Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Agar Tetap Berfikir Positif Selama Pandemi Corona

Tidak ada yang menginginkan pandemi sebesar COVID-19 atau virus Corona melanda dunia. Walaupun awalnya banyak orang menganggap Corona begitu jauh dan tidak percaya pandemi ini bisa mendekati mereka. Namun pada kenyataannya Corona telah menguasai sebagian besar wilayah di dunia.

Kita diharuskan berdiam diri di rumah agar pandemi bisa berhenti tersebar. Bagi banyak orang hal ini sama sekali tidak mudah. Dari segi finansial, tentu akan sangat berpengaruh. Namun berdiam diri di rumah dalam waktu berkepanjangan juga bisa mempengaruhi kondisi mental. Bagaimana caranya agar bisa tetap positif dalam keadaan ini?

  1. Mulai Harimu dengan Bersyukur

Dengan bersyukur, maka kebahagiaan lebih mudah didapat. Kondisi saat ini memang bukan yang terbaik. Tetapi banyak hal yang bisa disyukuri. Bisa bangun pagi dalam keadaan sehat, bisa tidur di rumah sendiri dengan keadaan yang nyaman, masih bisa berkumpul bersama keluarga adalah beberapa contoh hal yang patut disyukuri.

Mulai biasakan untuk bersyukur setiap kali bangun pagi. Berterima kasih pada apa yang kamu punya, apa yang masih bisa kamu lakukan. Hargai dan berterimakasihlah pada orang-orang sekitar yang selalu membantumu. Berterimakasihlah bahwa kamu sehat, dan orang-orang tersayang di sekitar juga sehat.

  1. Batasi Asupan Mediamu

Memang, selalu update dengan info terkini itu penting. Apalagi untuk mengetahui perkembangan pandemi Corona. Namun, ada kalanya terlalu banyak informasi dari media juga bisa membuatmu lebih stres karena jadi terlalu kuatir. Ditambah lagi, tidak semua info yang didapat dari media itu valid.

Apalagi jika kita bicara sosial media. Ada begitu banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan terlalu mudah percaya dengan semua infonyang kamu dapat. Lihatlah info dari sumber terpercaya saja, seperti WHO atau akun-akun resmi Corona di Indonesia.

  1. Fokus pada Hal-Hal Kecil di Sekitar

Biasanya kamu terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari? Tidak bisa memperhatikan hal kecil seperti pakaian dan apa yang kamu konsumsi setiap hari? Sekarang saatnya untuk lebih memperhatikan hal-hal kecil seperti ini. Hal-hal yang biasanya kamu anggap sepele.

  1. Terhubung dengan Orang-Orang yang Positif

“Berkumpul” dengan orang-orang yang berpikiran positif. Berkumpul tidak harus selalu bertemu secara langsung. Tetapi kamu bisa terhubung melalui sosial media, chatting, ataun video call. Jika berkumpul dengan orang-orang yang positif, tentu saja kamu akan terbawa berpikir lebih positif juga.

Selain itu, hal ini juga tetap membuatmu terhubung dengan teman atau kerabat yang sudah lama yidak kamu temui. Perbaiki silaturahmi. Cari di kintak ponselmu, siapa orang-orang yang sudah lama tidak kamu hubungi. Sekarang saat yang tepat untuk sekadar menanyakan kabar dan saling memberi dukungan di tengah pandemi.

  1. Buat Gol Setiap Harinya

Walaupun hanya bisa berdiam diri di rumah, pasti kamu tetap harus melakukan sesuatu, kan. Entah itu tugas dekolah, kuliah, atau bekerja dari rumah. Karena itu, buatlah gol kecil setiap harinya. Atur jadwalmu dan pastikan menjalankannya setiap hari.

Bangun pagi, bersiap-siap, dan lakukan jadwal barumu dengan baik. Atur waktu untuk bekerja. Namun sediakan juga waktu istirahat di antaranya. Jadwal ini bisa dibuat sesukamu. Waktu bekerja dan waktu istirahat bisa kamu lakukan sepanjang hari. Tidak terbatas oleh jam operasional sekolah, universitas, ataupun kantor.

  1. Ingatlah Bahwa Banyak Orang Sedang Bekerja Menanggulangi Virus

Di luar sana, banyak orang yang bekerja keras untuk menanggulangi pandemi ini. Di antaranya yang berada di garda depan adalah tim medis. Ada banyak orang yang mempertaruhkan keselamatan diri mereka sendiri demi kesehatan dan keselamatan banyak orang.

Tetaplah positif dan berharap agar para ahli di seluruh dunia bisa menyelesaikan pandemi ini dengan baik. Sehingga keadaan di seluruh dunia pun bisa cepat membaik.

  1. Olahraga

Badan yang sehat juga akan berpengaruh pada pikiran yang sehat. Walaupun harus tetap berdiam diri di rumah, kamu bisa tetap berolahraga. Selain untuk menjaga badan agar tetap sehat, olahraga juga akan mengalihkan perhatianmu dari media dan info-info yang terlalu negatif.

Kamu bisa memilih olahraga di rumah seperti yoga, atau lakukan senam yang seru seperti zumba. Tutorialnya? Ada sangat banyak video di internet. Kamu juga bisa jogging atau jalan kaki di sekitar rumah. Ingat, untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan dan langsung mandi setelah selesai berolahraga.

  1. Saatnya Membantu Orang di Sekitar

Kamu juga bisa berpartisipasi dalam mengatasi pandemi Corona. Lakukan apapun yang kamu bisa. Setiap bantuan, tak peduli seberapa kecil ataupun besar, akan sangat membantu. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan donasi di badan atau yayasan resmi yang menamggulangi pandemi.

Kamu juga bisa membantu orang di sekitarmu, lho. Misalnya dengan membagikan masker untuk orang-orang di sekitar yang sangat membantu. Tukang sampah di lingkunganmu, satpam, dan orang lain di sekitar. Mulai dulu dari orang terdekat, lalu jika mampu, kamu pun bisa membantu dengan skala lebih besar.

  1. Tetap Patuhi Peraturan

Walaupun keadaan di beberapa negara lain sudah membaik, seperti China dan Korea. Bukan berarti keadaan di Indonesia juga sama dengan di negara lain. Usahakan untuk tetap mematuhi peraturan dari pemerintah. Tetaplah di rumah, kecuali jika benar-benar harus keluar rumah.

Tentu kamu bisa tetap beraktivitas di luar rumah. Asalkan tetap pada peraturan. Gunakan masker, tetap jaga jarak dengan orang lain sebesar 1 meter, dan sering-seringlah mencuci tangan. Segera bersihkan badan saat kamu sudah sampai di rumah.

  1. Akhiri Harimu dengan Bersyukur

Bukan hanya di awal hari, tapi jangan lupa untuk bersyukur setiap hari sebelum tidur. Syukuri apa yang telah kamu selesaikan dalam sehari. Stukuri bahwa kamu masih sehat, seluruh anggota juga sehat. Jangan lupa berdoa agar hari esok akan datang dengan lebih baik.

Mungkin hal ini terdengar sangat sepele. Namun jika dibiasakan, hal ini akan membantumu untuk tetap positif setiap harinya.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Rumah Agar Tetap Berfikir Positif

Selama tinggal di rumah, banyak orang menganggapnya sangat membosankan. Namun, cobalah untuk mencari hal positif di tengah pandemi ini. Ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan selama tetap di rumah. Melakukan hal-hal positif juga akan membantumu tetap berfikir positif. Hal-hal yang bisa kamu coba misalnya:

  1. Membaca

Jika biasanya kamu tak punya waktu untuk membaca, maka sekarang saatnya memulai kebiasaan yang baik ini. Membaca adalah salah satu dari jendela dunia. Banyak informasi yang bisa didapatkan dari membaca. Tidak berarti kamu harus membaca buku atau sesuatu yang serius setiap saat.

Sesekali membaca buku dengan tema fiksi, seperti kumpulan cerpen atau novel, juga bisa membuatmu tetap positif. Selain itu, membaca komik yang menghibur atau majalah juga bisa sangat menghibur dan mengisi waktu luangmu dengan baik.

  1. Memasak

Jika sebelumnya kamu tidak pernah tertarik memasak, mungkin sekarang saatnya untuk belajar. Atau kamu memang suka memasak, tapi selama ini tidak sempat karena selalu disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari. Sekaranglah waktunya kamu bisa memasak. Baik untuk diri sendiri, ataupun seluruh anggota keluarga.

Jika masih dalam tahap belajar, mulailah dari memasak yang simpel. Atau buat makanan yang paling kamu suka. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat mencobanya. Bingung cari resep? Sekarang semuanya ada di internet. Ribuan resep makanan tersedia di internet. Siapa tau jika ditekuni, ini malah bisa menjadi sumber penghasilan untukmu nantinya.

  1. Mulai Berolahraga

Nah, ini buat kamu yang sebelumnya tidak pernah berolahraga. Entah karena malas, atau memang tidak ada waktu. Apalagi dengan tinggal di rumah, maka tubuh akan jadi kurang bergerak dibandingkan hari-hari normal biasanya. Maka sebaiknya mulailah berolahraga walau ringan.

Mulailah dengan pemanasan di pagi hari. Regangkan tubuh agar semua bagian tubuhmu bergerak. Sebaiknya lakukan pemanasan di bawah sinar matahari pagi. Setelah sudah terbiasa, kamu bisa tingkatkan ke olahraga yang kebih intens. Misalnya yoga dan pilates. Untuk senam yang lebih dinamis, bisa pilih aerobik atau zumba.

  1. Mencari Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Tetap tinggal di rumah memang bisa sangat berpengaruh pada kondisi finansial. Terutama jika kamu pedagang atau penjual jasa yang biasanya harus bekerja di luar rumah. Karena biasanya rejeki hanya bisa disapat jika kamu keluar rumah, maka saat ini pasti kamu harus mengencangkan ikat pinggang.

Tapi, kamu masih bisa menghasilkan uang walaupun dari rumah. Cobalah situs-situs pencari kerja yang terpercaya. Ada cukup banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu lakukan dari rumah. Walau awalnya konsep ini tampak tidak biasa, namun ini adalah salah satu pintu rejeki yang patut dicoba.

  1. Fokus pada Hobi

Kamu punya hobi yang selama ini terbengkalai karena kesibukan sehari-hari? Inilah saatnya yang tepat untuk memulai kembali melakukan hobimu. Hobi yang bisa dilakukan di rumah bisa sangat beragam. Mulai dari main game, menjahit, merajut, membaca, dan lain-lain.

Jangan salah. Hobi yang kesannya membuang-buang waktu dan uang, terkadang juga bisa menjadi sumber usaha dan penghasilan, lho. Coba perhatikan dan lihat celah kesempatannya di waktu diam di rumah ini.

  1. Bersihkan Rumah

Selama ini rumah kurang terurus karena kamu dan anggota keluarga terlalu sibuk di luar rumah? Saat harus tinggal di rumah, biasanya hal ini baru terasa. Kamu baru sadar kalau keadaan rumah kurang bersih, atau ada bagian rumah yang rusak dan sudah harus diperbaiki.

Sekaranglah saatnya kami gulung lengan baju dan beberes rumah. Mulailah dari hal-hal yang mudah dikerjakan dulu. Kerjakan secara bertahap. Tanpa terasa, rumahmu akan terlihat lebih terurus, bersih, dan lebih nyaman ditinggali. Seharian di rumah yang bersih dan yerawat, pasti akan lebih nyaman dan sehat.

  1. Bersihkan Halaman Rumah

Punya halaman yang cukup besar atau kecil di depan atau belakang rumah? Coba perhatikan seperti apa kondisinya. Kalau kurang terurus, maka saatnya kamu bereskan saat ini. Halaman yang kotor, atau mungkin pohon yang terlalu tinggi, bisa mengganggu sekitar. Tumput yang terlalu tinggi juga bisa ditinggali binatang yang tidak kamu inginkan.

Bersihkan halaman agar menjadi enak dilihat. Selain itu, rumah,u juga akan bebas dari nyamuk. Tetangga sekitar juga tidak akan terganggu dengan pohon yang terlalu tinggi dan daynnya berjatuhan, misalnya. Lingkungan yang bersih tentunya akan lebih sehat juga untukmu, keluarga, dan lingkungan.

  1. Hubungi Kerabat

Situasi pandemi Corona memang sangat tidak diinginkan. Namun, ada juga hal positif dari wanah ini. Salah satunya adalah masyarakat yang lebih bersatu padu. Entah itu berupa hal yang besar seperti penggalangan dana untuk donasi, atau sekadar tersambungnya tali silaturahmi yang sudah lama putus.

Satu-persatu orang mulai menghubungi teman lama atau keluarga yang sudah lama tidak pernah ditemui karena tempat tinggal yang jauh atau karena alasan lainnya. Tali persaudaraan dan pertemanan yang tadinya hampir terputus, banyak yang kembali tersambung walau hanya lewat telepon, panggilan video, maupun chatting.

Kita semua tentu berharap pandemi Corona cepat berlalu. Usahakan untuk tetap mematuhi peraturan dan selalu positif hingga pandemi ini berakhir. Siapa tau kebiasaan baik yang kita mulai dari sekarang akan membawa kebaikan ketika pandemi berakhir.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara agar tetap berfikir positif selama pandemi corona, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Membuka Rekening Saham
11 Cara Cerdas Memangkas Tarif Bagasi
10 Cara Berhemat yang Salah
13 Cara Membuang-membuang Uang
Apa yang Akan Berbeda Setelah Adanya Corona Virus
Cara Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Dokter
Bagaimana Menjadi Seorang Negosiator Handal
Cara untuk Bisa Lebih Percaya Diri
Cara Membuat Contingency Plan
Bagaimana Cara Berjualan dan Transaksi di Carousell


Bagikan Ke Teman Anda