Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bolehkah Dana KTA untuk DP Rumah?

Bolehkah dana KTA untuk DP rumah? Sebenarnya uang dari hasil pencairan KTA atau kredit tanpa agunan ini bisa digunakan untuk apa saja. Mulai dari biaya pendidikan, biaya pengobatan, renovasi rumah, hingga uang tunai untuk melunasi DP rumah.

Namun sudah tepatkah menggunakan dana dari hasil pencairan kredit tanpa agunan ini untuk membayar DP rumah? Mencari dana untuk membayar DP rumah memang sepertinya menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Apalagi sekarang ini DP rumah cukup tinggi sehingga menyulitkan orang-orang untuk membeli sebuah rumah.

Melalui dana dari hasil pencairan kredit tanpa agunan ini sepertinya solusi membayar DP rumah bisa terselesaikan. Padahal kenyataannya Anda akan menghadapi masalah lain, yaitu harus mencicil kredit tanpa agunan setiap bulannya.

Kredit tanpa agunan memang menggiurkan mengingat Anda tidak perlu memberikan jaminan apapun untuk mendapatkan kucuran dana. Namun sebelum mencaritahu jawaban apakah boleh menggunakan dana hasil pencarian kredit tanpa agunan untuk DP rumah. Ada baiknya Anda ketahui lebih dalam mengenai apa itu KTA atau kredit tanpa agunan itu?

Apa Itu KTA?

KTA atau kredit tanpa agunan merupakan pengajuan kredit tanpa jaminan. Dalam artian Anda bisa meminjam sejumlah dana pada bank tanpa harus menjaminkan sesuatu. Proses pengajuannya pun cepat, mudah dan tidak berbelit-lebit. Menjadikan pengajuan kredit tanpa agunan ini cukup diminati banyak orang, khususnya yang sedang membutuhkan dana tunai cepat dan terdesak.

Mengingat sifat dari kredit tanpa agunan yang mudah untuk dicairkan namun memiliki bunga cukup besar. Kredit tanpa agunan ini lebih sering dan lebih pas untuk dipakai dalam kegiatan produktif. Misalnya, tambahan modal usaha. Dengan menggunakan kredit tanpa agunan untuk menambah modal usaha, setidaknya keuntungan usaha bisa disisihkan sebagian untuk membayar cicilan kredit tanpa agunan.

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga loh untuk menggunakan dana hasil pencairan dari kredit tanpa agunan untuk kegiatan konsumtif juga. Misalnya ini untuk membayar biaya sekolah atau tambahan dana perbaikan rumah.
Sebelum memutuskan mengajukan permohonan kredit tanpa agunan, ada baiknya Anda mempertimbangkan suku bunganya, jangka waktu peminjaman, jumlah cicilan perbulan, dan biaya tambahan lainnya yang berbeda di tiap banknya.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan KTA untuk DP Rumah?

Keuntungan menggunakan dana hasil pencairan dari kredit tanpa agunan selain cepat prosesnya dan dimudahkan. Anda juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut ini:

  • Proses pengajuannya tanpa memerlukan agunan atau tanpa jaminan
  • Penggunaan peminjaman juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Suku bunga dari kredit tanpa agunan adalah tetap selama masa berlaku kontrak kredit
  • Periode cicilannya bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Namun periode cicilan ini dibatasi hanya 12 bulan – 60 bulan saja
  • Untuk beberapa produk KTA dari bank tertentu, para nasabahnya akan mendapatkan perlindungan asuransi
  • Memiliki limit pinjaman sampai Rp 300 juta

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Untuk Mengajukan KTA?

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan kredit tanpa agunan hampir sama dengan proses pengajuan kredit lainnya. Dan berikut persyaratannya:

  • Warga Negara Indonesia
  • Anda berumur antara 21- 55 tahun
  • Anda memiliki pendapatan bersih bulanan minimal Rp 3 juta. Baik itu untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional.
  • Melengkapi dokumen lainnya yang disiapkan oleh pihak bank

Dana KTA untuk DP Rumah? Bijakkah?

Sebenarnya Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melarang masyarakat untuk menggunakan dana hasil pencarian kredit tanpa agunan untuk DP rumah. Alasannya, dana hasil pencarian dari kredit tanpa agunan memang bisa dan mencukupi untuk membayar DP rumah. Namun pembayaran atau cicilan dari kredit tanpa agunan ini dinilai akan memberatkan Anda.

KTA memang memiliki bunga yang flat namun nilai bunga nya cukup besar. Kondisi ini nantinya ditakutkan akan memberatkan Anda yang menggunakan dana pencairan KTA untuk membayar DP rumah. Ketika Anda tidak bisa membayar cicilan, maka akan dikenai denda, catatan kredit keuangan Anda pun akan tercoreng di data Bank Indonesia, bahkan hingga merusak keuangan Anda.

Bisa dibayangkan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan dana pencairan KTA untuk membahar DP rumah. Maka setiap bulannya Anda harus mampu membayar cicilan kredit tanpa agunan, membayar cicilan rumah, dan membayar kebutuhan rumah tangga lainnya.  Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan apakah perlu menggunakan dana hasil pencairan kredit tanpa agunan ini.

Utang memang menjadi salah satu bentuk strategi keuangan. Namun utang sebagai salah satu strategi keuangan yang Anda jalani ini bisa saja berhasil dan bisa juga gagal. Dan mengambil kredit tanpa agunan untuk membayar DP rumah ini bisa dikatakan strategi keuangan dengan resiko gagal cukup besar karena akan memperbesar utang Anda.

Jadi bolehkah dana KTA untuk DP rumah? Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mewanti-wanti untuk menghindarinya. Namun semua kembali pada diri Anda masing-masing. Jika dirasa kondisi keuangan mampu untuk membayar cicilan kredit tanpa agunan dan cicilan lainnya, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan kredit ini untuk mendapatkan rumah.

Artikel tentang

Demikianlah artikel tentang Dana KTA untuk DP rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Kredit Tanpa Agunan untuk Renovasi Rumah
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Tips Reschedule Kredit Macet KTA
Tips Mengajukan KTA bagi Karyawan Kontrak
KTA untuk Anggota Polri
Anda Butuh Uang Cepat? Pilih KTA atau Kartu Kredit?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?
Cara Melunasi Tunggakan KTA
Citibank Ready Kredit: Fasilitas Kredit Semudah Gesek Kartu Kredit di ATM
Bila Nasabah KTA Meninggal Dunia, Lantas Hutangnya Bagaimana?


Bagikan Ke Teman Anda