Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit Mobil

Kebutuhan untuk mempunyai mobil saat ini sudah menjadi salah satu hal yang mendesak untuk segera dipenuhi. Demi memenuhi kebutuhan tersebut berbagai perusahaan juga sudah menyediakan layanan untuk kredit mobil impianmu. Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk kredit mobil? Simak ulasannya berikut ini!

1. Cara Kredit Mobil di Pegadaian

Kredit mobil pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui Pegadaian. Hanya saja untuk mengajukan kredit mobil di Pegadaian kamu harus berstatus sebagai Pegawan Negeri Sipil (PNS) atau merupakan karyawan swasta yang sudah bekerja selama paling tidak 2 tahun lamanya.

Berkas yang harus disiapkan

Adapun berkas yang harus kamu ajukan antara lain adalah

  • Identitas diri seperti KTP dan fotokopi Kartu Keluarga,
  • Fotokopi SK Pengangkatan sebagai pegawai ataupun karyawan tetap,
  • Surat keterangan penghasilan.

Kalau berkas tersebut sudah siap, kamu bisa langsung mengunjungi Kantor Pegadaian untuk melakukan pengisian form aplikasi.

Di Kantor Pegadaian kamu akan melakukan pembicaraan dan memperoleh informasi mengenai berbagai ketentuan kredit mobil. Kalau permohonan kredit mobil yang kamu ajuka disetujui, maka kamu wajib untuk segera membayar uang muka yang biasanya minimal sebesar 20% dari total harga mobil yang kamu beli.

2. Cara Kredit Mobil di Grab (Gold Driver Program)

Siapa sangka ternyata Grab tidak hanya sebatas layanan transportasi online saja. Layanan berbasis aplikasi ini juga memberikan penawaran yang menarik untuk para driver atau pengemudi yang terdaftar. Kini Grab mempunyai Gold Driver Program yang menjadi layanan kredit mobil bagi para pengemudi.

Keuntungan Kredit Mobil di Grab

Gold Driver Program yang ditawarkan oleh Grab merupakan bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai pengemudi Grab Car, tetapi tidak mempunyai mobil. Ada cukup banyak keuntungan yang akan kamu peroleh jika menggunakan layanan ini. Salah satunya adalah deposit yang kamu keluarkan hanya sebesar 2,5 juta rupiah saja.

Adapun cicilan yang perlu kamu bayarkan akan ditarik setiap pekannya melalui aldo Grabpay yang kamu miliki. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal pembayaran cicilan, karena akan ditarik otomatis oleh pihak Grab. Besarnya cicilan per pekan kurang lebih 990 ribu rupiah. Keuntungan lainnya adalah kamu juga akan memperoleh berbagai fasilitas seperti asuransi.

Syarat dan Ketentuan dari Grab

Sebelum melakukan kredit mobil, pertama-tama kamu harus melengkapi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak Grab. Beberapa berkas yang biasanya harus disiapkan adalah

  • Fotokopi KTP,
  • Surat Izin Mengemudi,
  • Fotokopi rekening listrik,
  • Dan juga fotokopi Kartu Keluarga.

Setelah diajukan pihak Grab akan melakukan pengecekan terhadap berkasmu.

Alur dan Prosesnya

Setelah berkas yang disyaratkan sudah kamu sediakan, langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor Grab. Kantor yang mempunyai layanan Gold Driver Program ini hanya terdapat di empat kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Ketika kamu sudah berada di kantor tersebut, saatnya menyerahkan dokumen kepada pihak Grab untuk melakukan pendataran. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menunggu selama kurang lebih dua hari untuk melakukan interview. Surveyor dari pihak Grab akan mengunjungi rumahmu untuk interview secara langsung.

Kamu akan diminta untuk menunggu keputusan dari pihak Grab selama 2 pekan sampai satu bulan. Kalau permohonanmu diterima, maka kamu diwajibkan untuk membayar deposit dengan jumlah yang telah disebutkan sebelumnya dan penandatangan kontrak, kemudian kamu akan melakukan serah terima mobil.

3. Cara Kredit Mobil di Bank BCA

Cara lain untuk melakukan kredit mobil yaitu melalui Bank BCA. Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan kredit di bank yaitu syarat pengajuannya terbilang mudah, penawaran pembiayaan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhanmu, metode pembayaran yang praktis, jumlah angsuran tidak berubah, dan tentu saja juga aman.

Putuskan Fungsi Mobil

Salah satu keuntungan kredit mobil di Bank BCA adalah banyaknya penawaran yang dapat kamu pilih. Di sini terdapat layanan untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas atau pun mobil baru. Selain itu juga kepemilikan mobil apakah milik perorangan atau untuk perusahaan, dan masih banyak lagi.

Pesyaratan dari Bank

Sebagaimana pengajuan kredit pada umumnya, di Bank BCA kamu juga harus memenuhi persyaratan umum maupun persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pihak bank. Beberapa syarat umumnya adalah status kewarganegaraan apakah Warga Negara Asing atau Warga Negara Indonesia, jenis pekerjaan, dan lama bekerja.

Selain itu usiamu juga menjadi poin penting dimana Bank BCA menetapkan bahwa usia minimal adalah 18 tahun atau paling tidak sudah menikah dengan usia maksimal 64 tahun ketika kredit telah berakhir. Kamu juga wajib mengasuransikan kendaraanmu melalui KKB BCA dengan komprehensif serta TLO.

Minimal DP yang diberikan pihak bank biasanya sebesar 30% dengan waktu persetujuan hanya membutuhkan 3 hari saja. Adapun berkas khusus yang harus kamu ajukan antara lain fotokopi surat keterangan penghasil, keterangan domisil, fotokopi biodata berupa KTP dan KK, surat persetujuan dari pasangan, fotokopi rekening listrik, dan masih banyak lagi.

Alur dan Proses Pengajuan Kredit

Setelah menyelesaikan semua syarat dan ketentuan dari pihak Bank BCA, kamu tinggal mengajukan semua berkas tersebut. Setelah itu pihak bank akan memproses pengajuan yang ada berikan. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari sampai pihak bank menerbitkan hasil dari pengajuanmu.

4. Cara Kredit Mobil di Bank BRI

Selain kredit melalui Bank BCA, satu lagi bank yang juga menawarkan layanan kredit mobil yaitu Bank BRI. Tentunya layanan yang diberikan oleh Bank BRI juga mempunyai dan kekurangan tersendiri. Adapun cara untuk melakukan kredit mobil di bank yaitu sebagai berikut.

Putuskan Kondisi Mobil

Salah satu keuntungan kredit mobil di Bank BRI adalah kamu bisa memilih kondisi mobil yang sesuai dengan keinginanmu. Oleh sebab itu langkah pertama yang harus kamu putuskan adalah apakah kamu ingin membeli mobil baru atau mobil bekas. Bank akan memberikan syarat DP sebesar 30% dari harga total mobil dan lama waktu cicilannya mulai dari 4 hingga 6 tahun.

Persyaratan dari Bank

Sebelum mengajukan kredit kamu juga harus memenuhi pesyaratan umum yang diberikan oleh pihak bank. Bebrapa di antara persaratan tersebut adalah usia kamu minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun ketika mencapai batas pelunasan.

Selain itu status kewarganegaraan kamu juga harus jelas apakah berstatus sebagai Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing. Adapun besar penghasilan yang kamu peroleh per bulan sekurang-kurangnya 3 juta rupiah dengan dibuktikan oleh surat keterangan kerja atau wirausaha.

Penuhi Pesyaratan Kredit

Setelah semua persyaratan umum yang diberikan oleh pihak bank kamu lengkapi, langkah selanjutnya adalah memenuhi persyaratan kredit. Persyaratan ini akan lebih terperinci lagi seperti melakukan pengisian formulir Permohonan Kredit (KKB) dan mempunyai rekening Britama BRI.

Selain itu kamu juga harus berstatus sebagai WNI yang cakap hukum dan lokasi tempat tinggalmu tidak terlalu jauh dari Kantor Cabang yang kamu tempati mengurus. Berbagai dokumen seperti fotokopi KTP, surat keterangan gaji, fotokopi NPWP, fotokopi KK, serta pas foto juga wajib kamu sediakan.

5. Cara Kredit Mobil di Adira Finance

Adira Finance merupakan satu di antara sekianĀ  perusahaan pembiayaan yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu program dari perusahaan ini adalah layanan untuk kredit mobil baik yang kondisinya bekas ataupun baru.

Untuk mengajukan permohonan kredit, kamu setidaknya harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, tetapi kalau kamu termasuk pekerja profesi maka usia maksimalnya adalah 60 tahun. Setelah itu kamu harus menghubungi dealer kendaraan atau pemilik perorangan untuk melakukan kesepakatan jual beli.

Berkas yang harus disiapkan

Selain itu beberapa berkas yang harus kamu siapkan antara lain adalah identitas diri berupa KTP, fotokopi Kartu Keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, surat keterangan penghasilan atau izin usaha, surat nikah, fotokopi kartu keluarga, surat kepemilikan rumah, dan tentu saja formulir pendaftaran.

Kalau semua berkas tersebut sudah lengkap, maka kamu harus mengirimkannya ke salah satu kantor cabang Adira Finance. Pada masa ini pihak Adira akan melakukan pengecekan berkas, bahkan tidak jarang yang bertanya langsung kepada tetanggamu untuk validasi kebenarannya.

Setelah semua proses pengecekan selesai, pihak Adira Finance akan mengadakan wawancara denganmu. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan sebelum akhirnya jika disepakati, kamu akan melakukan penandatangan surat perjanjian serta pembayaran uang muka dan administrasi.

6. Cara Kredit Mobil di Clipan Finance

Selain Adira Finance, satu lagi perusahaan pembiayaan yang mempunyai pamor baik di Indonesia yaitu Clipan Finance. Tidak jauh berbeda dengan layanan kredit mobil lainnya, di Clipan Finance kamu juga bisa memilih antara mobil bekas ataupun mobil baru. Biasanya pengajuan kredit di Clipan Finance selalu berhasil dan diterima.

Salah satu keunggulan kredit mobil di Clipan Finance adalah sistemnya yang sudah menerapkan siste online. Jaidi kami tidak harus berkunjung ke kantor cabanganya untuk mengetahui tentang syarat dan ketentuan pengajuan kredit mobil. Kamu bisa mengeceknya melalui situs resmi dari Clipan Finance.

Syarat utama untuk melakukan pengajuan kredit adalah kamu minimal berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika pelunasan. Selain itu pendapatan minimalmu adalah 3 juta setiap bulan serta mempunya status kewarganegaraan yang jelas apakah Warna Negara Indonesia atau Warga Negara Asing.

Selanjutnya kamu diwajibkan untuk menyediakan berkas yang telah ditentukan oleh pihak Clipan Finance dan mengirimkannya. Biasanya waktu yang dibutuhkan sampai keputusan dikeluarkan hanya empat hari saja. Kalau disetujui, maka kamu tinggal melakukan perjanjian dengan pihak Clipan Finance serta membayar biaya yang terlah ditetapkan.

7. Cara Kredit Mobil di Cimb Niaga

Kredit mobil juga dapat dilakukan melalui perusahaan Cimb Niaga. Seperti layanan di perusahaan lainnya, Cimb Niaga juga menawarkan mobil bekas ataupun mobil baru. Selain itu kamu juga bisa memilih fungsinya apakah untuk keperluan pribadi ataupun untuk usaha seperti dijadikan sebagai kendaraan sewa.

Persyaratan umum yang harus kamu penuhi adalah usia minimal 21 tahun atau setidaknya kamu sudah menikah, serta usia masksimal ketika proses pelunasan adalah 65 tahun. Selain itu gaji yang kamu hasilkan per bulan minimal sebesar 3 juta rupiah. Selanjutnya kamu harus mengajukan berkas khusus untuk pengajuan kredit.

Beberapa diantaranya adalah identitas pribadis seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, serta surat keterangan penghasilan. Berkas ini akan menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang kamu jalani.

Biasanya tidak butuh waktu lama untuk mengetahui pengajuanmu diterima atau ditolak. Hanya butuh waktu sekitar 3 hari saja. Kalau diterima maka kamu akan kembali melakukan perjanjian dengan pihak Cimb Niaga dan membayar DP yang biasanya sebesar 30% dari total harga kendaraanmu.

Keuntungan yang kamu peroleh di sini adalah waktu angsuran yang fleksibel, sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi keunganmu. Umumnya waktu kredit mencapai 5 tahun. Sayangnya kamu tidak akan memperoleh asuransi, tetapi kamu juga tidak membayar biaya keterlambatan di sini.

Itulah beberapa lembaga yang memberikan layanan kredit mobil beserta cara dan syaratnya. Semoga pengajuan kredit kamu diterima ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara kredit mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip-tip dalam Kredit Mobil
Kredit Mobil untuk Taksi Online? Apakah Bijak?
Definisi Credit Baloon/Kredit Baloon/Kredit Balon/Ballon Payment
Mau Punya Mobil? Ini Dia Cara Kredit Mobil di Bank
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
10 Cara Berhemat yang Salah
Bagaimana Bila Debitur Meninggal?
Tanya Jawab Seputar Kredit Mobil
Cara Mempersiapkan Emergency Fund atau Dana Darurat
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan


Bagikan Ke Teman Anda