Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Benda Apa yang Sebaiknya Beli Bekas?

#beli bekas

Kesederhanaan akhir-akhir ini tengah populer menjadi ‘gaya hidup baru’ bagi banyak orang. Mereka menyadari pada akhirnya, bahwa hidup sederhana membuat mereka bisa hidup dengan lebih ‘lega’ karena tidak melulu mengikuti tuntutan hawa nafsu. Pun pada sisi keuangan pribadi, banyak orang juga mulai menyadari bahwa selama ini mereka telah melakukan kesalahan dengan menggunakan keuangan mereka pada banyak hal yang sebenarnya tak perlu dan karena kesalahan ini mereka kehilangan kesempatan untuk menghemat banyak uang. Apakah anda seperti ini?

Jangan berlama-lama menyesali diri. Karena anda dapat memulai hidup sederhana dan memulai menghemat banyak uang kapan pun anda mau. Hidup sederhana bukan berarti anda pelit, lho. Hidup sederhana berarti anda menyingkirkan hal-hal yang selama ini menghabiskan energi, uang dan waktu anda yang sebenarnya tak perlu dengan berfokus pada hal-hal yang lebih penting. Karenanya hidup sederhana bisa membuat anda merasa lebih baik.

Lalu bagaimana caranya bisa memulai hidup sederhana? Jika anda bingung mulai dari mana, berikut akan kami tuliskan 8 Benda yang seharusnya tidak perlu anda beli baru.

Mobil

Bagi beberapa orang membeli mobil baru itu penting, sementara sebagian orang lagi memandang membeli mobil bekas pun sudah cukup. Seperti yang kita ketahui bahwa harga mobil baru turun segera setelah anda membelinya. Bayangkan jika anda membeli mobil baru melalui fasilitas pinjaman dengan bunga yang cukup besar, anda sudah mengalami kerugian sebanyak dua kali!
Namun tak bisa ditampik bahwa ada sebagian orang yang menganggap bahwa mereka membeli mobil baru justru untuk berhemat agar menghindari kerusakan mobil yang berarti di kemudian hari. Cara mengakalinya adalah anda tetap bisa membeli mobil bekas dengan mengajak anggota keluarga / teman yang mengerti atau ahli di bidang mesin – bahwa keadaan mobil tersebut masih prima dan baik-baik saja. Jangan sampai anda merasa senang karena telah hemat dalam membeli mobil, namun ternyata uang yang anda keluarkan justru lebih banyak untuk berbagai biaya perbaikan dan perawatan mobil di kemudian hari.

Buku

Apakah anda pencinta buku? Meski menurut anda harga sebuah buku tak seberapa untuk diterapkan dalam penghematan, namun apa jadinya jika anda menjumlah totalkan harga semua buku yang pernah anda beli. Terkejut?
Sebenarnya ada beberapa cara untuk menekan pengeluaran anda dalam membeli buku baru. Pertama, anda bisa meminjamnya di perpustakaan setempat, bisa menyewanya di tempat penyewaan buku, atau jika anda benar-benar menyukai sebuah buku sehingga ingin membacanya lebih dari satu kali, anda bisa membeli buku bekasnya di Amazon, atau mencari di toko buku bekas, atau mencari e-book versi gratisnya yang terkadang sudah beredar di internet. Lumayan hemat kan?

Kendaraan Rekreasi

Memiliki satu kendaraan untuk keperluan keluarga itu bagus. Memiliki banyak kendaraan untuk tiap-tiap anggota keluarga itu situasional. Memiliki beberapa kendaraan yang hanya anda gunakan pada saat-saat tertentu bisa jadi bencana. Seperti yang kita ketahui, makin lama sebuah kendaraan tidak digunakan maka akan membuat mesinnya semakin aus. Sehingga daripada anda kehilangan banyak, lebih baik anda jual saja kendaraan-kendaraan tersebut dan berfokus pada kendaraan yang benar-benar memiliki fungsi maksimal bagi anda dan keluarga.

Pakaian

Kabar buruknya adalah, membeli pakaian mahal untuk digunakan sehari-hari sangat membuang uang. Itu karena hanya anda yang tahu betapa mahal harganya. Sementara, ada banyak pilihan di luar sana yang menjual baju dengan model yang sama dengan harga yang jauh-jauh lebih terjangkau. Sebagai penghematan, anda bisa membeli pakaian dengan model yang sama namun harga lebih murah, atau membelinya secara online karena biasanya harga yang mereka pasang lebih murah daripada harga di toko offline.

Furniture

Ada sebabnya mengapa gaya rumah dengan furniture yang minimalis akhir-akhir ini sedang naik daun. Hal ini dikarenakan furniture minimalis cenderung memiliki model yang tidak ketinggalan jaman sampai kapanpun. Pilihan furniture minimalis dari kayu dapat anda beli dan gunakan kapan saja namun tetap terlihat edgy dan rustic. Jika anda tertarik, anda bisa membeli furniture ini di tempat penjualan furniture bekas dengan harga jauh lebih nyaman di kantong dibandingkan anda membelinya di tempat penjualan furniture baru.

DVD

Hampir seperti buku, ketika membeli DVD anda cenderung menontonnya sekali saja untuk selanjutnya jarang sekali anda ingin tonton untuk kedua kalinya. Daripada anda membeli DVD baru dan menumpuknya menjadi sarang debu, lebih baik jika anda membeli DVD bekas atau meminjamnya, atau menyewanya di tempat penyewaan DVD.

Peralatan Olahraga Anak-anak

Anak-anak cenderung memiliki minat yang cepat sekali berubah, sehingga rasanya sangat menyedihkan jika anda menghabiskan banyak uang untuk seperangkat peralatan olahraga baru yang mungkin hanya dipakai selama sang anak masih berminat. Jika memungkinkan pilih peralatan olahraga bekas agar ketika minat anak berubah, uang anda tidak begitu banyak terbuang.

Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan eksklusif memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Mulai dari harganya yang mahal, makanan yang tidak murah, kesehatan, perawatan sehari-hari dan lainnya membuat anda harus memiliki budget yang lebih untuk memeliharanya. Daripada membeli hewan peliharaan yang eksklusif dengan biaya perawatan yang mahal, mengapa tidak anda perhatikan hewan-hewan di sekitar rumah anda yang memang memerlukan tempat tinggal lalu mengadopsi mereka? Meskipun penampilan mereka pada mulanya tidak seindah dan sebersih hewan ekslusif yang anda beli, namun setelah anda rawat penampilan mereka pasti menjadi lebih baik dan tak kalah dari hewan ekslusif lainnya.

Sebenarnya masih ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat uang. Beberapa poin di atas hanyalah beberapa pilihan yang dapat anda lakukan. Yang perlu anda lakukan adalah tanyakan kembali kepada diri anda ketika akan membeli sesuatu yang baru; apakah memang anda harus membeli barang yang baru ataukah ada pilihan lain? Apakah anda membeli karena ingin ataukah karena butuh? Semakin sederhana pilihan anda, maka semakin lega perasaan anda dalam hal keuangan untuk jangka waktu yang panjang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang benda yang sebaiknya beli bekas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Review Sekilas tentang Koinworks.com
Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.