Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Beberapa Prinsip Ampuh untuk Membentuk Kebiasaan Baru

Masing-masing dari kita terkadang menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan kita yang sangat tidak baik untuk dipelihara lama-lama. Kita lalu ingin mengubahnya sebelum kebiasaan-kebiasaan tersebut menjerumuskan hidup kita kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja kebiasaan boros yang bisa menjerumuskan kita ke kehidupan suram menjadi miskin di masa depan.

Atau kebiasaan suka menggunjingkan orang, bisa menjerumuskan kita ke kehidupan sosial yang tak nyaman karena banyak dibenci orang. Lalu kita harus bagaimana agar dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan negatif tersebut menjadi kebiasaan yang lebih positif?

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak pula prinsip yang dapat anda terapkan untuk melatih kebiasaan-kebiasaan tersebut. Berikut adalah beberapa prinsip yang ampuh untuk anda jalankan :

1. Rancang Kebiasaan Baru Apa yang Anda Inginkan

Ketika anda membangun sebuah rumah atau menyusun sebuah Lego, anda pasti melihat hasil akhirnya dahulu kan? Anda pasti merancang terlebih dahulu bagaimana sebuah rumah akan dibangun atau sebuah Lego akan disusun. Meski bukan anda yang merancang rumah anda melainkan seorang arsitek, namun anda harus mengetahui dengan jelas bagaimana hasil akhir dari rumah yang anda inginkan tersebut.

Demikian pula dengan membentuk kebiasaan baru. Yang harus anda lakukan adalah merancang sedemikian rupa kebiasaan-kebiasaan apa yang ingin anda miliki dan ingin anda bentuk. Merancang kebiasaan juga termasuk merancang bagaimana caranya hal tersebut akan dilakukan.

Pastikan anda juga memiliki tenggat waktu yang jelas. Apakah kebiasaan ini harus sudah terbentuk dalam satu bulan? Satu triwulan? Meskipun waktu yang ideal untuk membentuk kebiasaan baru adalah selama 21 hari, namun pastikan anda memanfaatkan waktu sebaik yang anda bisa. Jika menurut anda dua hingga tiga bulan lebih nyaman, maka lakukan saja.

2. Just Do It

Ada rasa ragu dalam diri anda untuk membentuk kebiasaan baru ini. Menuju jalan yang lebih baik memang perjalanannya biasanya tidak lebih mudah, readers. Karena banyak godaan ke hal-hal yang sebaliknya. Namun jangan terlalu difikirkan. Menjadi manusia yang lebih baik adalah hak anda sebagai seorang individu. Maka, jangan terlalu banyak pertimbangan. Jika hal tersebut membawa kebaikan bagi anda. Just do it; lakukan saja. Ada sebabnya slogan ini menjadi slogan merek terkenal karena menggambarkan semangat dan berani untuk memulai sesuatu yang baru. Jadi jangan ragu, just do it!

3. Tekadkan Diri untuk Tidak Menyerah

Bagaimanapun juga, menghilangkan kebiasaan lama yang sudah mendarah daging tentu saja tidak semudah melempar koin ke udara. Butuh proses, waktu dan tekad yang kuat agar diri anda tidak menyerah hanya karena anda merasa gagal di tengah jalan.

Jika anda sadar bahwa anda telah gagal, jangan sedih berkepanjangan, putus asa lalu terpuruk dan hilang semangat. Tekadkan diri bahwa anda tidak akan pernah menyerah. Setiap gagal, anda harus memaafkan diri anda sendiri, lalu kembali bangkit dan mulai kembali dari awal untuk membentuk kebiasaan baru yang anda idamkan.

4. Fokus Membentuk Satu Kebiasaan Baru Terlebih Dahulu

Jika anda memiliki beberapa kebiasaan yang ingin anda ubah, Mulailah dengan mengubah Satu kebiasaan dulu, jangan lebih. Hal ini penting agar anda tidak bingung karena mengubah satu kebiasaan saja sudah memerlukan waktu dan konsentrasi yang cukup tinggi.

Jika anda menjalankan proses mengubah kebiasaan anda dengan beberapa kebiasaan baru sekaligus, dikhawatirkan konsentrasi anda akan terpecah dan malah kehilangan fokus pada semua proses yang telah anda lakukan.

5. Buat Jurnal untuk Melihat Perkembangan Anda

Tulislah jurnal untuk mengetahui telah sejauh mana anda berjalan, perkembangan-perkembangan apa saja yang sudah anda dapatkan, dan langkah selanjutnya yang harus anda ambil. Membuat jurnal juga membantu anda menghargai diri anda, menghargai usaha anda, sehingga tekad anda akan lebih kuat untuk mencapai kebiasaan baru yang anda targetkan.

Jurnal juga mebuat semua langkah-langkah anda terekam dengan baik, sehingga jika anda ingin mengubah kebiasaan-kebiasaan lainnya, anda bisa mengikuti step by step yang anda tulis dalam jurnal anda tanpa lupa satu hal pun. Menyenangkan bukan?

6. Jadilah Konsisten

Bagaimanapun juga semua hal yang kita lakukan di dunia akan terasa sia-sia jika kita tidak konsisten dalam menjalankannya, tak terkecuali dalam membentuk kebiasaan baru. Anda harus menguatkan diri untuk tetap berada pada jalurnya sehingga hasil akhir yang baik akan anda dapatkan. Ingatlah bahwa dengan menjadi konsisten, segala jerih payah anda akan terbayar dengan manis.

7. Rayakan Keberhasilan Anda

Mungkin tidak ada yang tahu keberhasilan anda membentuk kebiasaan baru, kecuali diri anda sendiri. Rencanakan apa yang anda lakukan setelah anda berhasil membentuk kebiasaan baru tersebut. Apakah anda akan merayakannya dengan jalan-jalan ke luar kota? Membeli tas baru? Buku baru? Atau sekedar makan di restoran dengan seorang yang istimewa?

Hargailah diri anda dengan dengan memberikan reward yang anda inginkan, dan rayakan keberhasilan anda dengan sukacita.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa prinsip ampuh untuk membentuk kebiasaan baru, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Siapa itu John Maynard Keynes? Biografi John Maynard Keynes
Siapa Itu Adam Smith? Biografi Adam Smith
Pelajaran dari Krisis Yunani, Cara Bertahan Saat Krisis Ekonomi
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?
Apa itu Rasio Kecukupan Modal – Capital Adequacy Ratio (CAR)?
Apa itu Defisit Transaksi Berjalan? Penyebab & Dampak Defisit Transaksi Berjalan
Booking Hotel Murah? Ini ‘Hotel Hack’ dari Sudut Pandang Pekerja Hotel
Ajakarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!


Bagikan Ke Teman Anda