Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Berani Jadi Milyader? Ini Tip Kalau Ingin Jadi Milyader!

#milyader

Tidak ada manusia yang ingin hidup susah dan miskin. Semua orang ingin kaya raya, terlebih di tengah jaman yang kian materialis dan modern ini. Tanpa kekayaan, seseorang tidak mungkin bisa mendapat yang ia inginkan. Bagaimanapun juga, apapun keinginan yang didambakan, semua itu membutuhkan modal. Dan, modal adalah kekayaan itu sendiri.

Di saat yang sama, manusia enggan berusaha agar benar-benar kaya raya. Hasrat ingin kaya hanya sebatas tulisan di diary atau tempelan di tembok kamar saat menjadi mahasiswa. Itu bukan sesuatu yang mengherankan mengingat jauh lebih mudah mengeluarkan jargon yang mempesona manusia di sekitar kita ketimbang memelihara kedisiplinan agar tetap memiliki etos kerja dan semangat untuk meraih kekayaan itu sendiri. So, tidak ada yang lebih penting dalam upaya mencapai tujuan (baca: kekayaan) selain memelihara konsistensi, kedisiplinan dan kebiasaan positif.

Hal yang sama juga berlaku pada orang yang sekarang ini mendapat julukan sebagai milyader. Tidak ada sesuatu yang datangnya instan. Apapun latar belakang mereka, entah dari keluarga kaya sekalipun, jika tidak memelihara sikap dan kebiasaan positif dan kedisiplinan, maka yang bersangkutan tidak akan berada di titik kesuksesan seperti sekarang.

Apa saja kebiasaan yang perlu dipelihara agar bisa menjadi milyader? Simak tips-tips berikut.

1. Bangun lebih pagi

Kalau Anda ingin sukses, maka bangunlah sepagi mungkin. Mereka yang sukses terbiasa menggunakan waktu yang memungkinkannya untuk berinteraksi lebih banyak dengan dirinya dan momen tersebut positif untuk kesehatan dan kebugarannya. Dan itu artinya bangun sepagi mungkin. Hanya dengan bangun pagi, Anda bisa berpikir lebih jernih mengenai apa saja yang bakal Anda lakukan seharian ini agar tujuan-tujuan kecil bisa tercapai saat menyongsong tujuan yang lebih besar lagi.

2. Melakukan hal dengan kadar maksimum

Satu-satunya elemen kesuksesan yang dapat Anda control adalah upaya Anda. Kebanyakan orang bekerja dan memenuhi tanggung jawabnya ala kadarnya, tapi mengharapkan hasil maksimum. Ini berbeda dengan seorang milyader. Ketimbang harus mengurangi kualitas kerja, dia memilih untuk menemukan cara terbaik untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tak pantang menyerah, dan tergerak untuk mengerjakan sesuatu secara efisien dan efektif.

3. Belilah nilai barang, bukan harganya

Perbedaan antara mereka yang kaya dan yang miskin terlihat pada pola mereka membeli barang. Orang miskin yang dibeli adalah harga barang. Tapi, orang kaya yang dibeli adalah nilai barang itu sendiri. Ketika Anda menonton iklan TV, misalnya, yang Anda lihat adalah harga. Kenapa begitu? Itu tak lain karena iklan memang sengaja ditayangkan untuk masyarakat akar rumput. Nah, ketika Anda tidak terlatih secara finansial untuk memahami uang, maka Anda cenderung membeli berdasarkan harga terendah. Begitu Anda menjadi seorang milyader, Anda akan sadar kalau harga murah tidak akan memberi Anda apa-apa.

4. Berteman dengan seorang milyader

Mengapa berteman dan kumpul dengan milyader bisa membuat Anda kaya? Itu tak lain karena seorang milyader memiliki emosi yang relatif lebih stabil, sehat secara mental dan kognitif, juga memiliki pandangan positif terhadap kehidupan itu sendiri. Siapa yang sering Anda ajak bergaul, maka mereka akan mengubah cara pandang Anda terhadap kehidupan. Jika masih punya waktu, bergaul lah dengan teman Anda yang kekayaannya setengah-setengah, penakut, tidak bisa hidup tanpa keberadaan teman yang selalu memujinya, dan menjadi korban dari kejayaan masa lalunya atau mengandalkan ketenaran keluarga, keluarganya berantakan atau enggan menikah meski usianya sudah mencukupi. Dijamin, hidup Anda bakal lebih buruk dari sebelumnya.

5. Belajar dan terus belajar

Pastikan tidak ada sedetik pun dalam keseharian Anda yang tidak diisi oleh kegiatan belajar. Bentuk belajar itu sendiri beraneka macam. Bisa menonton video, mendengarkan kuliah, menghadiri seminar atau ceramah dan juga membaca buku. Masing-masing orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda.

6. Rajin menabung

Deddy Corbuzier, salah seorang selebriti papan atas Indonesia, pernah mengatakan bahwa kebiasaan menabung sangat membantu seseorang untuk sukses. Dengan menabung, seseorang memiliki bekal untuk masa depan sehingga akan ada dana cadangan untuk menalangi apapun. Selain bisa dijadikan modal, menabung membuat orang sedikit realistis; membuat sadar dan berpikir bahwa hidup tidak sekedar masa kini, tapi juga ada masa depan yang penuh ketidakpastian.

7. Beli barang yang dibutuhkan

Salah satu beda utama orang setengah kaya dan kaya raya adalah alasan mereka membeli barang. Orang kaya raya akan membeli barang yang benar-benar dibutuhkannya meski harganya sangat mahal. Ia melihat kegunaan di sebuah barang. Ia membeli karena keinginannya sendiri. Ia membeli untuk dinikmati olehnya. Hal ini bertolak belakang dengan orang miskin atau setengah kaya, yang cenderung membeli barang karena teman-temannya memiliki barang tersebut. Ia membeli karena ingin disukai oleh teman-temannya. Tidak lebih dari itu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip kalau ingin jadi milyader, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Rahasia Tentang Uang yang Hanya Diketahui Para Milyarder
Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Review Sekilas tentang Koinworks.com
Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.