Treasury yang berurusan dengan pasar uang, sekuritas hutang, dan mata uang. China Construction Bank mempunyai aset sebanyakba $ 2,94 triliun. Pada 2015 CCB adalah bank terbesar ke-2 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dan juga masuk daftar perusahaan terbesar ke-6 di dunia.

Bank ini memiliki sekitar 13.629 cabang domestik. Selain itu, ia memiliki cabang di luar negeri di Barcelona, Frankfurt, Luksemburg, Hong Kong, Johannesburg, New York, Seoul, Singapura, Tokyo, Melbourne, Kuala Lumpur, Sydney, Auckland, serta anak perusahaan  yang sepenuhnya berada di London. Total asetnya mencapai CN ¥ 8,7 triliun pada tahun 2009. Kantor pusat CCB berada di Distrik Xicheng, Beijing.

  1. Agricultural Bank of China

Agricultural Bank of China (ABC) merupakan bank terbesar ke-3 di dunia. Bank Beijing ini memiliki cabang di seluruh China, ditambah London, Tokyo, New York, Seoul, Singapura, dan Sydney. Tidak hanya itu, ABC juga masuk ke dalam daftar 10 perusahaan terbesar di dunia.

Bank ini berurusan dengan petani kecil dan perusahaan grosir pertanian besar. ABC juga bekerja dengan perusahaan non-pertanian. Segmen pertumbuhan terbesarnya adalah perusahaan menengah. ABC memiliki aset $ 2,82 triliun.

ABC memiliki 320 juta pelanggan ritel, 2,7 juta klien korporat, dan hampir 24.000 cabang. Bank ini adalah pemberi pinjaman terbesar ketiga di Tiongkok berdasarkan aset. ABC go public pada pertengahan 2010, mengambil penawaran umum perdana (IPO) terbesar yang pernah ada di dunia pada saat itu, sejak diambil alih oleh perusahaan Cina lainnya, Alibaba. Pada tahun 2011, ABC berada di peringkat kedelapan di antara 1000 Bank Dunia Teratas, pada tahun 2015, ia menempati peringkat ketiga dalam daftar Global 2000 tahunan ke-13 Forbes, dan pada tahun 2017 peringkat kelima.

  1. Bank of China

Bank of China memiliki layanan perbankan investasi, investasi dan asuransi. Bank ini juga menyediakan pinjaman pribadi, layanan kartu kredit, kartu debit, hipotek, manajemen aset dan kewajiban, dan asuransi. Total aset yang dimiliki oleh Bank of China adalah $ 2,63 triliun.

Bank of China adalah bank China yang paling aktif secara global karena memiliki cabang di setiap benua. Di luar daratan Cina, BOC juga beroperasi di 27 negara dan wilayah termasuk Australia, Kanada, Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Italia, Luksemburg, Rusia, Hongaria, Amerika Serikat, Panama, Brasil, Jepang, Singapura, Republik Korea, Taiwan, Vietnam, Filipina, Zambia, Thailand, Malaysia, Kazakhstan, Bahrain, Indonesia, Afrika Selatan, dan kantor cabang di Kepulauan Cayman.

Pada Desember 2010, cabang Bank of China New York mulai menawarkan produk RMB untuk orang Amerika. Bank of China adalah bank besar Tiongkok pertama yang menawarkan produk semacam itu.

  1. Mitsubishi UFJ Financial Group

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) adalah perusahaan holding dan jasa keuangan bank Jepang yang berkantor pusat di Chiyoda, Tokyo, Jepang. MUFG memiliki aset sekitar US $ 2.459 miliar pada 2016, menjadikannya bank terbesar kelima di dunia dari total aset dan merupakan salah satu perusahaan utama dari Mitsubishi Group.

MUFG adalah kelompok keuangan terbesar di Jepang dan perusahaan induk bank terbesar kedua di dunia yang memiliki simpanan sekitar US $ 1,8 triliun (JPY 148 triliun) per Maret 2011.

  1. JPMorgan Chase & Co.

JPMorgan Chase & Co. (JPM) adalah bank investasi multinasional Amerika dan perusahaan induk jasa keuangan yang berkantor pusat di New York. JPMorgan Chase diurutkan oleh S&P Global sebagai bank terbesar di Amerika Serikat dan bank terbesar keenam di dunia dengan total aset US $ 2,73 triliun. JPM juga merupakan bank paling bernilai di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. JPM didirikan di New York City.

  1. HSBC Holdings

HSBC Holdings adalah bank investasi multinasional Inggris dan perusahaan induk jasa keuangan. HSBC adalah bank terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2018, dan terbesar di Eropa, dengan total aset US $ 2,558 triliun (per Desember 2018). Perusahaan ini pertama kali didirikan secara resmi pada tahun 1866.

HSBC memiliki sekitar 3.900 cabang di 65 negara dan wilayah di seluruh Afrika, Asia, Oseania, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, dan sekitar 38 juta pelanggan. Pada 2014, HSBC adalah perusahaan publik terbesar keenam di dunia, menurut majalah Forbes.

HSBC diatur dalam empat kelompok bisnis: Perbankan Komersial, Perbankan dan Pasar Global (perbankan investasi), Perbankan Ritel dan Manajemen Kekayaan, dan Perbankan Swasta Global.

  1. Bank of America

Bank of America adalah bank investasi multinasional Amerika dan perusahaan jasa keuangan yang didirikan di San Francisco, California dan berpusat di Charlotte, North Carolina, dengan pusat hub di New York City, London, Hong Kong, Minneapolis, dan Toronto. Bank of America adalah lembaga perbankan terbesar kedua di Amerika Serikat, setelah JPMorgan Chase.

Sebagai bagian dari Big Four, bank ini melayani sekitar 10,73% dari semua deposito bank Amerika, dalam persaingan langsung dengan Citigroup, Wells Fargo, dan JPMorgan Chase. Layanan keuangan utamanya berputar di sekitar perbankan komersial, manajemen kekayaan, dan perbankan investasi.

  1. BNP Paribas

BNP Paribas S.A. adalah grup perbankan internasional Prancis. Bank ini adalah bank terbesar ke-9 di dunia, dan saat ini beroperasi di 77 negara. BNP Paribas dibentuk melalui penggabungan Banque Nationale de Paris (BNP) dan Paribas pada tahun 2000.

Bank ini adalah salah satu dari tiga bank internasional utama, bersama dengan Société Générale dan Crédit Agricole. Grup ini terdaftar di pasar pertama Euronext Paris dan komponen indeks pasar saham Euro Stoxx 50. Selain itu, BNP Paribas juga termasuk dalam indeks CAC 40 Prancis.

  1. Crédit Agricole Group

Crédit Agricole adalah lembaga keuangan koperasi terbesar di dunia. Bank asal Prancis ini terdiri dari jaringan bank lokal Crédit Agricole, 39 bank regional Crédit Agricole, dan sebuah lembaga pusat, Crédit Agricole SA. Bank ini memiliki aset $ 1,91 triliun.

  1. Citigroup Inc.

Citigroup adalah bank investasi multinasional Amerika dan perusahaan jasa keuangan yang berkantor pusat di New York. Perusahaan ini dibentuk oleh merger raksasa perbankan Citicorp dan konglomerat keuangan Travelers Group pada tahun 1998. Citigroup memiliki Citicorp, perusahaan induk untuk Citibank, serta beberapa anak perusahaan internasional.

Citigroup berada di peringkat ke-11 dalam daftar bank terbesar di dunia. Citigroup adalah lembaga keuangan yang berpengaruh. Bank ini juga merupakan salah satu dari sembilan bank investasi global di Bulge Bracket. Citigroup memiliki lebih dari 200 juta akun pelanggan dan melakukan bisnis di lebih dari 160 negara.

  1. Japan Post Bank

Japan Post Bank adalah bank Jepang yang berkantor pusat di Tokyo. Bank ini merupakan bagian dari grup Japan Post Holdings. Pada November 2008, bank ini dilaporkan sebagai pemegang deposito terbesar di dunia. Bank ini adalah salah satu dari dua bank yang memiliki cabang di setiap prefektur di Jepang, yang lainnya adalah Bank Mizuho.

Tidak seperti kebanyakan bank komersial, Japan Post Bank pada dasarnya adalah lembaga tabungan. Satu-satunya produk pinjamannya adalah overdraft yang dijamin dengan deposito berjangka dan obligasi pemerintah Jepang yang disimpan di bank.

Japan Post Bank menawarkan jaringan ATM nasional yang dapat digunakan untuk menarik uang dengan kartu bank internasional dan kartu kredit. Japan Post Bank memiliki kontrak dengan Standard Chartered Bank untuk memfasilitasi pengiriman uang melalui transfer dana secara internasional.

  1. Wells Fargo

Wells Fargo adalah perusahaan jasa keuangan multinasional Amerika yang berkantor pusat di San Francisco, California, dan juga tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Pada Juli 2015, Wells Fargo menjadi bank terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, melampaui ICBC, sebelum akhirnya tergelincir di belakang JPMorgan Chase pada September 2016, akibat skandal yang melibatkan lebih dari 2 juta rekening bank palsu oleh karyawan Wells Fargo.

  1. Sumitomo Mitsui Financial Group

Sumitomo Mitsui Financial Group adalah perusahaan holding / jasa keuangan bank Jepang yang didirikan oleh Sumitomo Mitsui Banking Corporation. Perusahaan ini memiliki aset sekitar US $ 1,8 triliun dan merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di dunia.

  1. Mizuho Financial Group

Mizuho Financial adalah perusahaan induk perbankan yang berkantor pusat di distrik Chiyoda, Tokyo, Jepang. Bank ini memegang aset lebih dari $ 1,8 triliun dolar AS melalui kontrolnya terhadap Mizuho Bank dan anak perusahaan operasional lainnya.

Bisnis perbankannya menempati peringkat kedua di Jepang setelah Mitsubishi UFJ Financial Group dan ke-15 di dunia. Saham bank ini memiliki daftar utama di Bursa Efek Tokyo. Mizuho Financial menawarkan berbagai layanan keuangan, termasuk perbankan, sekuritas, layanan kepercayaan dan manajemen aset.

Itulah 15 bank terbesar di dunia. Tentu saja mereka telah menjadi raksasa ekonomi dunia yang luar biasa.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang bank terbesar di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bahaya Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bagi Kesehatan Bank
Apa Untungnya Jadi Nasabah Prioritas Bank?
Apa Itu ‘Bank Stress Test’?
Kartu Kredit BII Maybank
Apa Itu Wealth Management di Bank?
10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)
Cara Cek Transaksi Kartu Kredit di Bank (Baik Online / SMS)
Perbedaan Bank dan Asuransi
Apa itu Visa payWave?
10 Bank Terbaik di Indonesia


Bagikan Ke Teman Anda