Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit di Tokopedia

#kredit konsumsi #tanpa kartu kredit

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang memiliki reputasi bagus di Indonesia. Di situs ini, penjual dan pembeli bertemu, lalu bertransaksi di mana Tokopedia bertindak sebagai rekening bersama (Rekber).

Tokopedia menerima pembayaran dari pembeli dan menahan dana tersebut hingga penjual mengirimkan barang ke pembeli. Dengan cara ini, maka penipuan belanja online yang kerap terjadi di dunia maya, dapat dihindari.

Tokopedia juga menyediakan fasilitas garansi di mana barang dapat dikembalikan dan pembeli menerima pengembalian dana dalam 14 hari jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan spesifikasi atau rusak.

Pada masa awal kemunculannya, Tokopedia hanya menyediakan metode pembayaran transfer Bank. Saat ini, fasilitas pembayaran di Tokopedia sangat beragam, termasuk metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Jika Anda membeli barang di Tokopedia dengan menggunakan kartu kredit, terdapat dua kemudahan. Pertama, pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena Tokopedia mencatat pembayaran secara otomatis. Kedua, Tokopedia bersedia mengembalikan biaya layanan apabila transaksi batal terjadi dan dana harus dikembalikan pembeli.

Tokopedia menyediakan fasilitas ‘cicilan online’ dengan memiliki kartu kredit. Meskipun sama-sama menggunakan kartu kredit, metode pembayaran kartu kredit dan fasilitas cicilan online merupakan dua metode pembayaran yang berbeda.

Jika Anda menggunakan metode pembayaran kartu kredit saja, maka Anda akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5 persen dan bunga bulanan sebesar 2,95 persen dari pihak bank.

Namun, jika Anda menggunakan fasilitas cicilan online, maka Anda tidak akan dikenakan bunga sama sekali, namun hanya biaya layanan saja.

Tenor cicilan online ini berkisar dari 3-12 bulan. Coba bayangkan saja Anda dapat mencicil barang impian Anda dengan tenor hingga 12 bulan tanpa bunga. Tentu, hal ini sangat menyenangkan dan menguntungkan!

Bagaimana cara kredit Tokopedia? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pembayaran dengan kartu kredit

Jika Anda menggunakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, pihak bank penerbit kartu kredit akan menghitung transaksi ini sebagai full payment. Artinya, pihak bank berasumsi Anda akan membayar penuh pada bulan tersebut. Jika Anda menunggak pembayaran, maka Anda akan dikenakan bunga sebesar 2,95 persen.

  • Masuk ke laman barang yang ingin Anda beli.
  • Pilih ‘beli’, akan muncul laman pop up.
  • Pada kolom keterangan, isi dengan rincian barang yang Anda inginkan, misalnya warna atau ukuran. Boleh dikosongkan jika memang tidak ada rincian tertentu.
  • Pada kolom ‘alamat’, isi dengan nama penerima, no. HP, dank ode pos. Lalu pilih provinsi, kotamadya/kabupaten dan kecamatan, serta isi kolom alamat dengan alamat lengkap Anda.
Gambar 1
  • Tentukan kurir dan paket pengiriman yang Anda inginkan. Secara otomatis, biaya pengiriman akan dikalkulasi sesuai dengan tarif dan berat barang yang Anda pesan.
    (lihat gambar 1)
  • Setelah selesai, pilih ‘beli produk ini’, lalu pilih ‘bayar’. Anda akan dibawa ke halaman pembayaran.
  • Silakan periksa kembali transaksi dan alamat Anda sekali lagi untuk menghindari kesalahan. Jika semua sudah benar, pilih ‘Pilih Metode Pembayaran’. Anda akan dibawa ke halaman metode pembayaran.
Gambar 2
Gambar 2
  • Gulirkan mouse ke bawah hingga ke bagian “Kartu Kredit / Debit’. Isi dengan 16 digit kartu kredit, masa berlaku (tahun dan bulan) dan kode CVV. Seluruh informasi ini dapat Anda temukan di kartu kredit Anda. Kode CVV adalah kode rahasia yang berada di belakang kartu kredit Anda. Silakan dilihat.
    (gambar 2)
Gambar 3
Gambar 3
  • Pilih ‘bayar sekarang’. Anda akan dibawa ke halaman ‘secure code’ yang secara otomatis mengirimkan kode otentikasi ke nomor ponsel Anda. Jadi, pastikan nomor ponsel Anda aktif.
    (gambar 3)
  • Masukkan kode otentikasi ke kolom yang disediakan, lalu pilih ‘ok’. Selesai.

Jika Anda tidak ingin dibebani bunga cicilan, segera lunasi tagihan kartu kredit Anda.

2. Cicilan online dengan kartu kredit

Gambar 4
Gambar 4

Cicilan online merupakan fasilitas yang sangat menarik dari Tokopedia. Anda dapat berbelanja dengan fasilitas cicilan dengan bunga nol persen hingga 12 kali angsuran. Anda dapat melihat simulasi cicilan di laman produk yang terpampang di bawah tombol ‘Beli’. (gambar 4)

Langkah-langkah melakukan pembayaran dengan cicilan online sama dengan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di atas. Namun, yang harus Anda ingat, pada saat Anda sampai ke laman ‘Pilih Metode Pembayaran’, pilihlah ‘Cicilan Online’ yang terletak berada persis di bawah ‘Kartu Kredit/Debit’.

Kenapa hal ini penting? Karena seringkali pembeli melakukan kesalahan dengan memilih metode pembayaran ‘Kartu Kredit/Debit’ sehingga gagal mendapatkan fasilitas cicilan online.

Setelah memilih ‘Cicilan Online’, ikuti langkah berikut:

  • Pada detail cicilan, pilih ‘bank’ penerbit kartu kredit Anda. Perhatikan biaya layanan yang terdapat di sebelah kanan. Biaya layanan dapat berbeda-beda antara bank yang satu dengan yang lain.
  • ‘Pilih durasi’ cicilan. Ada tiga durasi cicilan yang dapat Anda pilih, yakni 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.
  • Pada bagian ‘informasi kartu kredit’, isi dengan nomor kartu kredit, masa berlaku dan CVV.
  • Setelah selesai, pilih ‘Bayar Sekarang’.

Sama seperti cara pembayaran dengan kartu kredit, Anda akan dibawa ke laman ‘secure code’. Pastikan ponsel Anda aktif karena Anda akan menerima kode otentikasi. Jika selama beberapa menit Anda belum menerima kode otentikasi, Anda dapat melakukan permintaan pengiriman ulang dengan klik tombol ‘Kirim Ulang Kode Otentikasi’ (lihat gambar 3).

Setelah menerima kode otentikasi, input kode tersebut ke kolom ‘kode otentikasi secure code’ dan pilih ‘ok’. Transaksi telah selesai dilakukan.
Jika Anda gagal melakukan transaksi, kemungkinan kartu kredit Anda telah mencapai limit atau sistem sedang error.

Silakan hubungi bank penerbit kartu kredit Anda melalui nomor call center yang disediakan oleh pihak bank untuk menanyakan masalah yang sedang terjadi.

Itulah cara kredit Tokopedia yang tentunya akan membuat Anda semakin mudah mendapatkan barang yang Anda inginkan. Selamat berbelanja.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.