Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit di Lazada

#kredit konsumsi #tanpa kartu kredit

Merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkali lagi kalau online merupakan kebiasaan yang telah menjadi viral beberapa tahun belakangan ini. Hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia dilakukan secara online, termasuk belanja online.

Belanja online memiliki berbagai kelebihan yang mungkin tidak akan kita temui kalau kita berbelanja di toko fisik. Termasuk di antaranya sistem perkreditan yang lebih mumpuni dibandingkan saat berbelanja di toko. Belakangan ini, banyak marketplace atau tempat berjualan online yang menyediakan sistem cicilan atau pembayaran kredit ini, termasuk Lazada.

Nah, bagaimana cara melakukan pembayaran kredit di marketplace online Lazada? Simak saja langkah-langkahnya berikut ini agar transaksi kredit Lazada menjadi sukses:

1. Miliki Kartu Kredit Dari Bank Mitra Lazada

Meskipun kini ada sistem pembayaran cicilan tanpa kartu kredit, Lazada masih belum memberlakukannya sehingga kita yang ingin mencicil di Lazada harus terlebih dahulu mempunyai kartu kredit.

Menurut situs resmi Lazada, jenis kartu kredit yang bekerja sama dengan Lazada adalah kartu kredit apapun dari bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan Maybank BII. Selain itu masih ada juga bank-bank asing penerbit kartu kredit yang menjadi mitra Lazada, misalnya UOB, HSBC, ANZ, dan Citibank.

Mengenai kartu kredit dari bank Citibank, sebenarnya ada cukup banyak promosi yang ditawarkan oleh pihak Lazada terkait dengan sistem pembayaran cicilan. Karena itu, kartu kredit yang amat istimewa dan menarik ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

2. Pilih Durasi Angsuran

Di Lazada, durasi angsuran atau periode seseorang dapat melakukan pembayaran cicilan terbagi menjadi minimal 3 bulan dan maksimal 24 bulan atau sebanyak 2 tahun. Dengan atau “tanpa” bunga, kita perlu mempertimbangkan pembayaran cicilan yang paling menguntungkan bagi diri kita.

Beberapa hari ini telah muncul banyak aplikasi kalkulator keuangan yang menghitung angsuran atau cicilan yang harus dibayar. Cukup masukkan saja nilai barang yang diinginkan beserta dengan bunga dan periode cicilannya, dan kita akan mendapatkan estimasi periode cicilan yang paling cocok untuk barang incaran maupun kebutuhan kita.

3. Memilih Barang Dan Membanding-Bandingkannya

Langkah selanjutnya saat kita telah mempertimbangkan durasi angsuran adalah mulai memperbandingkan antar barang. Ingat, barang idaman kita pada pandangan pertama boleh jadi bukan barang terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan hidup kita.

Dalam memilih barang yang dapat dicicil ini, Lazada sebagai pihak marketplace juga menetapkan aturannya tersendiri. Yang terutama adalah, nilai barang tidak boleh kurang dari Rp1.000.000,00 atau satu juta rupiah.

Untuk membandingkan barang, kita dapat melihatnya dari total bersih harga cicilan yang harus kita bayar. Setelah mengetahui periode cicilan yang cocok bagi diri kita, gunakan itu untuk memperbandingkan antar barang dengan jumlah cicilan yang paling menguntungkan.

Pada titik membandingkan barang ini, jangan lupa juga melacak reputasi bintang seller agar kita tahu kalau kita sedang bertransaksi dengan seller yang terpercaya. Jangan hanya karena program cicilannya yang menggiurkan atau cicilan murah yang ditawarkan, pastikan juga ia benar-benar “orang”-nya yang mengetahui kebutuhan kita.

4. Memperhatikan Tombol-Tombol Yang Perlu Diklik Dalam Pembayaran

Namanya juga online marketplace, maka tidak heran kalau keseluruhan transaksinya dilakukan secara online. Tidak cukup hanya dengan memilih barang yang hendak dicicil dan menaruh dalam keranjang, namun kita juga perlu lanjut ke cara berikutnya yakni memperhatikan tombol-tombol yang perlu diklik.

Yang terpenting dalam melakukan kredit atau cicilan di Lazada, kita perlu melihat adanya tombol “Cicilan online” yang letaknya di pojok kanan. Dari sana, kita akan diminta untuk memasukkan beberapa data penting terkait kartu kredit kita, seperti jenis kartu, opsi pembayaran (yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya), masa berlaku kartu, dan kode unik 4-nomor CVV kartu kredit.

Pastikan juga nama lengkap dan alamat pengiriman telah benar adanya. Dari situ, kita dapat langsung melakukan checkout dan menunggu untuk pemrosesan kredit berikutnya oleh pihak Lazada.

5. Konfirmasi Pada Pihak Bank

Kita telah memiliki kartu kredit, memilih durasi angsuran yang terbaik, dan memilih barang serta membanding-bandingkan dengan barang sejenis sesuai dengan nominal cicilan dan rating kepercayaan tiap seller-nya. Cicilan sebagai metode pembayaran di Lazada pun telah kita pilih dan kita telah proses checkout dari Lazada.

Apakah itu berarti urusan cicilan kita telah terselesaikan di Lazada? Tidak juga! Karena cicilan ini adalah persoalan yang sensitif, Lazada akan mengonfirmasikan pada pihak bank dalam 1 hari kerja setelah pengajuan cicilan secara online pada Lazada. Selanjutnya, dalam 7 hari kerja, pihak bank yang kartu kreditnya tertaut atas nama kita akan menghubungi via telepon perihal cicilan ini untuk mengonfirmasi transaksi pembayaran.

Begitu konfirmasi ini selesai, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memeriksa inbox e-mail ataupun SMS, kalau-kalau ada notifikasi dari Lazada terkait kesuksesan transaksi kredit Lazada yang kita ajukan. Kalau sukses, bunyinya akan seperti ini:

“Hi (nama Customer)
Terima kasih telah berbelanja di Lazada.
Untuk pemesanan dengan fasilitas Cicilan dengan lebih daripada satu barang, jika terjadi pembatalan maka akan dibatalkan secara keseluruhan
Untuk konfirmasi lebih lanjut mengenai pembayaran dan pengiriman, silakan lihat Pusat Bantuan atau http://www.lazada.co.id/contact/

6. Hal-Hal Pendukung Yang Patut Dipertimbangkan

Dari bunyi notifikasi pihak Lazada pada poin sebelumnya, kita dapat mengetahui kalau sekalinya memutuskan mencicil di Lazada, agar cicilan kita sukses kita jangan sekali-kali membatalkannya. Begitu kita membatalkan cicilan, seluruh transaksi akan menjadi batal.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam keluhan atas cicilan yang gagal adalah tidak terburu-buru melayangkan surat komplain kepada Customer Service Lazada sebelum kita memastikan dengan bank yang bersangkutan. Pastikan data-data penting seperti tanggal transaksi, jenis dan nama barang, nomor kartu, dan sebagainya kita hafal betul, sebelum melayangkan surat pemberitahuan pada Customer Service Lazada atas transaksi cicilan yang kita lakukan.

Demikianlah keenam langkah yang dapat kita jadikan pedoman cara untuk mencicil di Lazada. Dengan banyaknya pilihan cicilan yang berlaku di Lazada, kita dapat yakin kalau Lazada merupakan salah satu marketplace terbaik untuk membayar secara cicilan, terutama dengan menggunakan kartu kredit. Jadi, siapkah Anda mencicil atau mengkredit di Lazada?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga bermanfaat bagi semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.