Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit Tanpa Kartu Kredit? Inilah Caranya!

#kredit konsumsi #tanpa kartu kredit

Di jaman yang serba online ini, kartu kredit seolah-olah menjadi kebutuhan utama hampir semua orang untuk menerima maupun melakukan pembayaran. Bahkan untuk mencicil, kartu kredit pun memiliki kekuatan hukum yang tak terbantahkan. Hingga pada suatu titik, kita berpikir kalau tidak ada cara lain untuk mencicil (atau dalam artikel ini disebut “kredit”) tanpa menggunakan kartu kredit.

Namun, apakah hal tersebut mungkin? Tentu saja! Coba saja simak cara-cara kredit tanpa kartu kredit di bawah ini, niscaya pikiran Anda semua akan menjadi lebih plong saat hendak melakukan pembayaran kredit:

1. Kredit Manual Atau Dengan Cash

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk kredit tanpa kartu kredit, sekaligus cara yang paling konvensional. Anda tinggal menemui siapa yang hendak berurusan dengan kredit yang Anda lakukan. Kemudian, catat baik-baik detail mengenai nama dan asal-usul orang tersebut, seperti asal perusahaan atau pekerjaannya.

Berangkat dari sana, catat tanggal-tanggal penting terkait Anda dengan orang tersebut, seperti tanggal pertama bertemu dan tanggal mengembalikan kredit bagi Anda (kalau membayar) atau orang tersebut (kalau orang tersebut adalah pelanggan Anda). Catat juga alasan keperluan meminjam kredit yang berhubungan.

Masukkan uang yang dikreditkan ke dalam sebuah amplop, lalu segel dengan aman beserta detail-detail penting yang telah saya jelaskan pada paragraf sebelumnya. Setelah semua urusan pembayaran selesai, segera kembalikan kepada orang tersebut dan/atau ingatkan mengenai jatuh temponya.

2. Mendatangi Bank

Sebagai penyedia jasa keuangan, bank erat sekali kaitannya dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan uang dan peraturannya. Hingga saat artikel ini ditulis, banyak bank yang menyediakan program perkreditan untuk tujuan tertentu yang spesifik, seperti kredit rumah atau kredit untuk UMKM dalam beberapa bank milik negara.

Bagi Anda yang suka dengan kredit, manfaatkan semua produk perbankan tersebut karena semuanya dapat dipakai tanpa kartu kredit. Anda hanya perlu melengkapi dokumen identitas (KTP dan akta nikah bila ada), fotokopi buku tabungan 3 bulan berturut-turut, dan slip gaji. Pastikan juga seluruh dokumen terverifikasi benar, karena hal ini akan membawa dampak kepada kredit-kredit selanjutnya.

Ketika semua itu sudah Anda lakukan, kini saatnya menyiapkan rasa percaya diri dan penampilan yang baik untuk meyakinkan pegawai bank dalam hal kemampuan Anda meminjam. Sebelum wawancara dengan pegawai bank, customer service akan mengarahkan Anda kepada pegawai bank sesudah Anda menyampaikan maksud Anda meminjam kredit bank. Setelahnya, tunggu kira-kira 1 hari kerja untuk konfirmasi persetujuan kredit bank.

3. Mendatangi Perusahaan Keuangan

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan tidak harus berupa perbankan. Beberapa tahun ini telah banyak perusahaan yang bergerak di bidang perkreditan, yakni meminjamkan sejumlah uang untuk keperluan tertentu dan mengembalikan sesuai jatuh tempo yang ditetapkan. Terkadang untuk melakukan hal ini pun tidak diperlukan kartu kredit.

Anda hanya perlu mengisi formulir peminjaman dan melengkapi beberapa berkas dokumen yang diminta. Biasanya, perusahaan peminjam akan meminta dokumen berupa bukti kependudukan seperti KTP dan KK serta bukti penghasilan seperti NPWP (jika ada), SIUP (jika merupakan wirausaha), atau print-out buku tabungan yang menunjukkan penghasilan.

4. Ajukan Kredit Secara Online

Ini dia cara kredit tanpa kartu kredit yang kekinian. Jaman online identik dengan segala sesuatu yang paperless, karena itu transaksi kredit pun dapat dilakukan secara online, real-time, dan cepat, tanpa harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Adapun pengajuan kredit online ini biasanya dipakai untuk barang-barang yang “mudah bergerak” seperti HP atau perhiasan.

Sama seperti mengajukan kredit di dunia nyata, Anda akan diminta mengisi beberapa data dan melengkapi dokumen seperti KTP, NPWP (bila ada), slip gaji, dan histori tagihan-tagihan seperti tagihan air dan listrik. Kemudian, Anda akan menerima e-mail dari customer service website perkreditan yang bersangkutan sebagai bukti konfirmasi. Simpan baik-baik hal ini, karena Anda akan sangat membutuhkannya untuk bertransaksi cicilan online di kemudian hari.

Masih ada banyak cara dalam kredit tanpa harus menggunakan kartu kredit. Namun dari sekian banyak cara yang ada, empat cara pada artikel ini adalah yang paling populer di antara semuanya. Jadi, cara kredit tanpa kartu kredit manakah yang paling sesuai untuk diri dan kebutuhan Anda?

Artikel Terkait

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda!

Artikel Populer

bank, fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, kerugian tarik tunai, keuntungan kartu kredit, keuntungan tarik tunai, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, peraturan perundangan, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip KPR, tip kredit, tip KTA, travel, usaha,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.