Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Aman Memakai Kartu Kredit Di Pusat Perbelanjaan

#tip kartu kredit

Cara aman memakai kartu kredit ini sangat penting Anda ketahui. Termasuk saat Anda melakukan transaksi seperti di pusat perbelanjaan, supermarket, dan restaurant. Jika Anda ceroboh atau bahkan tidak tau seperti apa cara menjaga keamanan kartu kredit, bisa-bisa orang akan menyalahgunakan kartu kredit Anda.

Modus kejahatan kartu kredit biasanya dengan mencuri data yang ada pada kartu kredit. Untuk itu sangat penting loh untuk memperlakukan kartu kredit ini layaknya seperti uang tunai. Ketika kartu kredit Anda hilang, maka resiko kebobolan pun akan sangat besar. Anda pun bisa-bisa membayar tagihan dari barang yang tidak pernah Anda belanjakan sama sekali.

Mau tau bagaimana cara menjaga keamanan kartu kredit Anda saat melakukan transaksi di pusat perbelanjaan maupun secara online? Berikut ini cara-caranya:

  • Jangan sampai memberikan nomor kartu kredit pada sembarangan orang. Kartu kredit diterbitkan atas nama Anda, oleh karena itu hanya Anda yang bisa menggunakannya. Begitupun keluarga dan orang terdekat, sebaiknya Anda harus memilah apakah mereka benar-benar bisa dipercaya untuk memegang kartu kredit ini atau tidak.
  • Jangan beritahukan PIN Anda ke orang lain mengingat PIN bisa digunakan untuk mengambil uang tunai di ATM loh!
  • Jangan berikan informasi pribadi seputar kartu kredit Anda ke pihak yang tidak berkentingan. Misalnya nama gadis ibu kandung Anda, nomer tiga digit di bagian belakang kartu, limit kartu, hingga masa berlaku kartu kredit.
  • Saat melakukan transaksi langsung, pastikan staf merchant membawa kartu kredit Anda ke kasir dan bukan ke tempat yang lain.
  • Pastikan juga staf merchant tempat Anda melakukan transksi hanya menggesek kartu kredit satu kali. Hal ini untuk menghindari terjadinya dua kali tagihan dengan transaksi, waktu dan tempat yang sama.
  • Pastikan juga staf merchant mengembalikan kartu kredit Anda setelah transaksi dilakukan
  • Ketika hendak menandatangi sales draft, pastikan jumlah transaksi yang ada dalam sales draft sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda lakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari keharusan membayar tagihan dengan benar.
  • Simpanlah kartu kredit di tempat yang aman di mana orang lain tidak mengetahuinya.
  • Jangan langsung membeirkan 16 digit nomor kartu kredit Anda saat menerima telepon penawaran dari merchant. Tidak hanya melalui telepon, penawaran pun biasanya muncul melalui surat, email dan internet. Pastikan untuk mengetahui kebenarannya terlebih dahulu sebelum Anda memberikan nomor kartu kredit agar terhindar penipuan dan pencurian kartu kredit.
  • Jangan pernah memberikan fotocopy atau foto kartu redit pada siapapun, termasuk kasir saat Anda melakukan transaksi. Mengingat Bank tidak akan pernah meminta foto copy atau foto kartu kredit Anda untuk melakukan transaksi.
  • Cari tahu bagaimana sistem pengamanan transaksi menggunakan karty kredit.
  • Selalu menyimpan bukti transaksi untuk dicocokan dengan tagihan
  • Jangan biarkan orang lain melakukan swipe atau gesek kartu kredit Anda tanpa Anda awasi.
  • Guntinglah kartu kredit yang sudah tidak terpakai, termasuk yang masa berlakunya sudah habis. Menggunting kartu ini mencari cara paling efektif untuk mencergah agar kartu tidak jatuh ke pihak yang akan menyalahgunakan kartu ini.
  • Gunakan PIN agar kartu kredit lebih aman dan jangan sampai PIN ini diberitahukan ke sembarang orang.

Saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, Anda memang diharuskan untuk lebih waspada. Mengingat saat kartu kredit digesek maka di saat itulah pihak lain bisa dengan mudah melakukan penipuan, salah satunya pencurian data. Jangan sampai staf kasir membawa kartu kredit tanpa Anda perhatikan. Begitu pun jika staf kasir hendak memfoto kartu kredit Anda, karena hal ini tidak diperlukan saat melakukan transaksi.

Di bagian semua kartu kredit terdapat ruang berwarna putih. Area ini sebenarnya harus ditandatangni untuk menjaga keamanan kartu. Namun sayang sekali banyak orang yang tidak melakukannya atau mungkin tidak sadar akan pentingnya hal ini.

Bagaimana Jika Kartu Kredit Anda Hilang?

Segera laporkan pada bank atau penerbit kartu kredit jika kartu kredit Anda hilang. Pelaporan ini harus segera dilakukan untuk mencegah pencurian identitas dan keharusan membayar tagihan dari transaksi yang tidak Anda lakukan.

Ketika Anda melaporkan hilangnya kartu kredit tepat waktu, maka beberapa bank juga biasanya akan memberikan jaminan perlindungan untuk transaksi yang tidak sah. Anda pun tidak harus membayar tagihannya.

Begitupun jika Anda menerima tagihan kartu kredit yang tidak sesuai dengan transaksi yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Anda bisa langsung melaporkannya ke penerbit kartu kredit dan jangan menundanya. Mengingat bank dan penerbit kartu kredit tidak akan melayani pengaduan lewat dari 45 hari setelah tanggal tagihan.

Memiliki kartu kredit memang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan karena Anda tidak perlu membawa uang tunai banyak. Namun Anda tetap harus mengetahui cara aman memakai kartu kredit mengingat ketika sedikit saja ceroboh maka bisa terjadi pencurian data yang akan merugikan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa cara yang aman memakai kartu kredit ketika di pusat perbelanjaan, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.