Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Berhemat yang Terbukti Sudah Berhasil

#berhasil #berhemat

Berhemat menjadi salah satu cara untuk mengelola keuangan supaya lebih terkontrol sehingga anda tidak lagi melakukan sesuatu yang merugikan. Tetapi terkadang karena kebutuhan yang memang cukup besar dan tidak bisa terhindarkan, berhemat bisa saja menjadi beban dan justru terabaikan.

Jangankan buat berhemat, untuk kehidupan sehari-hari saja masih kurang.

Mungkin hal itu yang terlintas dalam pikiran, tetapi ada juga sebagian orang yang mampu berhemat dan menjalani kehidupannya dengan baik tanpa masalah. Berikut beberapa cara berhemat yang sudh terbukti berhasil.

1. Buat Tujuan yang Jelas

Siapapun bisa berhemat tetapi tak semua orang bisa melakukannya dengan konsisten, apalagi bila tak disertai dengan rencana juga goal yang jelas.

Hal ini penting karena, dengan adanya rencana membantu anda untuk tetap fokus berhemat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya saja untuk membeli rumah, kendaraan, tabungan pendidikan anak maupun tabungan pensiun hingga tabungan darurat.

Seharusnya berhemat bukanlah suatu yang sulit jika didasari dengan niat dan tujuan serta motivasi yang tinggi. Tak perlu melakukan penghematan secara ekstrim hingga menyebabkan anda kesulitan mengatur keuangan bulanan yang wajibnya harus dikeluarkan.

Karena sejatinya berhemat itu esensinya bukannya hanya untuk menyimpan uang semata dengan menyisihkan sebagian penghasilan tetapi juga bisa dialokasikan untuk berbagai macam keperluan. Bukannya dengan memangkas habis pengeluaran hingga kebutuhan utama tidak terpenuhi.

Rencana dan goal yang matang akan memudahkan langkah penghematan sehingga bukannya semata memangkas penghasilan saja tanpa tujuan yang jelas.

2. Ketahui Kemana Uang Dihabiskan

Mengatur keuangan meski terlihat mudah tetapi bila tidak ada rencana yang jelas, maka akan cukup sulit dilakukan bahkan jauh dari kata berhasil. Jika goal dibuat untuk tujuan jangka panjang, maka anggaran dibuat untuk jangka yang lebih pendek.

Misalnya dengan membuat anggaran belanja bulanan yang akan memperlihatkan dengan jelas kemana rupiah yang anda keluarkan setiap harinya.

Buatlah anggaran belanja yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bulanan. Termasuk menghitung setiap pemasukan juga pengeluaran untuk belanja bulanan, belanja baju, membayar tagihan listrik dan pinjaman KPR juga keperluan lainnya.

Anggaran yang dibuat sesuai kebutuhan dan jumlah penghasilan yang dimiliki, bisa membantu anda berhemat dengan mudah.

3. Lakukan dengan Konsisten

Apapun yang dilakukan meskipun memiliki tujuan yang baik, tetapi jika tidak dilakukan dengan konsisten maka akan sia – sia saja, termasuk jika ingin berhemat. Melakukan penghematan tidak perlu secara ekstrim sehingga bikin kaget dan akhirnya tidak dilanjutkan karena tidak mampu melakukannya.

Tetapi hemat bisa diawali dengan hal yang kecil bahkan sesuatu yang dianggap kurang penting, misalnya seperti menyimpan uang koin 500an. Nominalnya memang kecil, tapi coba bayangkan ketika uang tersebut disimpan setiap hari selama setahun? Setidaknya bisa terkumpul Rp 182.500 dalm setahun jika anda menyimpan koin 500an. Bayangkan bila nominalnya lebih besar.

Berhemat merupakan sebuah gaya hidup yang harusnya disadari tujuannya, dan sikap konsistenlah yang membuatnya semakin terasa hasilnya jika dilakukan bersamaan.

4. Lakukan Sejak Dini

Berhemat memang soal yang mudah ketika diucapkan, tetapi terkadang merealisasikantindakannya bisa sangat sulit dilakukan. Oleh karenanya, jika ingin berhasil dalam berhemat maka lakukanlah sejak dini.

Mengapa? Karena berhemat bukan perkara sekedar menyiihkan uang tetapi merupakan kebiasaan yang menjadi gaya hidup. Yang dilakukan terus menerus bisa membentuk karekter. Sehingga terkadang ada orang yang boros dan hemat, karena karakter yang ia bangun sejak awal.

Semakin dini perilaku dan kebiasaan berhemat ditanamkan, akan semakin menunjukan hasil yang maksimal.

5. Cerdas dalam Berinvestasi

Setelah melakukan berbagai cara untuk menghemat, sekarang saatnya anda mulai memikirkan untuk menginvestasikan apa yang telah anda hemat. Investasi memegang faktor yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan agar tidak tersimpan sia-sia.

Sebab, apa artinya berhemat dan menabung uang anda jika tidak diarahkan untuk investasi yang cerdas. Banyak pilihan investasi yang bisa anda pilih, mulai dari pembelian properti, saham, bisnis dan masih banyak lagi lainnya.

Karenanya jangan sembarangan memilih investasi, sebab banyak beredar investasi bodong diluar sana sehingga harus dipastikan dengan benar dan terperinci kemana uang anda dinvestasikan. Pilih yang minim resiko dan memiliki perincian yang jelas.

6. Kurangi Gaya Hidup Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan itu sesungguhnya bukan hal yang baik, termasuk dalam mengelola keuangan. Kalau yang berlebih penghasilannya itu baru bagus, tetapi kalau yang berlebih itu pengelurannya, bagaimana?

Nah, hal ini yang tidak boleh terjadi. Sebab, jika diteruskan sikap hidup yang berlebihan bisa membuat anda terlilit hutang. Misalnya, ingin membeli perabotan baru tetapi karena uang yang dimiliki tidak cukup maka memutuskan untuk berhutang.

Hal tersebutlah yang tidak perlu, karena merupakan gaya hidup berlebihan yang bisa membuat anda terlilit hutang tidak ada habisnya. Ini karena berhemat bukan saja mengurangi pengeluaran, tetapi juga bijak dalam membelanjakan uang.

Artikel Terkait

Demikianah artikel tentang cara berhemat yang terbukti sudah berhasil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.