Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Melunasi Tunggakan KTA

#melunasi tunggakan KTA #tip KTA

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengalami masalah di dalam keuangannya, termasuk dengan membayar sejumlah kewajiban yang dimilikinya. Hal ini tentu berkaitan dengan cara mengelola keuangan itu sendiri, termasuk disiplin atau tidaknya orang tersebut dalam membayar berbagai kewajibannya.

Meski menjadi solusi cepat di dalam masalah keuangan, Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tidak dikelola dengan baik, bisa saja bermasalah dan menjadi tunggakan yang membebani keuangan. Bukan masalah yang ringan, mengingat pinjaman yang satu ini disertai dengan sejumlah bunga dan juga biaya denda keterlambatan yang cukup besar. Jika terus menunggak tanpa penyelesaian, maka masalah besar bisa saja terjadi di dalam keuangan. Untuk itu, atasi segera tunggakan KTA dengan baik, sebelum akhirnya jumlah utang semakin besar dan membengkak. Simak langkah-langkan berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan tunggakan KTA ke bank:

  • Segera cek kondisi keuangan Anda

Ketika Anda memiliki sejumlah tunggakan KTA, maka besar kemungkinan Anda memang memiliki masalah di dalam keuangan Anda secara keseluruhan. Penting bagi Anda untuk segera melihat kondisi keuangan Anda, cek setiap pos di dalam keuangan Anda, barangkali beberapa masalah juga terjadi di sana. Lihat juga kemampuan keuangan Anda, agar Anda memiliki gambaran bagaimana Anda akan menyelesaikan tunggakan KTA tersebut.

  • Hubungi pihak bank dan minta bantuan penyelesaian

Langkah selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah menghubungi pihak bank, akan lebih baik jika Anda datang langsung dan menemui staf KTA yang bersangkutan, sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan lebih jelas. Sampaikan masalah Anda terkait dengan tunggakan KTA yang Anda miliki, kemampuan bayar yang Anda miliki saat ini, dan mintalah solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Cobalah untuk melakukan negosiasi dengan baik, di mana Anda meminta keringanan atas tunggakan dan juga sisa utang yang Anda miliki, misalnya: penghapusan bunga dan biaya denda, atau hal lainnya yang meringankan tunggakan KTA Anda.

Jika dibutuhkan, lakukan mediasi perbankan

Bisa saja Anda dan pihak bank tidak menemukan kesepakatan atas masalah tunggakan yang Anda hadapi, sehingga langkah di atas tidak menghasilkan jalan keluar apa-apa. Jika hal ini yang terjadi, maka Anda bisa mengajukan proses mediasi kepada Bank Indonesia yang akan bertindak sebagai mediator antara Anda dengan pihak bank. Untuk bisa mengajukan proses ini, maka Anda harus memastikan bahwa masalah tunggakan Anda belum pernah dimediasikan kepada pihak lain, dan jumlah tunggakan Anda adalah < Rp 500 juta.

Dalam proses mediasi ini, Anda akan mendapatkan 3 opsi penyelesaian yang bisa Anda sesuaikan dengan keuangan Anda, yakni: Rescheduling (penjadwalan ulang pembayaran KTA tersebut), Reconditioning (perubahan keseluruhan perjanjian KTA tersebut), Restructuring (perubahan komposisi pembiayaan / utang).

  • Hindari utang yang baru

Dalam kondisi memiliki tunggakan KTA, maka sangat penting bagi Anda untuk menghindari adanya utang yang baru di dalam keuangan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam memperbaiki kondisi buruk di dalam keuangan Anda, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menyelesaikan masalah tunggakan KTA tersebut.

  • Alokasikan dana yang ada dan prioritaskan pelunasan tungggakan

Bila ternyata Anda memiliki sejumlah tabungan atau dana tunai lainnya yang bisa dialokasikan dengan cepat, maka segera prioritaskan pembayaran tunggakan KTA Anda tersebut kepada pihak bank. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan tunggakan tersebut. Namun hindari untuk menggunakan dana darurat Anda untuk kebutuhan ini, dan akan lebih baik jika Anda mencari sumber dana lainnya yang lebih fleksibel.

  • Jual aset berharga yang Anda miliki

Untuk bisa segera melunasi tunggakan KTA Anda, maka ada baiknya Anda menjual aset berharga yang Anda miliki, misalnya: mobil, emas, dan berbagai jenis aset lainnya yang bernilai tinggi dan setara dengan tunggakan Anda. Meski tidak mampu melunasi keseluruhan tunggakan Anda, namun besar kemungkinan tindakan ini setidaknya akan mengurangi jumlah tunggakan tersebut secara signifikan, sehingga nilai utang Anda akan semakin kecil.

  • Cari pinjaman tanpa bunga

Tidak ada salahnya untuk mencari pinjaman dalam menyelesaikan tunggakan KTA yang Anda miliki. Namun selalu pastikan bahwa pinjaman ini Anda terima tanpa bunga, sehingga benar-benar bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tunggakan KTA tersebut. Hindari pinjaman dengan bunga, sebab hal tersebut hanya akan menimbulkan masalah keuangan yang baru bagi Anda. Mintalah pinjaman kepada keluarga, saudara, atau bahkan teman Anda, yang Anda anggap bisa membantu Anda dalam masalah tersebut.
Jika tunggakan KTA Anda telah terselesaikan dengan baik, maka upayakanlah untuk selalu berhati-hati dalam mengelola keuangan Anda, sehingga masalah yang sama tidak akan pernah Anda alami lagi di dalam keuangan. Disiplin dan penuh pertimbangan, adalah dua kata yang wajib Anda terapkan di dalam keuangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa cara melunasi tunggakan KTA, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Menunggak KTA
Kredit Tanpa Agunan HSBC, Apakah Benar Menguntungkan?
Kredit Tanpa Agunan BNI Fleksi dan BNI Cerdas
Tips Reschedule Kredit Macet KTA
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
Citibank Ready Kredit: Fasilitas Kredit Semudah Gesek Kartu Kredit di ATM
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank HSBC
6 Akibat Menunggak Pembayaran KTA


Bagikan Ke Teman Anda

SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.