Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Butuh Dana Cepat? Coba Kredit Tanpa Agunan (KTA)

#kredit tanpa agunan

Secured dan unsecured loan (dengan perlindungan atau tanpa perlindungan). Secured loan memiliki agunan atau jaminan yang menjamin pinjaman tersebut.

Sebagai contoh, kredit mobil adalah jenis secured loan karena bila Anda lalai dalam membayar kreditnya, mobil tersebut dapat diambil kembali sebagai bentuk pembayaran hutang Anda. Banyak kredit untuk bisnis atau usaha yang membutuhkan perlindungan atau agunan, namun ada pula yang tidak.

Kredit yang tidak memerlukan agunan (KTA) tersebut masuk dalam kategori unsecured loan.

Unsecured loan atau unsecured financing adalah jenis pembiayaan tanpa perlindungan atau jaminan. Karena bank memiliki kewajiban untuk melindungi keuangan perusahaannya, mereka tidak harus/selalu memberikan pinjaman ini pada Anda.

Ada beberapa bank dan perusahaan peminjaman uang alternatif yang mau memberikan uang hanya berdasarkan nilai usaha Anda, bisa juga berdasarkan posisi cash flow (arus kas) dan kemampuan Anda dalam membayar hutang tersebut.

Singkatnya, untuk mendapatkan kredit tanpa perlindungan dan agunan, Anda (atau perusahaan Anda) harus mempunyai arus kas, atau bukti penghasilan bulanan bila Anda adalah seorang karyawan, yang memadai untuk menunjukkan bahwa Anda dapat membayar kembali pinjaman tersebut.

Apa itu Agunan?

Agunan adalah aset yang Anda atau usaha Anda miliki yang dapat digunakan untuk melindungi kredit yang Anda ajukan. Kreditor dapat menggunakan nilai agunan (atau persentase nilai tersebut) untuk memberikan KTA pada Anda. Bila Anda melalaikan pinjaman tersebut, kreditor dapat mengambil alih atau menyita dan menjual agunan tadi untuk mengganti kerugian yang dialaminya.

Apa Manfaat Kredit tanpa Agunan?

Ada beberapa manfaat kredit tanpa agunan ini, antara lain pengajuannya yang memang tidak membutuhkan agunan/jaminan agar dapat disetujui, sehingga dana bisa cair lebih cepat. Dana yang cepat turun ini memudahkan Anda untuk mendapatkan uang tunai dalam waktu singkat bila memang memiliki kebutuhan mendadak. Selain itu Anda tidak perlu mengambil risiko bahwa aset Anda atau aset bisnis Anda dapat disita, pengajuannya sendiri juga tidak membutuhkan agunan agar dapat disetujui.

Namun bukan berarti bila Anda atau usaha Anda tidak membutuhkan agunan untuk mendapatkan pinjaman, Anda akan terbebas dari segala risiko bila melalaikan pembayaran kreditnya. Bila KTA digunakan untuk bisnis/usaha, biasanya kreditor memiliki hak gadai terhadap bisnis tersebut bila pinjaman komersil tanpa perlindungan tadi telah dikeluarkan. Bila hutang Anda tidak dibayarkan kembali, kreditor akan masih dapat mengejar aset usaha yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Apa Kekurangan Pinjaman Bisnis tanpa Agunan?

Karena dalam hal ini kreditor tidak membutuhkan ikrar Anda yang berupa agunan untuk mendapatan uang pinjaman—dan juga karena mereka pasti menghadapi risiko rugi yang lebih tinggi bila Anda lalai melunasi hutang—kredit tanpa agunan memiliki bunga yang lebih tinggi dan masa pinjaman yang lebih pendek dari jenis secured loan lainnya, biasanya maksimal harus dibayarkan kembali dalam 36 bulan (3 tahun).

Ada Berbagai Macam Sumber dan Pembayaran KTA

KTA tidak hanya disediakan oleh bank, tapi bentuk unsecured loan ini—terutama bila berhubungan dengan bisnis—bisa didapatkan dari beberapa sumber penyedia KTA. Di antaranya:

1. KTA dari Bank

Di Indonesia, KTA dari bank inilah yang paling umum. Meski beberapa bank dan institusi pemberi kredit lainnya menawarkan pinjaman bersyarat tanpa perlindungan dan alur kredit (yang secara teori) yang lebih sederhana, tidak banyak bank yang akan mempertimbangkan memberi kredit komersil tanpa agunan kecuali Anda memiliki nilai kredit yang tinggi dan mampu menunjukkan bahwa Anda atau usaha Anda memiliki arus kas yang baik di masa lalu dan telah memerhitungkan arus kas yang baik di masa depan, baik dalam jangka pendek maupun menengah.

  • Bunga: 7-25%

  • Periode: 1-5 tahun

  • Biaya: Rendah

  • Pencairan dana: 30 hari

2. KTA Alternatif

Pinjaman alternatif ini dapat memberikan Anda atau usaha kecil Anda pinjaman tanpa perlindungan yang dibutuhkan saat tidak memiliki aset untuk dijadikan jaminan. Proses pengajuan pinjaman biasanya juga lebih cepat dan sederhana ketimbang saat mengajukan hal serupa ke bank. Uang pun mengucur kurang dari seminggu dan uang yang harus dibayar di depan biasanya sejumlah minimal atau bahkan tidak ada.

  • Bunga: 10-25%

  • Periode: 1-5 tahun

  • Biaya: 1-5% dari pencairan

  • Pencairan dana: 3-10 hari

3. Unsecured Merchant Cash Advance

Banyak pemilik usaha yang kecil yang menggunakan MCA untuk mendapatkan akses cepat pada uang. Kreditor akan memberikan uang pada Anda dan mengambil sekian persen deposit kartu kredit Anda setiap harinya sampai hutang Anda lunas.

  • Bunga: 1,16-1,55

  • Periode: 4-24 bulan

  • Biaya: 0-5% dari pencairan

  • Pengumpulan dana: 1-3 hari, bahkan ada yang dalam hitungan jam

4. Unsecured ACH Loans

Mirip dengan jenis sebelumnya, ACH loan (Automated Clearing House loan) lebih tepat disebut dengan cash flow loan. Kreditor tidak melihat transaksi dan menggunakan kartu kredit Anda sebagai sumber pembayaran hutang, melainkan rata-rata saldo tabungan Anda per harinya. Mereka dapat langsung mendebet dari rekening Anda dengan jumlah dan interval yang telah disetujui sebelumnya.

  • Bunga: 1,16-1,55

  • Periode: 4-24 buan

  • Pencairan dana: 1-3 hari

5. Unsecured Invoice Financing

Pembiayaan piutang adalah alternatif KTA dengan menggunakan invoice (tagihan bisnis yang sedang berjalan) sebagai jaminan. Invoice yang merupakan aset tidak produktif kini memiliki nilai dan bisa dijadikan sumber modal agar arus kas tetap mengalir. Cocok bagi Anda yang memiliki usaha dengan klien-klien besar dan sedang menunggu mereka untuk membayar tagihan tersebut pada perusahaan Anda.

Demikianlah beberapa info tentang kredit tanpa agunan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.