Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Biografi Jack Ma, Founder Alibaba

Jack Ma merupakan seorang taipan asal China yang namanya melambung karena bisnis e-commerce yang digelutinya dengan label Alibaba group. Ia merupakan contoh seorang enterpreneur sejati yang memiliki semangat pantang menyerah yang luar biasa yang kemudian menjadikannya salah satu pebisnis paling berpengaruh di dunia.

Sempat ditolak bekerja dibanyak perusahaan termasuk KFC, tak membuat seorang Jack Ma berlarut dalam kegagalan dan justru membuatnya bangkit sehingga mengantarkan ia menjadi sesukses saat ini. Dan ia pun menyandang gelar sebagai orang terkaya di Asia dan ke 24 di dunia dengan pendapatan bersih mencapai US$ 38.3 milyar, hingga agustus 2017 (wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma).

Kehidupan Remaja

Memiliki nama asli Ma Yun, Jack Ma lahir di kota Hangzhou, provinsi Zhejiang China pada 10 September 1964. Ia terlahir di keluarga yang berprofesi sebagai pendongeng dan pemusik dengan kehidupan yang sangat sederhana.
Sejak masih belia Jack Ma memiliki pemikiran yang berbeda dengan kebanyakan teman seumurannya. Ia sudah sering mendapatkan pengalaman gagal dan ditolak sehingga membuatnya kebal dengan semua hal tersebut, bahkan saat ingin mendaftar ke sekolah dikarenakan nilai akademisnya yang kurang.

Rasa ingin tahunya yang besar tentang bahasa Inggris mengantarkannya menjadi seorang tour guide cilik. Motifnya kala itu hanya untuk mengasah kemampuannya berbahasa inggris dan mendapatkan pengalaman berharga.
Selain menjadi seorang tour guide, Jack Ma tetap tak pernah berhenti berusaha untuk massuk ke sebuah universitas dan mengikuti serangkaian ujian namun masih tetap kurang beruntung. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk belajar di sebuah institusi kependidikan di bidang bahasa inggris di Hangzhou Teacher’s Training Institute dan meraih gelar sarjana di tahun 1988.

Permulaan Karir

Bergaul dengan banyak turis asing kemudian membuka pikiran seorang Ma menjadi lebih global dan tidak konservatif seperti kebanyakan penduduk di kampung halamnnya. Dan pada pertengahan 1994 ia kemudian berkenalan dengan internet melalui seorang sahabatnya.

Berbekal keinginan nekadnya, di tahun 1995 ia memutuskan untuk pergi ke Amerika Serikat untuk memperdalam tentang internet dan komputer. Dan melalui sahabatnya inilah yang memberitahunya bahwa internet bisa memberikan semua informasi yang ia inginkan.

Namun ketika hendak mencari kata “Beer”, seluruh informasi segera terpampang dengan detai dan jelas tetapi tidak satu pun yang berasal dari China. Dilanjutkannya lagi dengan mencari sesuatu yang berhubungan dengan China, dan betapa mengejutkan, bahwa tak ada satu pun informasi yang ia dapat dari internet.

Dan hal ini menggerakan hatinya dan mengajak serta sahabatnya untuk membuat sebuah website yang menyuguhkan informasi tentang China. Meskipun sejatinya Ma sama sekali belum pernah menyentuh keyboard komputer sekalipun, tapi ini tak menyurutkan niatnya.

Sesaat setelah website-nya diluncurkan, Jack Ma kemudian mendapatkan banyak surel yang tertarik dengan dirinya. Dan hal ini dilihatnya sebagai peluang bisnis yang luar biasa yang bisa ditawarkan melalui internet.

Bersama dengan sahabatnya, kemudian Jack Ma memberanikan diri membuka sebuah perusahaan yang bergerak dibidang internet dengan modal awalnya sebesar USD$ 20.000. Usaha yang dirintis oleh Jack Ma ini diberi nama China Yellow Pages. Perusahaanya berfokus untuk mengembangkan website untuk sebuah perusahaan. Dan hanya dalam 3 tahun saja setelah berdiri, perusahaannya ini mampu meraup keuntungan setidaknya 5.000.000 yuan China atau setara USD$ 800.000.

Kesuksesannya dalam bidang internet ini membuat Jack Ma ditunjuk sebagai kepala sebuah firma teknologi informasi milik pemerintah, China International Electronic Commerce Center di tahun 1998. Namun hanya bertahan setahun, di tahun 1999 kemudian ia mengundurkan diri dan kembali ke kampung halamannya Hangzou.

Setelah pengunduran dirinya tersebut, di kampung halamannya Jack Ma bersama beberapa temannya membuat sebuah website yang menyediakan seluruh barang dan juga jasa. Yang kemudian diberi nama Alibaba, yang menjadi sebuah marketplace terkemuka hingga saat ini.

Tak hanya berpuas diri pada situs Alibaba saja, Jack Ma kemudian juga membangun bisnis e-commerce lainnya seperti Taobao, Lynx, Alipay dan Ali Mama yang terinspirasi dari situs lelang e-bay dan juga Amazon.

Pada september tahun 2014, ketika saham perusahaan e-commerce Alibaba melantai di bursa saham New York Stock Exchange. Alibaba mendapatkan IPO (initial public offering) dengan nilai yang mencengangkan yakni sebesar USD$ 25 miliar. Dan hal ini menjadi nilai IPO tertinggi dalam sejarah finansial Amerika Serikat.

Hal ini pulalah yang mengukuhkan kedudukan Jack Ma sebagai seorang pebisnis tangguh yang tak bisa ianggap remeh dengan situs Alibaba-nya yang makin mendunia.

Hingga saat ini banyak penghargaan bergengsi yang disematkan kepada seorang Jack Ma, dari seorang milayarder hingga seorang pebisnis dengan nilai keuntungan yang fantastis. Ini karena buah manis dari kegigihan dan semangat pantang menyerah yang dimilikinyaa, dari yang tadinya hanya seorag guru miskin dari pinggiran kota di China, Jack Ma kini menjelma menjadi seorang yang cukup berpengaruh di dunia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang biografi Jack Ma, founder Alibaba, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Rahasia Anak Pemalas Bisa menjadi Sukses
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Kiat-kiat Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Kaya
10 Hal yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Menjadi Entrepreneur
Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Nasihat Keuangan untuk Anak Muda Zaman Now
Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!
Apakah Terlambat Sukses Setelah Tua?


Bagikan Ke Teman Anda