Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Barang-barang yang Sebaiknya Jangan Dibeli di Supermarket

Berbelanja bulanan di supermarket adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Mencukupi berbagai macam kebutuhan, baik itu untuk sebulan ke depan atau seminggu ke depan, dilakukan oleh setiap keluarga di zaman modern ini.

Jenis barang yang dibeli beragam. Mulai dari kebutuhan dapur, bahan makanan, perkakas, hingga kebutuhan kamar mandi. Kebiasaan berbelanja di supermarket memang tidak lepas dai pengaruh zaman. Jika dulu masyarakat berbelanja di toko atau di pasar, kini supermarket justru menjadi pilihan utama.

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka berbelanja di supermarket adalah alasan kenyamanan. Mereka bebas berkeliling toko selama waktu yang diinginkan, memilih dan membandingkan produk, serta tatanan toko yang membuat mereka betah berlama-lama.

Anda yang menjadikan berbelanja di supermarket sebagai sebuah rutinitas pasti sudah tidak asing dengan daftar belanja. Sebelum pergi, Anda akan mencatat semua yang diperlukan agar tidak menghabiskan terlalu banyak uang di supermarket.

Tetapi tahukah Anda bahwa harga d supermarket terkadang jauh melebihi harga pasar? Untuk barang yang sama, supermarket membanderolnya lebih mahal. Dalam artikel ini Anda akan menemukan daftar barang apa saja yang sebaiknya tidak dibeli di supermarket dengan berbagai alasan.

1. Bumbu

Barang pertama yang jangan dibeli di supermarket adalah bumbu dapur. Ini berlaku untuk segala macam bumbu. Harga yang dipatok di supermarket sangat jauh dibandingkan harga bumbu yang Anda temukan di pasar atau toko. Bahkan bisa mencapai 2 kali lipatnya.

Hal ini jelas merugikan buat Anda. Untuk barang yang satu ini, pilih cara berbelanja yang tradisional yaitu dengan membeli bumbu-bumbu di pasar, toko bahan makanan, toko bahan-bahan kesehatan, hingga toko kelontong di dekat rumah. Harga yang mereka tawarkan jauh lebih baik daripada harga di supermarket.

Jangan lupa cek juga kemasannya. Supermarket tidak hanya menjual bumbu dengan harga mahal, tetapi juga dalam kemasan mini. Lakukan perbandingan harga untuk produk yang sama sebelum membeli.

2. Baterai dan berbagai produk listrik

Baterai mungkin adalah barang sepele, namun penataannya di dekat mesin kasir membuat Anda terdorong untuk membelinya tanpa berpikir panjang. Ketika Anda ingin menyudahi kegiatan berbelanja, bersiap untuk membayar, baterai adalah barang terakhir yang Anda lihat. Anda pasti familiar dengan penataan baterai yang digantung pada rak mini sebelum mesin kasir bukan?

Jika ini yang sering terjadi pada Anda, itu artinya Anda sudah membeli satu biji baterai dengan harga yang lebih mahal daripada di toko dekat rumah. Apalagi baterai yang dijual di supermarket biasanya lebih dari 2 biji sementara yang Anda butuhkan hanya 1 biji saja. Meski baterai bisa disimpan dalam waktu lama, hal ini tetap saja sebuah pemborosan.

Hal yang sama berlaku untuk produk listrik seperti lampu dan kabel. Jika Anda memang membutuhkannya, jangan pergi ke supermarket. Belilah barang-barang tersebut di toko yang khusus menjual kelistrikan demi mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Produk bayi dan kecantikan

Ketika Anda sedang berbelanja makanan kemudian melihat deretan produk bayi atau kecantikan, sudah pasti Anda akan tergoda untuk membelinya. Meski supermarket adalah tempat yang sangat nyaman untuk berbelanja, namun bisa-bisa Anda harus membayar dengan harga yang jauh lebih mahal.

Termasuk untuk kedua jenis produk tersebut. Untuk produk-produk kecantikan, peralatan bayi, dan lain sebagainya, beli di toko khusus yang menjual barang-barang tersebut. Anda tidak hanya akan mendapatkan harga yang murah, tetapi mereka juga sering memberikan diskon-diskon dan promosi menarik seperti beli 2 gratis 1, harga spesial untuk produk merek tertentu dan masih banyak lagi.

4. Sayur dan buah kaleng atau potongan

Sayur dan buah kaleng yang siap pakai memang terdengar praktis dan tidak merepotkan. Namun apakah Anda yakin ingin membayar hingga 3 kali lipat hanya untuk kepraktisan tersebut? Sayur dan buah kaleng yang dijual di supermarket hadir dalam kemasan yang lebih kecil namun dengan harga lebih mahal. Belum lagi alasan kesehatan karena mengonsumsi makanan yang diawetkan.

Ini juga berlaku untuk buah yang sudah dikupas dan dipotong lalu dikemas di supermarket. Tinggal membuka bungkusnya, Anda sudah bisa menyantap buah tanpa harus repot-repot mengupasnya terlebih dahulu.

Padahal jika Anda membeli buah yang utuh dan mau meluangkan sedikit waktu untuk menyiapkannya, Anda bisa menghemat lebih banyak uang. Terkadang harga yang harus dibayar untuk buah instan tidak jauh berbeda dengan satu buah utuh yang bisa Anda beli di pasar atau toko buah terdekat.

5. Daging kemasan

Daging cincang, daging halus,dan banyak lagi daging kemasan lain yang bisa Anda temukan di supermarket. Ada banyak varian yang memang disediakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sama halnya dengan buah dan sayur kemasan, harga daging kemasan ini jauh lebih tinggi daripada harga daging utuh.

Misalnya jika Anda bisa mendapatkan 1 kilogram daging utuh yang belum diolah atau diproses, dengan harga yang sama Anda hanya bisa mendapatkan 300 hingga 500 gram untuk daging cincang di supermarket. Lebih baik Anda membeli daging utuh lalu minta pada penjualnya untuk mencincang daging tersebut. Cara ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli daging kemasan jadi di supermarket.

6. Peralatan dapur

Jangan mengira bahwa spatula, penggorengan, hingga panci yang Anda beli di supermarket punya kualitas lebih baik dibandingkan dengan barang yang Anda beli di toko perkakas. Yang jelas, Anda mendapatkan harga yang lebih mahal.

Beli peralatan dapur di toko yang khusus menjual barang-barang tersebut agar Anda bisa membandingkan merek, kualitas, dan harganya. Supermarket kecil mungkin hanya menjual satu merek saja sehingga Anda tidak punya banyak pilihan. Belum lagi kualitasnya patut dipertanyakan. Jika Anda memang membutuhkan peralatan dapur, tahan diri untuk tidak membelinya disupermarket,

Setelah selesai berbelanja, pergilah ke toko khusus untuk mendapatkan harga dan penawaran yang terbaik.

7. Potongan ayam

Barang lain yang tidak perlu dibeli di supermarket adalah potongan ayam. Anda pasti sering menjumpai sepotong paha ayam, dada, atau sayap yang dijual secara terpisah. Anda mungkin berpikir tidak memerlukan ayam dalam jumlah besar sehingga hanya membeli potongannya saja. Padahal harga sepotong ayam jelas lebih mahal dibandingkan membeli ayam utuh.

Lebih baik beli ayam utuh lalu simpan sisanya di dalam kulkas. Anda tidak perlu memasak semuanya sekaligus, namun membeli satu ekor ayam bisa menghemat pengeluaran selama beberapa hari ke depan. Sebagai perbandingan, coba jumlahkan harga potongan-potongan ayam yang sudah dikemas di supermarket lalu lihat juga berapa harga untuk satu ekor ayam utuh.

8. Jajanan kemasan kecil

Banyak orang berpikir sebaiknya membeli jajanan dalam kemasan kecil saja namun bisa mendapatkan banyak ragam daripada harus membeli satu jenis kemasan besar saja. Ini adalah pemborosan lagi, terlebih jika Anda berbelanja di supermarket.

Daripada membeli banyak jenis jajanan, tentukan satu yang paling Anda sukai lalu beli dalam kemasan besar. Anda bisa menyimpan sisanya di dalam toples kedap udara lalu memakannya di hari yang lain. Ini adalah salah satu cara berhemat, terutama buat Anda yang suka ngemil. Berhentilah membeli jajan dalam kemasan satu kali makan di supermarket demi memangkas pengeluaran belanja rutin Anda.

9. Pernak pernik pesta

Ingin memberi pesta kejutan untuk sahabat atau kekasih? Jangan membeli segala pernak perniknya di supermarket. Ini termasuk balon, pita, kartu ucapan, kartu nama, topi-topi lucu, lilin, dan masih banyak lagi.

Alasan utamanya tentu adalah harga yang jauh lebih mahal. Pergilah ke toko yang khusus menyediakan perlengkapa pesta lalu beli semua yang Anda butuhkan di sana. Berhentilah membeli semua pernak pernik ini di supermarket karena selain harganya mahal, jenis barang yang dijual biasanya juga tidak lengkap.

Dapatkan penawaran yang jauh lebih baik dengan harga yang murah dengan membeli peralatan pesta di toko-toko biasa.

10. Cake dan kue

Masih berhubungan dengan perlengkapan pesta, satu hal yang jangan dibeli di supermarket adalah cake dan kue. Selain masalah harga, ada beberapa hal lain yang harus Anda pikirkan. Pertama, supermarket bukan toko kue jadi Anda tidak akan tahu bagaimana rasanya. Anda juga tidak bisa mencicipi kue bukan?

Kedua, jika Anda bisa membuat kue sendiri, kenapa harus membelinya? Terlebih jika Anda punya keahlian membuat kue, tentu akan terasa lebih spesial daripada harus membelinya. Namun jika Anda memang lebih suka membeli kue jadi, pergilah ke toko khusus yang menjual kue. Anda akan punya lebih banyak pilihan, baik itu dari segi rasa maupun harga.

 

11. Peralatan kantor dan sekolah

Pulpen, buku, dan berbagai peralatan lain yang Anda butuhkan untuk pekerjaan dan sekolah akan lebih murah di toko alat tulis. Tidak percaya? Buktikan saja. Anda tidak akan menemukan pulpen yang dijual satuan di supermarket. Seperti baterai, setidanya Anda harus membeli minimal 2-3 biji. Belum lagi harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga satuan di toko alat tulis biasa. Pikirkan lagi jika Anda ingin membeli sebatang pulpen di supermarket.

12. Bunga

Apabila Anda ingin membeli bunga segar, bukan di supermarket tempatnya. Meski supermarket menjual bunga, tapi sebaiknya Anda pergi ke toko bunga atau pasar bunga untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Bahkan Anda bisa menawar harga pada penjualnya lho. Ini tidak bisa dilakukan di supermarket. Mereka biasanya menjual bunga yang siap pakai, sehingga Anda juga tidak bisa memilih padu padan yang sesuai dengan keinginan Anda.

13. Produk kebersihan diri

Produk-produk kebersihan diri seperti sabun, sampo, alat cukur, dan lain sebagainya lebih murah dijual di toko retail besar daripada di supermarket kecil. Kalau Anda ingin membeli produk-produk ini, jangan pergi ke supermarket karena selisih harganya cukup besar. sebagai pembeli yang cerdas, tentu Anda ingin mendapatkan harga termurah untuk barang terbaik bukan?

14. Pakan hewan

Kucing kesayangan Anda kehabisan pakan? Pergi ke toko pakan hewan, bukan ke supermarket. Supermarket menjual pakan dalam kemasan kecil dan isi yang lebih sedikit, namun harganya lebih mahal. Lebih baik membeli pakan kucing dalam kemasan eceran di toko terdekat dengan harga lebih murah serta isi yang lebih banyak.

Itulah daftar barang-barang yang sebaiknya jangan dibeli di supermarket. Setelah membaca artikel ini, tinjau kembali daftar belanjaan Anda dan coret barang mana saja yang sebaiknya tidak dibeli. Cari tempat yang menawarkan harga lebih murah untuk masing-masing barang. Berbelanja di supermarket memang sangat nyaman, namun jika Anda harus membayar dengan harga yang lebih mahal, sebaiknya pikir-pikir dulu. Tentu akan jauh lebih baik mendapatkan harga murah untuk barang yang sama. Dengan begitu, pengeluaran Anda pun akan menjadi lebih terkendali.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang barang-barang yang sebaiknya jangan dibeli di supermarket, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Tip Finansial Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Kamu Ketahui
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?
Cara Menabung untuk Liburan Akhir Tahun
Perbedaan Barang Inferior dengan Esensial
10 Aturan Emas dalam Mengelola Keuangan
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Tambahan?
10 Tip Keuangan untuk Kamu Usia 20-an


Bagikan Ke Teman Anda