Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di MIT

Menuntut ilmu di kampus ternama merupakan impian setiap orang. Apalagi jika mendapatkan kesempatan untuk kuliah di kampus kenamaan di dunia layaknya di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Meskipun begitu, kuliah di luar negeri juga bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan. Salah satunya adalah tentang biaya kuliah dan biaya hidup disana.

Setiap tahunnya, biaya kuliah dan biaya hidup tentu akan semakin meningkat. Untuk mahasiswa baru yang masuk di tahun ajaran 2019-2020, pihak MIT sendiri telah mengeluarkan rincian perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup yang dapat dilihat di situs resminya langsung.

Biaya Kuliah di MIT

Untuk tahun 2019-2020, biaya kuliah dan biaya hidup diperkirakan sekitar $73,160. Pihak MIT menyatakan bahwa biaya tersebut sudah ditekan dan disesuaikan dengan anggaran yang telah disusun dengan baik. Meskipun nilainya terlihat besar, namun sering kali pada kenyataannya setiap mahasiswa mengeluarkan uang lebih sedikit dari yang diperkirakan tersebut.

Adapun rincian dari perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah

Biaya kuliah di MIT diperkirakan mencapai $53,450. Menurut pihak MIT, biaya kuliah tersebut sebenarnya lebih besar dua kali lipat. Namun pihak MIT memberikan subsidi sehingga biaya kuliah hanya perlu dibayar sebesar $53,450 saja per mahasiswanya.

Hal ini dikarenakan pemerintah mewajibkan pihak MIT untuk menyediakan asuransi kesehatan pada setiap mahasiswanya sehingga biaya tersebut ditanggung sendiri oleh pihak MIT. Dengan begitu, mahasiswa hanya perlu membayar biaya kuliah pokok saja.  Asuransi yang diberikan oleh pihak kampus meliputi pemeriksaan kesehatan dan perawatan gigi.

  1. Biaya tambahan kampus

Biaya tambahan kampus yang harus dikeluarkan mahasiswa ketika berkuliah di MIT adalah sekitar $340. Biaya ini diwajibkan bagi setiap mahasiswa agar dapat mengakses organisasi kampus, klub mahasiswa, serta pusat olahraga dan kebugaran.

Biaya ini merupakan biaya penuh untuk mendapatkan berbagai macam fasilitas dan kegiatan yang ada di kampus mulai dari latihan olahraga, festival, hingga perjalanan wisata.

  1. Asrama

Semua mahasiswa tahun pertama diberikan tempat tinggal yang masih berada di lingkungan kampus. Hal ini ditujukan agar mahasiswa baru dapat mengenal kampus dan beradaptasi dengan lebih cepat. Namun asrama yang disediakan tidaklah gratis. Kamu harus membayar sebesar $10,430 untuk tinggal di lingkungan MIT.

Biaya ini biasanya ditagih pihak kampus pada bulan Juli dengan rincian kamar double bed yang paling mahal dan untuk tahun berikutnya akan disesuaikan dengan biaya asrama yang sebenarnya pada bulan September.

  1. Biaya makan

Bisa dibilang biaya makan termasuk yang terbesar dalam biaya hidup di MIT. Untuk satu tahunnya diperkirakan mencapai $5,960 dan mengalami kenaikan sekitar 2,2% setiap tahunnya . Biaya ini sudah termasuk 3 kali makan (bagi yang tinggal di asrama) dan juga jika kamu ingin memasak sendiri. Namun biaya ini tidak termasuk jika kamu ingin makan di luar ketika berkumpul bersama teman-teman atau cemilan di dalam kamar.

  1. Biaya buku dan alat tulis

Sebenarnya biaya buku dan alat tulis bagi setiap mahasiswa berbeda. Biaya ini tergantung pada mata kuliah yang diambil di MIT. Namun pihak MIT dalam situs resminya memperkirakan setiap mahasiswa membutuhkan $820 untuk membeli buku dan alat tulis selama satu tahun.

Pihak MIT sendiri tidak mewajibkan pembelian buku bagi mahasiswa. Jika kamu ingin berhemat di biaya ini, kamu dapat mencari buku dari senior yang mungkin akan memberikan harga yang jauh lebih murah atau bahkan gratis.

  1. Biaya pribadi

Biaya pribadi adalah biaya tambahan lain seperti biaya laundry, membeli baju, jalan-jalan, transportasi dan lainnya. Biaya ini juga tidak memiliki patokan sehingga berbeda pada setiap orang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.  Pihak MIT memperkirakan biaya pribadi yang diperlukan selama satu tahun adalah $2,160.

Kamu dapat menekan biaya ini dengan tidak terlalu sering belanja atau makan di luar serta berjalan kaki jika tujuan tidak terlalu jauh. Untuk pakaian, kamu juga dapat mencucinya sendiri jika memungkinkan. Jika kamu melakukan penghematan tersebut, kamu dapat menghemat hingga separuhnya.

Itulah biaya kuliah dan biaya hidup yang  diperlukan untuk melanjutkan studi di Massachusetts Institute of Technology. Jumlah $73,160 selama satu tahun pertama kuliah di MIT mungkin terlalu tinggi bagi beberapa orang.

Namun jangan khawatir, karena 89% mahasiswa di MIT mendapatkan bantuan dana dari beasiswa yang diberikan oleh pihak MIT dan sebagian lagi mendapatkan dana tambahan dengan bekerja.

Bantuan Biaya dari MIT

Pihak MIT memberikan bantuan bebas biaya kuliah selama setahun penuh bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan catatan, keluarga mahasiswa tersebut hanya memiliki pendapatan di bawah $90,000 per tahunnya. Program bantuan ini banyak membantu mahasiswa yang ingin meraih mimpinya namun terkendala dengan keuangan keluarga.

Selain itu, mahasiswa juga diperbolehkan menerima beasiswa dari pihak luar kampus. Beberapa perusahaan swasta biasanya akan dengan senang hati memberikan bantuan dana bagi mahasiswa yang berprestasi. Beberapa pemberian bantuan dana ini memang mengikat kontrak dengan mahasiswa untuk bekerja di perusahaan mereka setelah lulus, namun hal ini kembali lagi akan menguntungkan mahasiswa karena ia telah diterima bekerja bahkan sebelum lulus kuliah.

Setelah melihat rincian biaya kuliah dan biaya hidup di MIT serta berbagai program bantuannya tadi, apakah kamu semakin tertarik untuk kuliah di kampus terbaik di dunia ini?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang biaya kuliah dan biaya hidup di MIT, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Berapakah Biaya Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta?
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di NTU (Nanyang Technological University) Singapura
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia
Singapura Mahal? Ini Dia Biaya Hidup di Singapura
10 Kota Paling Murah Biaya Hidupnya 2019
Berapakah Biaya Hidup di Singapura?
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura
Biaya Kuliah di 20 Program MBA Terbaik
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019


Bagikan Ke Teman Anda