Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Berapa Limit Kartu Kredit?

#limit kartu kredit #tip kartu debit

Bagi pengguna kartu kredit, istilah limit kartu bukanlah hal yang asing dan cukup familiar didengar di telinga. Karena bagaimanapun juga, kartu kredit dengan limitnya adalah hal yang sangat berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai limit kartu kredit dan hal-hal penting yang terkait di dalamnya.

Pengertian Limit Kartu Kredit

Limit kartu kredit adalah batas maksimal nominal penggunaan kartu kredit yang dapat dipakai dalam melakukan transaksi tiap bulannya. Nominal limit kartu berbeda-beda, tergantung pada jenis kartu atau kebijakan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Rentang nominalnya adalah Rp 3.000.000 untuk limit terendah, dan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk limit tertinggi yang diterapkan pada kartu tertentu.

Seperti namanya yang berasal dari bahasa Inggris limit yang artinya membatasi, limit kartu kredit memang memberikan batasan kepada pemilik kartu mengenai berapa besaran jumlah dana yang dapat dipakai untuk transaksi tiap bulannya. Limit kartu kredit bisa diterapkan pada satu kartu yang Anda miliki, atau beserta kartu kredit tambahan lain yang Anda punya dan kemudian disebut limit gabungan kartu kredit. Biasanya penggunaan limit gabungan tidak ditetapkan berapa masing-masing kartu, namun langsung gabungan dari dua kartu.

Misalnya Anda memiliki dua buah kartu kredit, satu kartu utama dan satu kartu tambahan untuk keluarga, dengan limit gabungan Rp 10.000.000. Hal ini tidak bisa diartikan masing-masing kartu memiliki limit Rp 5.000.000, karena tidak dipatok tiap kartu yang dimiliki. Jadi berapapun yang dipakai oleh masing-masing kartu tidak masalah selama total limit tidak melebihi Rp 10.000.000, baik satu kartu menghabiskan lebih banyak limit dibanding yang lainnya atau berjumlah sama.

Penentuan Limit Kartu Kredit

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa masing-masing kartu kredit dapat memiliki jumlah limit yang berbeda, tergantung oleh jenis kartu atau ketentuan bank. Kini kita akan membahas hal-hal apa saja yang mempengaruhi penentuan jumlah limit kartu kredit oleh bank.

  • Pendapatan

Saat hendak mengajukan pembuatan kartu kredit, Anda pasti sering melihat syarat mengenai penghasilan minimum yang dapat memenuhi kriteria. Jumlah pendapatan bulanan Anda ini yang kemudian akan mejadi salah satu landasan ditentukannya besaran limit kartu kredit yang diberikan bank. Biasanya bank memberikan limit kartu hingga tiga kali lipat dari pendapatan bulanan yang dimiliki pengaju kartu kredit, misalnya Rp 15 juta untuk orang yang berpenghasilan Rp 5 juta perbulan.

  • Keadaan dan Riwayat Keuangan

Keadaan keuangan Anda akan menentukan berapa besaran limit kartu yang diberikan, termasuk bagaimana sejarah keuangan Anda dan kelancaran pembayaran hutang. Jika bank menilai tidak ada masalah dengan keuangan Anda selama ini, besar kemungkinan Anda akan diberikan limit yang sesuai dengan permintaan atau jumlah yang besar. Namun jika keadaan dan riwayat keuangan Anda buruk, bank akan mempertimbangkan kembali dalam memberikan jumlah limit yang besar.

  • Status Kepemilikan Rumah

Calon pemilik kartu kredit yang memiliki status kepemilikan rumah sendiri akan cenderung lebih mudah diterima pengajuan pembuatan kartu kreditnya, termasuk pengajuan jumlah limit yang diminta. Tentunya ini bukan berarti orang yang belum memiliki rumah tidak akan mendapatkan kartu kredit, namun lebih kepada besaran nominal dari limit kartu yang diberikan.

  • Saldo Rekening Tabungan atau Rekening Koran

Ketika hendak mengajukan pembuatan kartu kredit, Anda diminta untuk melampirkan fotokopi rekening tabungan atau rekening koran sebagai gambaran keadaan keuangan saat ini. Jumlah saldo rekening Anda akan mempengaruhi besaran limit kartu yang diberikan atau ditawarkan oleh pihak bank, yang mana jika saldo bernominal besar maka limit yang diberikan bisa berjumlah besar juga.

  • Jumlah yang Diajukan

Hal lain yang juga turut mempengaruhi penentuan jumlah limit kartu adalah nominal yang diajukan calon pemilik kartu saat pendaftaran. Bisa saja sebenarnya orang tersebut secara faktor lain seperti pendapatan dan saldo rekening sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan limit besar, namun ia hanya mengajukan limit yang lebih rendah dan dirasanya cukup. Bank akan mempertimbangkan hal tersebut dalam penentuan limit kartu kredit yang diberikan kepada pemilik kartu yang bersangkutan.

Apakah Bisa Menaikan Limit Kartu Kredit?

Saat menggunakan kartu kredit dan kemudian Anda merasa kalau limit kartunya kurang dapat memenuhi kebutuhan, apakah bisa ditingkatkan jumlahnya? Tentu saja bisa, yaitu dengan mengajukan lagi kepada bank terkait untuk meningkatkan nominal limit. Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal yang akan menjadi bahan pertimbangan pihak bank sebelum mengajukan kenaikan limit.

Pertama, pastikan kalau pembayaran tagihan kartu kredit Anda selama ini lancar tanpa ada tunggakan atau keterlambatan dari batas waktu jatuh tempo yang ditentukan. Sejarah pemakaian dan pembayaran tagihan kartu kredit akan sangat mempengaruhi penilaian bank, yang mana kalau tidak ada masalah besar kemungkinan permintaan kenaikan limit dapat disetujui. Namun jika yang terjadi sebaliknya, yaitu pembayaran tidak lancar, maka sebaiknya Anda memikirkan ulang niatan untuk menaikkan limit kartu.

Selain pembayaran tagihan, penggunaan kartu kredit selama iniĀ  juga akan menjadi hal yang mempengaruhi penilaian pihak bank. Jika Anda termasuk aktif menggunakan kartu kredit tersebut, besar kemungkinan pihak bank akan memberikan kenaikan limit untuk kartu Anda. Hal lain yang turut mempengaruhi adalah besaran nominal saldo rekening tabungan terakhir Anda, jika jumlahnya besar dapat memberi kesempatan besar disetujuinya permintaan kenaikan limit.

Besar atau kecilnya limit kartu kredit sebenarnya kembali lagi pada kebutuhan dan bagaimana pola pemakaian kartu yang Anda gunakan selama ini. Yang terpenting adalah baik jumlahnya besar atau kecil, Anda tetap harus mengelola dengan baik penggunaan kartu dengan bijak dan teratur. Dengan begitu, kartu kredit tidak akan memberikan masalah bagi keuangan Anda dan tetap menjadi fasilitas yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang berapa limit kartu kredit, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.