Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit

#tagihan kartu kredit #tip kartu kredit

Saat Anda menerima laporan tagihan kartu kredit bulanan, Anda akan mendapati jumlah bayar minimum selain total tagihan keseluruhan dalam rincian tagihan tersebut. Apa yang dimaksud dengan bayar minimum dan apakah kita dapat menggunakannya? Semuanya akan diulas lebih lanjut dalam pembahasan kali ini mengenai bayar minimum kartu kredit yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Bayar Minimum Kartu Kredit?

Seperti yang telah diketahui, pembayaran kartu kredit memiliki rentang dan batasan waktu tiap bulannya yang disebut jatuh tempo. Jika Anda membayar tagihan melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka Anda akan dikenakan denda keterlambatan. Untuk menghindari membayar denda tersebut, Anda dapat mengambil alternatif lain yaitu membayar biaya minimum tagihan kartu kredit.

Biaya minimum adalah fasilitas yang diberikan bank kepada pemilik kartu kredit dengan mengenakan biaya minimal yang dapat dibayarkan, dengan jumlah sebesar 10% dari total tagihan. Misalnya tagihan kartu kredit bulan ini sebesar Rp 10.000.000, maka biaya minimum yang wajib dibayar hanya Rp 1.000.000. Ketika Anda membayar biaya minimum untuk tagihan bulan itu saja, Anda tidak akan terhitung telat dalam membayar tagihan sehingga tidak akan dikenakan denda keterlambatan.

Kelebihan Bayar Minimum Kartu Kredit

Fasilitas bayar minimum yang diberikan bank ini tentunya akan sangat membantu saat kita sedang kesulitan untuk membayar penuh tagihan kartu kredit bulanan. Dengan adanya bayar minimum, Anda dapat memenuhi kewajiban pembayaran bulan tersebut yang tentunya meringankan beban tagihan. Anda juga tidak akan dikenakan denda keterlambatan selama membayarkan biaya minimum tersebut sebelum jatuh tempo pembayaran kartu kredit.

Hal ini akan sangat membantu saat Anda memiliki urusan keuangan lain yang mendadak dan harus disegerakan pembayarannya, sehingga membuat Anda harus memilih membayar salah satu antara tagihan kartu kredit atau urusan mendadak tersebut. Dengan adanya fasilitas bayar minimum ini, Anda dapat hanya membayarkan jumlah minimum yang tentunya jauh lebih sedikit total tagihan untuk menebus kewajiban pembayaran tagihan bulan itu. Anda pun dapat mengalokasikan dana untuk urusan keuangan yang mendadak tersebut tanpa khawatir dikenai denda karena terlambat atau tidak membayar tagihan kartu kredit.

Kekurangan Bayar Minimum Kartu Kredit

Hal yang perlu diingat oleh pemilik kartu kredit adalah membayar biaya minimum bulanan bukan berarti hutang dari tagihan kartu kredit hilang dan tidak perlu dilunasi. Anda hanya membayar biaya minimum sebesar 10% dari total tagihan, yang berarti masih ada 90% tagihan yang tercatat di tagihan kartu kredit. Tagihan tersebut tetap ada dan terkena bunga dari bank karena mengendap dan tidak langsung dibayarkan.

Untuk besaran bunga kartu kredit sendiri memang biasanya lebih besar jika dibandingkan bunga tabungan biasa, bisa mencapai 4% per-bulan, karena kartu kredit merupakan produk yang diberikan tanpa membutuhkan jaminan tertentu dari nasabah. Jika Anda membayar tagihan kartu kredit langsung sebelum memasuki tanggal jatuh tempo, Anda tidak akan dikenakan bunga dan hanya membayar sesuai dengan tagihan yang tertera. Namun jika Anda tidak membayar atau membayar hanya biaya minimum, sisa tagihan akan dikenakan bunga saat Anda membayar nanti.

Penggunaan Bayar Minimum Kartu Kredit

Adanya fasilitas bayar minimum memang diberikan kepada pemilik kartu kredit untuk digunakan, namun perlu diperhatikan kapan dan bagaimana penggunaannya. Tidak salah jika Anda ingin membayar hanya biaya minimum dari total tagihan, apalagi ketika keadaan tidak memungkinkan untuk membayar seluruh total tagihan. Namun perlu diingat bahwa bagaimanapun tagihan kartu kredit adalah hutang yang harus dibayar cepat atau lambat, saat ini atau nanti.

Membayar tagihan kartu kredit sebesar biaya minimum sah-sah saja jika sesekali dilakukan, namun akan merugikan dan menyulitkan diri Anda jika terlalu terbiasa membayar tagihan dengan cara tersebut. Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa sisa tagihan akan menumpuk beserta bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut. Jika Anda terlalu sering menunda pembayaran total tagihan bulanan, yang terjadi adalah hutang Anda akan menumpuk dan membuat sulit untuk dibayar di kemudian hari.

Memang adanya kartu kredit sangat memudahkan berbagai proses transaksi dan keuangan dalam kehidupan kita, apalagi di jaman sekarang yang membutuhkan apa-apa serba cepat dan ringkas. Tapi penggunaan dan pembayaran kartu kredit perlu diatur sedemikian rupa supaya perannya tetap dapat membantu dan memudahkan Anda, bukan justru menyulitkan di kemudian hari. Melakukan pembayaran tagihan kartu kredit sebesar biaya minimum yang ditentukan memang hak yang diberikan bank kepada Anda, namun tentunya tidak bijak jika sering digunakan apalagi menjadi gaya pembayaran rutin Anda.

Bayangkan saja jika setiap bulannya Anda hanya membayarkan biaya minimum dari total tagihan kartu kredit secara keseluruhan. Awalnya mungkin Anda akan merasa ringan dan diuntungkan karena tidak perlu membayar dalam jumlah besar, namun tanpa sadar sisa tagihan akan terus membesar seiring dengan bunga yang dikenakan. Kalau sudah menjadi kebiasaan membayar hanya biaya minimum tiap bulan, total tagihan kartu kredit Anda akan semakin membengkak hingga sulit untuk dibayar dan ditutup.

Jadi mulai sekarang bijaklah dalam menggunakan dan membayar tagihan kartu kredit, karena hal tersebut akan mempengaruhi keseluruhan keadaan keuangan Anda. Pastikan Anda menilai dan menimbang dengan baik-baik mengenai cara pembayaran tagihan bulanan kartu kredit, baik pembayaran penuh maupun biaya minimum. Bijak dalam mengelola pengeluaran dan pembayaran akan membuat keuangan Anda lebih tertata dan sehat, serta tidak membuat kerugian di kemudian hari.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel mengenai bayar minimum tagihan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.